Tips Merawat Payudara Setelah Menyapih Buah Hati

Tips Merawat Payudara Setelah Menyapih Buah Hati – Menyapih merupakan proses dihentikannya pemberian ASI dari payudara pada anak. Proses menyapih akan dapat menyebabkan bentuk payudara berubah, misalkan payudara menjadi kendur atau asimetris. Selain itu, beberapa masalah payudara kerap dialami saat menyapih buah hati seperti pembengkakan payudara, muncul benjolan, putting susu menjadi kecil dan lain sebagainya.

Proses menyapih harus dilakukan dengan bertahap dan perlahan. Menyapih buah hati dengan tiba-tiba ditakutkan akan menyebabkan terjadinya masalah pada payudara, seperti misalkan peradangan atau pembengkakan. Dibutuhkan perawatan payudara dengan tepat setelah menyapih untuk menurunkan risiko anda mengalami masalah kesehatan pada payudara.

Tips Merawat Payudara

Tips Merawat Payudara Setelah Menyapih Buah Hati

Perawatan payudara yang baik dan benar dibutuhkan untuk mencegah ataupun mengatasi masalah payudara saat menyapih. Nah, di bawah ini tips merawat payudara setelah menyapih buah hati.

Pompa Asi dengan Rutin

Salah satu permasalahan yang mungkin anda alami setelah menyapih si kecil yaitu payudara penuh dan terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memompa payudara hingga kosong. Dengan cara ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Melakukan Pijat Payudara dengan Rutin

Pembengkakan pada payudara disebabkan karena saluran air susu mengalami sumbatan. Jika anda rutin melakukan pijatan pada payudara, maka penyumbatan akan hilang. Anda bisa melakukan pijatan pada payudara dengan lembut. Sesekali periksa apakah masih terdapat ASI yang keluar. Dengan melakukan pijatan akan membantu mengurangi nyeri dan membuat payudara anda lebih nyaman.

Kompres Dingin Payudara

Melakukan kompres dingin pada payudara juga bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi pembengkakan payudara. Anda bisa memanfaatkan es batu untuk mengompres payudara. Es batu dibungkus menggunakan kain. Selain itu, anda juga bisa merendam kain bersih dalam air dingin.

Gunakan Bra yang Nyaman

Supaya payudara anda lebih nyaman, maka sebaiknya anda menggunakan bra yang nyaman juga. Pilih bra yang ukurannya pas, tidak terlalu kekecilan ataupun terlalu kebesaran. Anda bisa menggunakan bra khusus agar terasa nyaman saat melakukan aktivitas di masa menyapih buah hati.

Menjaga Kebersihan Payudara

Menjaga kebersihan payudara sangat penting untuk dilakukan. Jangan biarkan payudara anda lembab untuk mencegah infeksi. Sebaiknya hindari juga membersihkan putting dengan memakai sabun. Kandungan pada sabun akan menyebabkan kulit kering sehingga nantinya akan menjadi mudah iritasi dan lecet. Untuk membersihkan payudara, anda cukup menggunakan air hangat dan kapas.

Baca juga : Mencegah Puting Berdarah Sewaktu Menyusui

Mengatur Pola Makan dengan Tepat

Anda harus mengatur pola makan yang tepat sejak masa menyusui. Dalam menu makan anda bisa menyertakan lemak jenuh yang akan memberikan nutrisi dan membuat elastisitas payudara kembali. Jika anda menghindari lemak jenuh, maka dapat menyebabkan kerusakan kulit, terlebih lagi pada sekitar payudara anda. Sehingga akan menyebabkan hilangnya keelastisan payudara.

Selain itu, anda juga harus mencukupi asupan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin ini memiliki manfaat untuk memelihara kulit dan membuat produksi kolagen meningkat, sehingga kulit kendur akan menjadi kencang.

Itulah beberapa tips merawat payudara setelah menyapih buah hati. Jika anda mengalami masalah payudara, namun tidak kunjung mereda meskipun sudah melakukan perawatan di atas, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada dokter.

Loading...