Tips Sahur Untuk Ibu Menyusui yang Penting Diperhatikan

Tips Sahur Untuk Ibu Menyusui yang Penting Diperhatikan – Ibu menyusui biasanya ragu saat hendak menjalankan ibadah puasa. Mereka kerap kali merasa khawatir apabila kualitas dan kuantitas ASI akan mengalami penurunan.

Keputusan menjalankan puasa itu sendiri sebenarnya ada di tangan ibu menyusui. Akan tetapi, ibu menyusui sebaiknya tidak merasa khawatir berlebihan sebab walaupun puasa tubuh tetap akan menyesuaikan diri dengan alami.

Namun, apabila bayi usianya kurang dari 6 bulan keputusan untuk ikut berpuasa harus dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya di usia tersebut si kecil hanya mengonsumsi ASI dan pola menyusunya berbeda dengan bayi di atas 1 tahun.

Tips Sahur Untuk Ibu Menyusui

Tips Sahur Untuk Ibu Menyusui yang Penting Diperhatikan

Akan lebih baik jika ibu menyusui berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum berpuasa. Jika kondisi anda diperbolehkan puasa, simak tips sahur ibu menyusui seperti berikut.

Konsumsi Menu dengan Kalori Ganda

Untuk ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi sumber kalori yang berasal dari karbohidrat kompleks karena bisa dicerna lebih lama sehingga lapar akan dapat sedikit berkurang.

Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang

Memilih menu sahur memang terkadang membingungkan. Namun, meskipun begitu pastikan anda tetap mengonsumsi menu makan yang mengandung gizi seimbang. Selain menu yang bagus untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, anda juga harus menyediakan nutrisi yang baik untuk buah hati anda.

Oleh karena itu, anda bisa menambahkan aneka makanan sehat saat sahur untuk mencukupi kebutuhan gizi. Protein yang didapatkan dari tumbuhan dan hewan juga baik anda hadirkan pada menu sahur anda.

Minum Air yang Banyak

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat disarankan untuk kesehatan tubuh, begitupun untuk ibu menyusui. Pada ibu menyusui cairan tubuh sangat diperlukan. Ketika sahur anda harus minum air putih yang cukup untuk mencegah tubuh dehidrasi.

Mengonsumsi Buah Dalam Bentuk Jus

Buah-buahan yang dapat anda konsumsi bisa diolah menjadi jus untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Anda bisa mencampurkan beberapa jenis buah-buahan. Mengonsumsi buah dalam bentuk jus juga akan membantu anda mencukupi kebutuhan cairan saat anda berpuasa. Pastikan anda membuat jus sendiri di rumah karena lebih aman dan anda bisa mengontrol penggunaan gula dalam jus.

Lihat juga : Menu Makanan Ibu Menyusui Saat Puasa Agar Produksi ASI Lancar

Kurma dan Susu Sebagai Pelengkap

Untuk mendapatkan tambahan nutrisi anda bisa minum susu khusus untuk ibu menyusui karena di dalamnya terkandung banyak vitamin. Selain itu, konsumsi kurma juga akan dapat memberikan vitamin, serta komposisi lengkap yang ada di dalamnya.

Hindari Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas akan selalu menggugah selera makan. Tak heran jika makanan ini banyak disukai. Bahkan ada yang bilang tak lengkap rasanya jika makan tidak dengan sambal. Namun, untuk ibu menyusui mengonsumsi makanan pedas tidak disarankan. Sebaiknya anda hindari konsumsi makanan pedas  saat sahyur.

Apabila saat berpuasa anda mengalami gejala dehidrasi seperti mulut, mata dan bibir terasa kering, serta merasa sangat haus, sakit kepala, air kencing warnanya gelap, kelelahan dan badan lemas, sebaiknya segera batalkan puasa anda. Anda bisa segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh anda yang hilang. Jika kondisi anda tidak membaik walaupun sudah beristirahat sekitar 30 menit, sebaiknya anda periksakan kondisi anda pada dokter.

Itulah beberapa tips sahur untuk ibu menyusui agar puasa tetap lancar. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

 

Loading...