Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

Tips Merawat Kulit Bayi – Menjaga dan merawat kesehatan kulit bayi menjadi salah satu tugas yang penting dilakukan. Meskipun tidak sulit, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulit bayi. Sebab, jika salah merawat kulit si kecil maka akan rentan mengalami masalah kulit. Seperti yang kita ketahui kulit bayi masih sensitif. ( Baca juga : Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi )

Tips Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi rentan mengalami berbagai masalah. Oleh karena itu, menjaga agar kulit bayi tetap sehat adalah hal penting yang harus diperhatikan. Berikut ini tips merawat kulit bayi yang dapat anda simak:

tips merawat kulit bayi

Hindari Terlalu Sering Memandikan Bayi

Memandikan bayi memang akan membuatnya bersih, namun jika dilakukan terlalu sering justru akan membuat hilangnya minyak alami pada kulit bayi, serta  kandungan yang lainnya. Dimana itu semua akan dapat memberikan perlindungan dari bakteri atau pun bahan iritan yang lainnya.

Perhatikan Produk Perawatan Kulit

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, maka penting untuk memperhatikan produk perawatan kulit bayi yang akan digunakan. Jangan hanya karena wanginya enak, anda langsung memutuskan menggunakan produk perawatan tersebut. Gunakan produk perawatan kulit bayi, seperti sabun dan sampo dengan formula usia bayi. Produk yang harus anda pilih sebaiknya tidak mengandung pewangi, pewarna, alkohol dan bahan kimia yang lainnya karena akan berbahaya untuk kulit si kecil. Sebelum membeli produk perawatan untuk kulit bayi anda harus mencermati terlebih dahulu komposisi yang tertera pada kemasan.

Jaga Agar Kulit Bayi Tetap Lembab

Bayi memiliki kulit yang rentan kering. Anda harus selalu menjaga kulit si kecil agar kondisinya selalu dalam keadaan lembab. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan pelembab khusus setelah si kecil mandi. Jika cuaca sedang panas dan kulit si kecil sering kering, anda dapat memakaikan pelembab lebih sering. Namun, pastikan pelembab yang anda gunakan aman dan tidak akan memberikan efek samping pada si kecil. ( Lihat juga : Cara Merawat Bayi Perempuan )

Jangan Berlebihan Menggunakan Bedak

Bedak bayi menjadi salah satu produk perawatan bayi yang sering digunakan. Setelah mandi, biasanya para orangtua selalu memakaikan bedak pada wajah atau badan si kecil. Aromanya yang lembut membuat si kecil lebih harum. Namun meskipun begitu, anda tetap harus hati-hati saat menggunakannya. Jika bisa sebaiknya anda menghindarinya. Bedak mengandung partikel yang sangat halus sehingga bayi akan dengan mudah menghirupnya. Efeknya tentu tidak baik untuk si kecil. Jika anda tetap ingin menggunakan bedak bayi, pastikan anda mengaplikasikannya tipis-tipis saja.

Membersihkan Area Lipatan dengan Benar

Saat anda mengaplikasikan pelembab anda harus memastikan jika kulit si kecil tidak dalam keadaan basah. Lotion pelembab bisa saja mengendap pada bagian lipatan kulit sehingga si kecil rentan mengalami ruam.Ruam biasanya sering terjadi pada bayi berusia 3 bulan, di mana saat itu bayi lebih sering meneteskan air liurnya.

Sebagai langkah mencegah ruam kemerahan pada si kecil, anda dapat membersihkan sudut bibir si kecil 2 kali sehari. Jika ada susu ataupun makanan yang menempel pada area bibir disarankan untuk membersihkan dengan menggunakan air.

Jaga Kebersihan Popok

Anda harus selalu memperhatikan popok si kecil. Pastikan popoknya selalu dalam keadaan kering. Jika bayi anda mengalami ruam popok,segera atasi dengan langkah pengobatan yang tepat.

Saat Pergi ke Luar Rumah

Bayi berusia di bawah 6 bulan tidak disarankan menggunakan tabir surya. Jika anda hendak membawa bayi ke luar rumah, anda dapat melindungi kulit si kecil kontak langsung dengan sinar matahari. Anda dapat melindunginya dengan pakaian dan topi untuk menghalangi sinar matahari.

Demikian tips merawat kulit bayi agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Loading...