Tips Puasa yang Aman Selama Menyusui Agar ASI Tetap Banyak

Diposting pada

Tips Puasa yang Aman Selama Menyusui Agar ASI Tetap Banyak – Banyak ibu masih dirundung kekhawatiran saat hendak menjalankan ibadah puasa. Kondisi masih menyusui buah hatinya terkadang membuat ibu ragu menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Simak tips puasa yang aman selama menyusui agar ASI tetap banyak.

Setiap tahunnya, umat muslim selalu dihadapkan pada kegiatan ibadah wajib yang sudah rutin, yakni puasa Ramadhan. Ibadah ini mengharuskan mereka yang mampu, sudah baligh dan berakal sehat untuk dapat mengikuti kewajiban ini. Akan tetapi, sejatinya ibu menyusui memang tidak diwajibkan untuk mengikuti ibadah puasa. Meski begitu, ibu menyuusi pun tidak dilarang untuk mengikutinya. Selama dirinya mampu, kondisi bayinya sehat dan tidak memberikan pengaruh buruk maka tidak ada halangan untuk ibu menyusui menjalankan ibadahnya.

Akan tetapi meski demikian, masih banyak ibu yang dibuat bertanya-tanya mengenai kondisi yang akan selanjutnya terjadi bila pada saat proses menyusui mereka ikut berpuasa. Apalagi saat menanyakan pada oranglain yang sebelumnya sudah pernah mengalami kondisi serupa. Hanya saja, penting untuk diketahui tidak semua ibu menyusui memiliki kondisi yang serupa dengan ibu yang lain.

Bisa jadi, orang yang anda tanyai mengenai boleh atau tidaknya puasa selama proses menyusui mengalami kondisi yang tidak prima. Memang kondisi kesehatan ibu dan bayi yang kurang terjaga, membuat mereka tidak dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Tips Puasa yang Aman Selama Menyusui Agar ASI Tetap Banyak

Sementara itu, bila kesehatan anda dan si bayi dalam kondisi yang baik maka boleh-boleh saja melakukan puasa. Selain itu, secara medis pada umumnya tidak ditemukan masalah untuk ibu menyusui yang ikut menjalankan ibadah puasa. Kondisi inipun tidak berpengaruh terhadap produksi atau kualitas ASI-nya menjadi buruk.

Hanya saja, kendala yang umum dijumpai pada kondisi ini adalah dehidrasi. Untuk itulah, guna mengatasi kondisi ini maka ibu menyusui yang memilih ikut menjalankan ibadah puasa perlu memperhatikan beberapa hal penting. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan untuk ibu menyusui yang menjalankan ibadah puasa.

Tips Puasa yang Aman Selama Menyusui Agar ASI Tetap Banyak

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ibu menyusui yang melakukan puasa. Hal ini difungsikan agar produksi ASI selama ibu melakukan puasa tidak terkendala. Diantaranya mari kita simak dibawah ini.

Jaga Metabolisme dengan Baik

Masalah penurunan metabolisme adalah masalah yang umum dihadapi oleh orang yang melakukan puasa selama Ramadhan. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan makanan dan cairan membuat metabolisme dalam tubuh menjadi sedikit terkendala. Untuk itu, cara mengatasi kondisi ini pada ibu menyusui adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Selain itu, perbanyak porsinya dibandingkan dengan makanan biasa, terutama pada saat sahur dan berbuka. Konsumsi makanan sehat ini akan dapat menunjang energi dan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

Hindari Makanan Pedas

Hal penting untuk selalu diperhatikan pada ibu menyusui yang ikut menjalankan ibadah puasa adalah menghindari segala macam makanan pedas. Selain makanan pedas, ibu menyusui juga dituntut untuk selalu menghindari minuman berkafein. Hal ini dikarenakan kedua jenis makanan ini akan dapat membuat tubuh cepat merasakan lelah. Sementara itu, tubuh anda akan memerlukan banyak energi untuk dapat menjalankan perannya sebagai ibu dan istri dengan baik. Selain itu, konsumsi makanan pedas dan minuman berkafein akan membuat dehidrasi lebih mudah terjadi.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, konsumsi cairan yang cukup pun akan dapat membuat metabolisme tetap terjaga. Untuk itu, jika diperlukan minumlah air putih sepanjang malam secara berkala. Agar asupan cairan ini disimpan dalam tubuh dan menjaga anda selama berpuasa.

Saat sahur pun jangan lupa untuk minum sejumlah cairan terutama didetik-detik terakhir sebelum imsak menjelang. Pasokan cairan yang terjaga akan membuat ibu hamil tetap segar dan produksi ASI pun tetap lancar.

Konsumsi Produk Gandum

Konsumsi produk olahan dari gandum selama berpuasa adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Selama berpuasa seringkali perut terasa lapar meski waktu berbuka masih begitu lama. Untuk itulah, konsumsi produk gandum akan membuat anda lebih kenyang dan perut anda akan terjaga. Selain itu, kandungan protein yang tinggi dari gandum akan baik untuk kesehatan anda.

Untuk itu, jangan sungkan mengkonsumsi olahan gandum seperti roti, oat dan masih banyak lagi. Anda bisa mengkombinasikan bahan ini dengan pelengkap lain seperti daging, kacang-kacangan dan bahkan dengan sayuran. Lakukan kreasi sesuka anda agar anda tidak cepat merasa bosan dengan hidangan yang itu-itu saja.

Istirahat yang Cukup

Pekerjaan yang menumpuk namun kurangnya asupan makanan kedalam tubuh akan mungkin membuat anda merasa lemas dan tidak berdaya. Sementara itu, anda dituntut untuk dapat mengurus si kecil, mengurus suami dan mengurus rumah. Dimana tentunya segudang kegiatan ini akan memerlukan energy yang besar untuk anda dapat melakukannya.

Oleh karenanya jangan sampai kelelahan, cukupi kebutuhan tidur anda dengan baik. Bila perlu minta bantuan suami untuk silih berganti menjaga si kecil saat ia tidak sedang ingin meng-ASI. Sementara itu, anda bisa beristirahat sejenak dan mendapatkan waktu tidur anda sementara. Dengan begini anda dapat mengembalikan tenaga dan membuat anda merasa lebih segar dan lebih siap menghadapi kegiatan harian anda.

Tetap Tenang dan Percaya Diri

Ibu menyusui yang menjalankan ibadah puasa hendaknya tetap tenang dan percaya diri sewaktu menjalankan ibadah. Jangan merasa khawatir bila hal ini akan membuat ASI anda menjadi berkurang atau terhambat. Perasaan cemas yang anda rasakan inilah yang justru akan membuat hormon oksitosin yang bekerja mengeluarkan ASI dari payudara menjadi terhalang. Akibatnya, yang menghalangi lancarnya produksi ASI bukanlah ibadah puasa anda. Melainkan perasaan panik dan cemas yang anda alami saat ini.

Daripada pusing memikirkan kondisi ASI anda. Alangkah lebih baik berfokus dan berpikiran positif ketika menjalankan ibadah ini. Ingan kembali bahwa menyusui pun adalah bagian dari ibadah sehingga anda tidak perlu merasa khawatir dengah hal ini.

Konsumsi Madu dan Kurma

Untuk menjaga energi dan kebugaran ibu menyusui selama menjalankan ibadah puasa anda akan membutuhkan asupan dari makanan yang manis. Hanya saja, tentunya pilihlah makanan manis yang memang dibuat dari bahan alami. Salah satunya seperti kurma dan madu.

Untuk itu, cukupi kebutuhan gula dalam tubuh anda dengan konsumsi rutin terhadap makanan ini dengan baik. Sebagaimana dianjurkan setelah berbuka konsumsilah 3 butir kurma sebelum anda menyantap makanan lainnya. Sementara untuk madu anda bisa menyantapnya pada saat waktu sahur nanti.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga artikel ini memberikan cukup informasi yang anda butuhkan sehingga ibu menyusui tetap dapat menjalankan ibadah puasanya dengan baik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *