Tips Pompa ASI Saat Travelling Agar Tetap Terasa Nyaman

Tips Pompa ASI Saat Travelling Agar Tetap Terasa Nyaman – Berjalan-jalan mengunjungi beberapa tempat yang indah memang menjadi kegiatan yang amat menyenangkan. Akan tetapi, untuk anda yang membawa serta si buah hati akan lain lagi ceritanya. Selain menyenangkan bisa mungkin momen liburan kali ini menjadi momen yang menantang dan menegangkan. Pasalnya si kecil yang masih menyusu seringkali membuat ibu kerepotan dengan cara ini. Namun tak perlu khawatir mari simak tips pompa ASI saat travelling agar tetap terasa nyaman.

Setiap orangtua tentu menginginkan setiap hal yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk mengenalkan mereka pada tempat-tempat yang baru dengan pemandangan yang indah. Itulah mengapa, liburan keluarga seringkali menjadi kegiatan yang sangat ditunggu.

Namun untuk anda yang membawa si kecil yang masih dalam tahapan menyusu, jalan-jalan kali ini mungkin akan sedikit ribet karena bagaimanapun si kecil yang seringkali ingin menyusu tanpa terprediksi membuat ibu harus selalu siaga.

Nah, untuk menjaga kenyamanan ibu selama memberikan ASI pada si kecil ketika travelling. Maka tips pompa ASI saat travelling di bawah ini diharapkan dapat membantu.

Tips Pompa ASI Saat Travelling Agar Tetap Terasa Nyaman

Tips Pompa ASI Saat Travelling Agar Tetap Terasa Nyaman

Agak sulit dan tidak mudah memang memompa ASI saat di perjalanan namun demikian anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Ada beberapa tips dan persiapan penting yang perlu anda lakukan sebelum memutuskan memompa ASI saat travelling. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

Persiapan Barang yang Perlu Dibawa

Mempersiapkan dengan baik peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu di bawa menjadi hal penting yang perlu anda lakukan dengan baik.

Karena dengan persiapan yang matang maka momen liburan kali ini akan tentu terasa lebih menyenangkan. Karena beberapa peralatan dan fasilitas yang menunjang liburan kali ini sudah dapat anda persiapkan dengan baik.

Bagi anda para ibu yang masih menyusui si kecil maka perlengkapan pompa ASI menjadi peralatan yang penting untuk senantiasa anda persiapkan.

Pilihlah peralatan pompa ASI yang memungkinkan anda lebih mudah membawanya kemana-mana. Jadi demikian, anda tidak perlu bergantung dengan listrik untuk sekedar memompa ASI anda.

Pastikan pula bila peralatan pompa ASI sudah dibersihkan dengan merata sehingga anda tinggal mengisinya dengan ASI ketika hendak di gunakan. Selain pompa ASI, peralatan lain yang perlu anda persiapkan adalah botol susu si kecil.

Peralatan ini akan dibutubuhkan untuk menampung ASI yang sudah diperah. Sebaiknya, siapkan pula beberapa botol tambahan untuk stok sehingga ibu tidak perlu selalu memompa tiap kali membutuhkan ASI untuk si buah hati.

Stok ini bisa anda masukkan dalam kantung ASI perah yang memang didesain untuk menjaga kesegaran dan suhu terbaik pada ASIP. Sehingga demikian, anda tidak perlu khawatir ASIP anda akan basi dan tetap segar ketika di berikan pada si buah hati.

Pilih Tempat Pompa ASI yang Nyaman

Terkadang rasa lapar pada si kecil sering datang dalam waktu yang tidak terprediksi. Itulah mengapa ibu perlu untuk selalu mempersiapkan dengan baik stok ASIP untuk diberikan pada si kecil sehingga mereka tidak perlu menunggu terlalu lama. Ketika ada kesempatan sebaiknya pompa ASI untuk jaga-jaga bila pada saat yang tak terduga si kecil lapar dan rewel.

Anda bisa memompa ASI di ruang khusus yang disediakan untuk menyusui atau pompa ASI. Biasanya di stasiun atau di bandara ruangan seperti ini disediakan dengan fasilitas yang memadai. Karena pada saat pompa ASI, tempat yang digunakan tidaklah sembarangan.

Tempat tersebut haruslah ruangan tertutup guna menjaga kenyamanan anda sewaktu memompa ASI. Selain itu, ruangan yang digunakan untuk pompa ASI pun perlu terjaga kebersihannya dengan baik. Karena tentunya kaitannya akan langsung dengan si kecil.

Ruangan yang kotor akan mungkin membuat kuman dan bakteri bercampur bersama dengan ASI yang baru anda perah. Bila ASI ini terminum oleh si kecil maka akan tentu berbahaya dampaknya.

Lakukan pula dengan tenang dan nyaman. Sebab terburu-buru malah akan membuat ASI sulit keluar karena mental ibu sedang dalam keadaan panik. Bila anda kesulitan untuk menemukan tempat memompa ASI yang nyaman maka silahkan lakukan di dalam mobil sambil duduk santai dan nyalakan AC dalam mobil agar ibu tetap merasa nyaman.

Perhatikan Penyimpanan ASI

Selain memompa dan mempersiapkan beberapa peralatan yang akan anda butuhkan untuk menyiapkan ASI perah. Hal lain yang juga penting menjadi perhatian adalah ketika anda menyimpan ASI yang sudah berhasil di perah.

Sebaiknya, perahlah ASI sesuai dengan kemampuan bayi anda untuk sekali minum. Karena sayang ketika ASI sudah masuk ke botol dan rupanya di tunda sampai waktu yang lama. Hal ini akan membuat ASI menjadi terbuang begitu saja.

Selain itu, berikan label pada masing-masing ASI perah yang sudah anda siapkan. Tulis pula tanggal kapan anda memompa ASI dan menyimpan ASI tersebut ke dalam tas atau wadah.

Kemudian sebelum berangkat berlibur ada baiknya simpan terlebih dahulu ASIP dalam lemari es untuk menjaga suhunya tetap rendah. Baru kemudian masukkan dalam tas ASIP yang aman dan pastikan jika anda menutup bagian tutupnya dengan sangat baik.

Jangan biarkan tutupnya longgar atau bahkan terbuka sebab hal ini malah akan membuat ASIP mudah basi dan tidak layak konsumsi.

Ketika sudah sampai tempat tujuan, ASIP yang dimasukkan dalam tas cool box sebaiknya segera di pindahkan dan masukkan kembali ke dalam lemari es. Dengan begini maka ketahanan ASIP akan senantiasa terjaga dengan baik.

Perhatikan Penyajian ASIP Pada Si Kecil

Mengajak si buah hati berlibur sebaiknya ibu mempehatikan kondisi dan lokasi tempat liburan. Ada baiknya, pilihlah tempat liburan dimana ibu bisa beristirahat dan menyimpan ASIP anda dengan aman.

Semisal seperti hotel atau penginapan yang tetap terasa nyaman. Karena perjalanan jarak jauh yang ditempuh secara langsung tanpa ada jeda waktu beristirahat akan tentu menjadi perjalanan yang sangat melelahkan untuk si kecil.

Maka dari itu, ketika membawa mereka pergi berlibur sebaiknya pertimbangkan waktu beristirahat dengan baik. Waktu istirahat bisa dimanfaatkan sebagai momen memberikan ASI dengan baik selain daripada tidur untuk si kecil.

Nah, berbicara memberikan ASI perah pada si kecil ada beberapa aturan yang harus di perhatikan. Bila ibu membuat stok ASI dalam beberapa wadah maka sebaiknya berikan ASI yang lebih dulu anda perah.

Jangan pula memberikan ASI yang sudah lebih dari 1 minggu disimpan sebab kualitasnya sudah tidak lagi layak di berikan.

Ketika ASI perah baru saja dikeluarkan dari lemari es maka sebaiknya hangatkan dahulu dengan cara yang sederhana.

Bila anda kesulitan mendapatkan microwave untuk menghangatkan susu si kecil maka silahkan siapkan mangkuk dan isikan air panas ke dalamnya. Rendam ASI perah dari lemari es di dalam air hangat setelah lebih hangat angkat baru berikan pada si kecil.

Loading...