Tips Produksi ASI Tetap Lancar Saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Produksi ASI Tetap Lancar Saat Puasa – Puasa adalah ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Beberapa ibu tidak mau ketinggalan menjalankan ibadah puasa walaupun sedang menyusui. Ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui memang dibolehkan tidak ikut berpuasa, dengan syarat puasanya diganti di hari lain. Akan tetapi, untuk anda yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar produksi ASI tetap lancar.

Tips Produksi ASI Tetap Lancar Saat Puasa

Tips Produksi ASI Tetap Lancar Saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Supaya produksi ASI tetap lancar dan optimal saat berpuasa, beberapa tips berikut ini bisa anda lakukan.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Saat Buka dan Sahur

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan pasokan ASI mengalami penurunan. Kondisi ini tentunya akan menghambat proses menyusui si kecil dan kebutuhan ASI si kecil tidak terpenuhi. Jumlah ASI yang dihasilkan tidak menutup kemungkinan menjadi lebih sedikit dari biasanya. Jika seperti ini, asupan ASI yang diperlukan si kecil akan berkurang untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Selain itu, masalah dehidrasi juga akan dapat mempengaruhi kadar normal garam, gula dan mineral penting lainnya dalam tubuh. Hal ini akan dapat menyebabkan fungsi organ tubuh mengalami gangguan, bahkan efeknya buruk untuk tubuh.

Oleh karena itu, meskipun sedang berpuasa anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda harus banyak minum ketika sahur dan buka puasa. Dengan seperti itu maka kebutuhan ASI akan dapat terpenuhi dengan baik ketika anda berpuasa.

Konsumsi Makanan yang Dapat Melancarkan Produksi ASI

Beberapa makanan diketahui dapat membantu produksi ASI menjadi lancar. Makanan yang memiliki manfaat baik untuk produksi ASI yaitu sayuran, terutama sayuran hijau seperti bayam, kelor dan daun katuk.

Tidak hanya sayuran berdaun hijau saja, beberapa makanan lainnya diketahui memiliki manfaat yang baik untuk produksi ASI seperti berikut ini :

  • Kacang arab,
  • Kacang almond
  • Minyak atau biji rami
  • Biji wijen
  • Jahe

Anda dapat mengolah makanan tersebut menjadi menu lezat untuk sahur ataupun buka puasa. Namun, anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi baik.

Memenuhi Waktu Istirahat

Ketika puasa, ibu mungkin mengalami kurang tidur. Waktu tidur yang tidak terpenuhi dengan baik akan dapat membuat ibu kurang tidur dan mudah merasa lelah. Oleh karena itu, anda harus dapat mengoptimalkan waktu istirahat anda dalam setiap harinya. Anda dapat menyempatkan waktu untuk tidur siang.

Berikan ASI Lebih Sering

Anda dapat meningkatkan frekuensi pemberian ASI pada si kecil. Sebaiknya anda menyusui si kecil setiap 3 jam sekali. Akan tetapi, jika anda sibuk bekerja dan tidak memungkinkan memberikan ASI langsung pada bayi anda, setiap 3 jam anda bisa memompa ASI. Payudara anda akan menghasilkan ASI yang lebih banyak ketika bayi menyusui lebih sering atau memompa dengan rutin sesuai jadwal. Sehingga semakin lama atau sering anda menyusui buah hati, maka produksi ASI juga akan semakin banyak.

Hindari Stres

Keadaan mental anda akan berpengaruh pada tubuh. Jika ASI yang keluar sedikit, anda jangan merasa panik atau stres. Tetaplah berpikir positif. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan untuk membantu agar produksi ASI tetap lancar saat puasa.

Baca juga : Cara Memperbanyak ASI

Itulah tips produksi ASI tetap lancar saat puasa. Seperti yang kita ketahui, ibu menyusui memerlukan kalori yang lebih banyak. Oleh karena itu, anda dapat makan setelah melaksanakan sholat tarawih untuk memenuhi kebutuhan kalori. Jika setelah buka puasa anda sudah mengonsumsi makanan berat, anda dapat mengonsumsi buah atau makanan lainnya.

 

Loading...