Tips Mudah Mengasuh Bayi Kembar

Diposting pada

Untuk memudahkan anda mengasuh bayi kembar dan menjadikan momen bersama si kecil lebih menyenangkan, penting mengetahui tips mudah mengasuh bayi kembar.

Kehadiran seorang bayi di rumah akan membuat suasana rumah menjadi hangat, terlebih lagi jika dua orang bayi sekaligus alias kembar, tentunya kehangatan akan semakin tercipta dengan adanya bayi kembar di tengah-tengah keluarga. Kehadiran bayi kembar akan membuat orangtua merasa bahagia, apalagi jika kehadiran si kembar selama ini ditunggu-tunggu.

Di balik kebahagiaan memiliki bayi kembar, orang tua pastinya akan merasakan kerepotan ketika merawat dan mengasuh mereka. Mengurus bayi kembar tidaklah semudah yang dipikirkan. Dibutuhkan tenaga yang lebih ekstra untuk merawat, mengasuh dan membesarkan si kembar.

Tips mudah mengasuh bayi kembar

Nah, untuk memudahkan mengasuh bayi kembar, anda dapat simak beberapa tips seperti berikut ini.

Tips Mudah Mengasuh Bayi Kembar

Perhatikan dan Konsisten dengan Jadwal

Mengasuh bayi kembar adalah tantangan tersendiri untuk para orangtua. Mengasuh bayi kembar bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Namun, untuk memudahkan mengasuh si kembar, anda dapat mencoba membuat jadwal yang dilakukan dengan konsisten. Cobalah buat jadwal mandi, menyusu, bermain dan aktivitas lainnya agar kegiatan mengasuh si kembar menjadi lebih mudah.

Untuk langkah awal, anda dapat membuat catatan dan mencatat aktivitas bayi anda. Catatlah jam tidur, minum susu, terbangun, ganti popok dan aktivitas yang lainnya. Pelajari siklus sehari-hari bayi kembar anda. Anda harus memperhatikan apakah mereka ingin sesuatu secara bersamaan atau tidak.

Apabila anda sudah mempelajari pola, maka selanjutnya anda dapat mengatur jadwal rutin bayi kembar anda. Anda jangan ragu untuk membangunkan mereka tidur, memberikannya ASI sebelum mereka meminta menyusu, mengganti popok pada waktu tertentu dengan rutin tanpa harus menunggu popok penuh dan aktivitas yang lainnya.

Sebisa mungkin, konsisten dan patuhilah jadwal yang telah anda buat tersebut agar bayi anda dapat melakukan aktivitas pada waktu yang sama. Bayi dilatih sejak dini untuk melakukan jadwal yang teratur dan dapat lebih mudah beradaptasi dengan pola hidup tersebut.

Jika anda mendapatkan bantuan untuk mengasuh si kembar, maka anda dapat menerapkan jadwal tersebut dengan bersamaan. Namun jika hanya seorang diri, sebaiknya terapkan jadwal tersebut dengan bergantian.

Jadi Tim yang Kompak Bersama Pasangan

Rasanya akan cukup sulit jika mengasuh bayi kembar hanya seorang diri. Untuk itu, anda dapat meminta suami untuk bersama-sama mengasuhnya. Anda dapat bersepakat untuk menjadi tim yang kompak bersama dengan suami anda dalam urusan merawat dan mengasuh bayi kembar. Jangan ragu mengungkapkan apa yang sedang anda rasakan pada suami anda agar ia tahu dengan pasti apa yang harus dilakukannya.

Siapkan Botol ASI

Ketika mengasuh bayi kembar, anda tentunya tidak akan selalu bisa menyusui mereka dengan bersamaan dari payudara. Dengan bergantian, anda dapat melatih bayi anda untuk menyusu dengan botol. Hal ini juga akan bermanfaat apabila anda memiliki rencana bepergian.

Anda jangan takut kehabisan ASI, karena semakin sering dihisap atau diperah, ASI yang keluar akan menjadi semakin banyak.

Nikmati Saat yang Indah

Mengasuh si kembar tentunya akan menjadi momen yang menyenangkan. Anda harus menikmati setiap momen indah itu. Jangan menganggap mengasuh si kembar adalah beban karena hanya akan membuat anda tidak dapat merawat mereka dengan baik.

Hindari Membandingkan

Yang membedakan anak dengan anak yang lainnya yaitu karakter mereka. Meskipun bayi anda terlahir dari rahim yang sama dan pada waktu yang sama, tetapi itu bukan berarti ia memiliki sifat atau karakter yang sama. Untuk itu, pastikan anda membuat strategi cara mengasuh bayi kembar sesuai dengan karakternya masing-masing. Hindari membandingkan bayi kembar anda, karena salah satu dari mereka akan merasa dikucilkan.

Kembangkan Kemampuan Masing-Masing

Anak anda tentunya memiliki keunikan masing-masing. Mereka pun kelak mungkin akan memiliki kemampuan yang berbeda. Anda harus mendukung kemampuan masing-masing anak anda. Hindari memaksa salah satu dari mereka untuk menyukai apa yang disukai saudaranya karena bisa saja salah satu dari mereka tidak akan berkembang.

Berikan Kebebasan Memilih

Anak kembar akan terlihat lucu ketika mereka menggunakan barang yang sama. Namun, sebaiknya hindari memaksa kehendak anda sendiri. Akan ada saatnya anak anda memilih dan menentukan apa yang mereka inginkan masing-masing. Berikan kebebasan pada anak anda untuk memilih, namun pastikan apa yang mereka pilih masih dalam koridor yang diizinkan.

Meminta Bantuan

Tidak akan mudah jika anda harus mengasuh bayi kembar seorang diri. Anda jangan ragu untuk meminta bantuan dari saudara atau orang-orang terdekat anda. Ikut sertakan saudara dan orang terdekat anda untuk mengasuh bayi kembar anda. Ketika anda sudah lelah karena aktivitas yang dilakukan selama seharian, anda dapat meminta bantuan saudara anda untuk mengasuh si kembar. Sementara anda dapat mengumpulkan energi agar anda bisa kembali merawat dan mengasuh bayi kembar anda.

Manfaatkan Stroller

Bagi anda yang memiliki bayi kembar, stroller merupakan alat yang sangat bermanfaat. Menggendong dua orang bayi sekaligus tentunya akan sangat merepotkan dan melelahkan, bahkan dapat membahayakan keselamatan mereka. Dengan memanfaatkan stroller, anda akan lebih mudah membawa si kembar kemana pun, dan anda tidak akan kelelahan.

Terdapat beberapa model stroller untuk bayi kembar. Model apapun stroller yang anda pilih, alangkah lebih baik jika anda menyesuaikannya dengan kebutuhan, kenyamanan dan keamanan bayi anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Memiliki Bayi Kembar

  • Apabila salah satu dari si kembar sakit, maka kembarannya pun biasanya akan mengalami hal yang sama. Jika salah satu dari mereka memiliki infeksi yang menular, maka si kembar yang satunya bisa memiliki risiko yang sama. Apabila salah satu dari bayi kembar memiliki infeksi menular setelah lahir, maka orangtua dapat mempertimbangkan untuk memisahkan mereka. Sebagai contoh, apabila salah satu bayi kembar anda mengalami cacar, maka anda dapat memisahkannya sementara waktu untuk mencegah cacar menular pada bayi yang satunya.
  • Bayi kembar cenderung terlahir lebih awal, serta berat badan yang kurang. Bayi yang lahir kurang bulan atau bayi prematur memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah sistem pernafasan karena paru-paru mereka masih belum berkembang dengan sempurna. Namun, bukan berarti kedua bayi kembar anda memiliki masalah pada sistem pernafasannya. Apabila anda melahirkan bayi kembar lebih awal atau pada minggu ke 32 dan salah satu dari mereka membutuhkan tabung oksigen, maka risiko mengalami masalah pernafasan akan lebih tinggi dialami oleh bayi ini dibandingkan dengan saudaranya yang hanya membutuhkan sedikit oksigen melalui hidungnya.

Merawat bayi kembar memang merepotkan, terutama bayi kembar baru lahir. Namun, seiring usia bayi kembar anda beranjak dewasa, maka mengurus mereka akan menjadi lebih mudah. Mereka akan memiliki teman satu sama lain untuk bermain.

Demikian tips mudah mengasuh bayi kembar. Nikmati setiap momen bersama mereka, karena dengan menikmatinya merawat dan mengasuh si kembar akan terasa menjadi lebih ringan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *