Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak dengan Mudah

Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak dengan Mudah – Sebagai orangtua, anda tentu akan merawat si kecil dengan baik, termasuk merawat kesehatan rambutnya. Ketika si kecil memiliki rambut yang lebat, anda akan merasa gemas sendiri. Hanya saja, tidak semua rambut anak tumbuh dengan lebat dan tebal. Namun, meskipun begitu ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk merangsang pertumbuhan rambutnya agar lebat dan sehat seperti berikut ini.

Baca juga : Ketahui Masalah Rambut Anak yang Sering Terjadi

Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak

Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar rambut si kecil tetap dalam keadaan sehat, tebal dan tidak rontok. Perawatannya sangat mudah sekali dilakukan seperti berikut ini.

Jangan Biarkan Si Kecil Tidur Telentang Terlalu Lama

Apakah si kecil sering tidur telentang? Perlu anda ketahui, tidur telentang menjadi salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan rambut si kecil. Tidak hanya membuat si kecil rentan mengalami kepala ‘peyang’, namun juga rambut si kecil akan rentan mengalami kebotakan yang disebabkan karena terus menerus tejadi kontak antara kepala dan bantalnya. Hal ini akan dapat menghambat pertumbuhan rambut si kecil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk sering mengubah posisi si kecil supaya tidak terlalu lama kepalanya kontak dengan bantal. Anda juga tetap harus mengawasi si kecil dalam posisi apapun ketika anda mengubah posisinya.

Asupan MPASI si Kecil Harus Diperhatikan

Ketika si kecil sudah diperkenalkan dengan MPASI, anda bisa menambahkan bahan makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut bayi supaya menjadi lebih sehat. Anda bisa menambahkan makanan seperti susu, ikan salmon, telur, buah dan sayuran dengan kandungan omega-3, vitamin B-1, L-cysteine, zat besi dan zinc. Dimana kandungan tersebut akan dapat membantu dalam memproses makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut maupun kulit si kecil. Dimana faktor makanan ini akan dapat berpengaruh untuk kesuburan ataupun kesehatan rambut buah hati.

Hindari Keramas Terlalu Sering

Anda tentu senang ketika mencium rambut si kecil dan aromanya wangi. Namun, sebaiknya hindari mencuci rambut si kecil atau keramas terlalu sering.

Selain itu, pilihlah sampo yang aman dan cocok untuk si kecil. Jangan menggunakan sampo yang bisa membuat mata si kecil teritasi. Menggunakan sampo terlalu banyak akan meningkatkan risiko iritasi pada kulit kepala bayi.

Anda dapat keramasi si kecil dengan rutin menggunakan sampo lembut khusus untuk bayi dan campurkan dengan air hangat. Lalu anda bisa mengusap kulit kepala bayi dengan lembut dan perlahan menggunakan gerakan memutar. Dengan cara seperti ini maka kotoran pada kulit kepala bayi akan hilang, begitupun dengan minyak dan akan dapat membantu menstimulasi keluarnya folikel rambut si kecil. Kemudian bilas dengan memakai air hangat. Anda bisa mengeringkan kepala si kecil menggunakan handuk lembut dan bersih. Jangan mencuci rambut bayi menggunakan sampo terlalu sering.

Banyak anggapan bahwa dengan memotong rambut bayi lebih sering, akan membuat rambutnya menjadi lebih lebat dan tebal. Namun, anggapan tersebut tidak benar sepenuhnya. Ketebalan rambut bayi ditentukan oleh keturunan. Sedangkan memotong rambut bayi lebih bermanfaat untuk membuat kulit kepalanya lebih bersih dari kotoran yang menempel pada kepalanya.

Lihat juga : Cara Merawat Rambut Keriting Pada Bayi Agar Tetap Sehat

Itulah beberapa tips merangsang pertumbuhan rambut anak dengan mudah yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Loading...