Tips Menyusui Saat Bepergian Agar Tidak Ribet

Tips Menyusui Saat Bepergian Agar Tidak Ribet – Perjalanan jauh yang ditempuh selama melakukan kegiatan bepergian seringkali merepotkan. Apalagi saat diwaktu bersamaan anda dituntut untuk dapat menyusui si kecil. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips menyusui saat bepergian agar tidak ribet.

Memiliki bayi yang lucu membuat anda dan keluarga akan bahagia dan senang dengan hal ini. Sudah menjadi tugas setiap orang tua dalam hal mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anaknya dengan baik. Begitupula dengan kebutuhan si kecil akan ASI. Ya, anak-anak bayi dan balita yang masih kecil yang masih dalam tahapan meng-ASI membutuhkan asupan ini dengan baik dalam tubuhnya.

ASI menjadi nutrisi terbaik bagi anak berusia 0 sampai dengan 6 bulan atau yang dikenal dengan ASI ekslusif. Dimana pada masa ini umumnya si kecil belum dapat diberikan makanan pendamping lainnya. Jadi demikian, satu-satunya asupan nutrisi kedalam tubuhnya hanyalah lewat ASI yang ibu berikan. Oleh karenanya, kualitas ASI yang didapatkan oleh si kecil perlu diperhatikan dengan baik.

Nah, ketika bunda mengajak serta si bayi melakukan perjalanan atau bepergian, tak jarang anda akan direpotkan dengan tangisannya karena ingin menyusu. Beberapa ibu akan dibuat tidak nyaman ketika harus menyusui anaknya di luar rumah. Hanya saja, hal ini tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk anda tidak meebrikan ASI pada si kecil. Terlebih lagi jika usia bayi anda masih dibawah 6 bulan sebagaimana diungkapkan diatas bahwa ASI adalah satu-satunya asupan nutrisi dalam tubuhnya.

Untuk itulah, ketika bepergian bersama dengan si kecil maka anda perlu persiapan yang khusus. Terutama jika jarak yang ditempuh selama melakukan perjalanan memang cukup jauh. Seperti misalkan ke luar kota atak ke luar negeri misalnya.

Dengan demikian, meski jarak yang ditempuh diperjalanan cukup jauh, tetap lakukan rutinitas menyusui si kecil seperti biasa. Sementara itu, bila bayi anda masih mendapatkan ASI ekslusif, maka susui ia seidikitnya setiap 2-3 jam sekali. Hal ini dikarenakan perjalana yang jauh dengan waktu tempuh yang lama akan membuat si kecil cepat merasa haus dan lapar.

Tips Menyusui Saat Bepergian Agar Tidak Ribet

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menyusui si kecil saat bepergian agar tidak ribet.

Tips Menyusui Saat Bepergian Agar Tidak Ribet

Persiapan yang matang yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan bersama dengan buah hati akan membuat perjalanan yang anda lakukan terasa lebih ringan. Keribetan yang anda alami umumnya datang karena persiapan yang buruk. Simak beberapa tips berikut ini.

Rencanakan Jadwal Menyusui

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam tips menyusui saat bepergian bersama dengan si kecil adalah dengan merencanakan jadwal menyusui. Untuk itu, sebelum anda memesan tiket pesawat, kereta atau bis maka buat jadwal menyusui bagi anak. Ketika diperjalanan maka taati jadwal yang telah anda buat.

Sementara itu, ketika anda membuat jadwal ini penting sekali untuk anda mempertimbangkan asupan nutrisi untuk si kecil. Selain itu, perhatikan pula kesehatan tubuh anda agar asupan ASI pada buah hati dapat tetap berjalan dengan lancar selama melakukan perjalanan.

Pesan Tempat Duduk yang Nyaman

Bepergian selama masa menyusui bersama dengan si kecil akan menjadi tantangan yang cukup besar ketika anda tidak bisa menyesuaikan kondisi anda saat ini. Untuk itu, ketika bepergian dengan menggunakan pesawat terbang maka cobalah untuk memesan tempat duduk yang tepat. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela atau didekat lorong. Selain itu, jangan pilih kursi yang berada ditengah. Letak kursi yang anda pilih tersebut harus terbilang lega untuk kenyamanan anda sewaktu menyusui si kecil.

Oleh karenanya sebelum memutuskan memilih tempat duduk, ada baiknya jika anda berkonsultasi jenis tempat duduk yang nyaman untuk ibu menyusui. Selain itu, pastikan bila penumpang yang ada disebelah anda tidak merasa terganggu apabila si kecil menendang-nendang sewaktu disusui. Jangan remehkan saat menyusui didalam pesawat. Hal ini dikarenakan menyusui akan dapat mengurangi resiko jetlag pada bayi. Selain itu, hal ini pun akan dapat bekerja dalam membantu sakit telinga sewaktu lepas landas.

Jangan Lupa Imunisasi Sebelum Bepergian

Sebelum melakukan perjalanan atau bepergian, ada baiknya jika anda memastikan melakukan imunisasi untuk si kecil. Hal ini tentu dilakukan guna mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mencegah penyakit endemik yang akan mungkin terjadi. Sementara itu, imunisasi yang dimaksud disini adalah degan menjaga daya tahan tubuh si kecil dengan baik. Pastikan bahwa si kecil mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Sementara itu, bila bayi anda belum bisa diberikan vitamin atau obat lainnya. Maka cukupi kebutuhan ASI-nya. Sebab ASI dapat menjadi obat kekebalan tubuh yang baik.

Pelajari Aturan di Tempat yang Baru

Penting sekali untuk anda mempelajari betul aturan dan kebijakan yang diterapkan ditempat baru yang anda kunjungi. Hal ini tentu untuk memudahkan anda menikmati hari-hari anda dan membuat si kecil tetap terjaga dengan baik.

Untuk itu, pelajari betul apakah ditempat baru anda diperbolehkah untuk memberikan ASI ditempat umum atau tidak. Meski menyusui adalah hak anda dan si kecil. Namun anda tentu perlu untuk tetap menghormati adat dan istiadat yang berlaku dilingkungan orang lain.

Pilih Baju yang Nyaman Untuk Menyusui

Jangan gunakan baju yang cenderung rumit atau bahkan sulit membuat anda menyusui si kecil. Pada masa ini penting sekali untuk ibu menyesuaikan dengan kondisi menyusui anda saat ini. Jangan sampai hanya karena pakaian anda yang rumit, si kecil yang sudah kelaparan dibuat menanti lama yang pada akhirnya membuat mereka rewel dan menangis.

Saat ini sudah ada banyak jenis pakaian yang dilengkapi dengan fitur baju menyusui. Penggunaan baju ini akan memudahkan anda menyusui si kecil dimana saja. Untuk itu, tidak ada salahnya memilih salah satu untuk memudahkan anda.

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman Untuk Si Kecil

Kondisi yang nyaman akan dapat membuat si kecil berselera untuk menyusu. Sebaliknya, kondisi kendaraan yang bising, orang-orang yang mengobrol, udara yang panas dan lain sebagainya akan membuat mereka rewel. Untuk itu, upayakan agar anda dapat menciptakan lingkungan yang nyaman. Karenanya, persiapan sebelum berangkat adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

Misalkan , ketika si kecil kepanasan maka gunakan AC, sewaktu si kecil mengompol maka segera ganti popoknya. Kondisi yang nyaman akan dapat membuatnya menyusu dengan baik dan istirahat dengan nyaman. Dengan begini, perjalanan yang anda lakukan bersama dengan si buah hati akan dapat terasa lebih menyenangkan dan jauh dari kesan ribet.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips menyusui saat bepergian bersama dengan si kecil. Selamat bersenang-senang dan semoga perjalanan anda lancar dan sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *