10 Tips Menyusui Saat Bayi Tumbuh Gigi | Cara Mengatasi Puting Perih

Tips Menyusui Saat Bayi Tumbuh Gigi – Saat bayi tumbuh gigi tentunya ada momen dimana sang ibu akan merasakan sakit yang luar biasa dikarenakan puting yang kerap digigit oleh bayi. Meskipun begitu, hal tersebut memang cukup wajah karena bayi mengalami pertumbuhan gigi. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tips apa saja ya? Yuk kita simak pemaparan kami berikut ini!

Menyusui memang menjadi salah satu aktivitas untuk membangun ikatan batin antara ibu dan juga anak. Bagi ibu yang memberikan air susu kepada bayinya, maka akan terasa lebih lengkap rasanya Anda menjadi seorang ibu dibandingkan dengan bayi yang menggunakan susu formula. Menyusui memang menjadi sarana untuk menyalurkan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang berasal dari ibunya. Aktivitas menyusui ini memang menjadi momen yang paling membahagiakan bagi ibu karena momen ini sulit untuk Anda lupakan.

Terlepas dari momen yang menyenangkan tentunya ada beberapa masalah saat si kecil menyusu pada ibunya. Tidak jarang ibu yang merasa kesakitan saat memberikan susu, terlebih saat si kecil menggigit dan juga menarik puting susu. Hal ini tentu tidak jarang membuat ibu merasakan sesuatu yang sangat sulit untuk dijelasakan. Bayi yang sering menggigit puting susu dikarenakan sedang terjadinya pertumbuhan gigi sehingga bayi kerap merasa gatal pada gusi. Tidak heran jika bayi akan menggigit puting ibunya saat menyusui. Baca juga: Benarkah Daun Katuk Memperbanyak ASI? Simak Faktanya Berikut ini!

Tips Menyusui Saat Bayi Tumbuh Gigi

tips menyusui saat bayi tumbuh gigi

Hal yang wajar jika bayi tumbuh gigi akan sedikit lebih rewel dari biasanya. Ia akan cenderung sering menangis dari biasanya, terlebih saat ia mengalami demam. Pada bayi yang akan atau sedang tumbuh gigi, maka akan terlihat gysi yang memerah dan juga terlihat bengkak di sekitar mulutnya. Ruam merah ini tentunya tidak akan membuat Anda nyaman, terlebih saat Anda intens dalam memberikan ASI kepada si kecil.

Meskipun begitu, kondisi tersebut ternyata bisa diatasi dengan beberapa tindakan yang tentunya sangat bermanfaat nagi Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi akan cenderung rewel dan juga mudah menangis. Ia ingin menyusui lebih sering dari biasanya dikarenakan ia mengalami gusi yang gatal. Pada umumnya, gigi tumbuh pada bayi saat menginjak usia 4-7 bulan. Jika Anda saat ini mengalami hal yang sama dengan ibu lainnya yakni sering mengalami puting yang digigit bayi, maka lakukan beberapa hal di bawah ini agar kondisi Anda lebih baik, diantaranya:

Lihat juga: Bolehkah Bayi Tidur Tanpa Bantal | Bahaya Bayi Tidur Dengan Bantal

Memijat gusi bayi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan memijat gusi bayi. Saat bayi tumbuh gigi tentunya bayi akan merasakan sensasi gatal pada gusi. Untuk itu, Anda memerlukan satu cara khusus untuk membuat agar gusi bayi tidak gatal. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan memijat gusi bayi dengan menggunakan jari Anda. Namun, pastikan jika jari Anda bersih dan sudah dicuci dengan bersih, lalu kemudian basuh dengan menggunakan kassa. Selain itu, Anda dapat melakukan pemijatan pada gusi bayi secara perlahan.

Memijat gusi bayi tentunya bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada gusi bayi agar tidak terlalu gatal. Pada gusi bayi yang bengkak dan juga merah tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga akan cenderung lebih rewel dari biasanya. Untuk itu, dengan memijat gusi bayi secara perlahan, maka akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan rasa tersebut akan hilang. Dengan cara tersebut tentunya Anda mengurangi kemungkinan si kecil akan menggigit puting Anda karena rasa gatal sudah berkurang.

Berikan mainan gigitan

Tips kedua yang bisa Anda lakukan yakni dengan memberikan si kecil berupan mainan gigitan. Pada gusi yang gatal tentunya si kecil akan cenderung menggigit sesuatu untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Namun, banyak orang tua yang tidak mengetahui akan fakta yang satu ini. Maka, tidak heran jika bayi akan cenderung menggigit puting ibu saat menyusui. Hal ini dilakukan bayi sebagai satu usaha untuk mengurangi rasa gatal dan juga sakit pada gusi.

Dengan memberikannya mainan gigitan, setidaknya bayi Anda akan merasa lebih nyaman saat giginya mulai tumbuh. Pastikan Anda memberikan mainan gigitan yang kenyal untuk ia gigit sebelum ataupun setelah menyusui. Agar membuat bayi lebih banyak, alangkah baiknya jika Anda mendinginkan terlebih dahulu mainan gigitan tersebut agar bisa memberikan sensai dingin saat bayi menggigitnya. Dengan sensasi dingin tersebut tentunya akan membantu menenangkan rasa sakit dan juga gatal pada gusi si kecil.

Ubah posisi menyusui Anda

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengubah posisi Anda saat menyusui. Hal ini dikarenakan posisi menyusui memang menjadi salah satu hal terpenting saat memberikan nutrisi untuk si kecil. Jika pada sebelumnya Anda memiliki posisi yang cukup nyaman, namun dikarenakan puting Anda sering digigit oleh si kecil. Maka, mulailah ubah posisi menyusui Anda dengan harapan gigitan puting oleh bayi akan mudah dihindari.

Dengan mengubah posisi saat menyusui tentu sedikitnya dapat mencegah gigitan puting pada bayi. Hal ini bertujuan untuk mencegan puting yang membengkak saat gigitan si kecil terlalu kuat. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada posisi menyusui yang salah akan lebih banyak gigitan pada puting. Untuk itu, usahakan untuk memilih posisi menyusui yang paling aman sehingga dapat memungkinkan Anda melakukan kontak dengan mata si kecil. Tetapkanlah posisi tersebut jika Anda sudah menemukan posisi yang nyaman saat menyusui. Lakukan berbagai percobaan posisi untuk mendapatkan posisi yang ternyaman saat Anda menyusui.

Menyelipkan jari

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mencoba untuk menyelipkan jari Anda diantara mulut bayi dan juga puting. Cara yang satu ini yakni untuk membantu mencegah bayi menggigit puting saat Anda menyusui. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan meletakkan jari telunjuk ataupun kelingking Anda ke sudut mulut bayi diantara gusinya tersebut. Selain itu, Anda dapat menyelipkan jari Anda  dan pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Lalu, alihkan dengan cara menggesernya secara perlahan saat bayi Anda kemungkinan terlihat akan menggigit payudara Anda. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan payudara Anda sejenak dari hisapan si kecil agar puting Anda tidak terlalu perih dan juga sakit

Kendalikan respon Anda

Cara yang satu ini tentunya berhubungan dengan ekspresi yang Anda tunjukkan saat bayi menggigit puting Anda. Saat Anda merasakan gigitan di puting Anda, tentunya Anda jangan sampai mengeluarkan respon yang berlebihan dikarenakan sakit yang mungkin Anda rasakan. Akan tetapi, Anda harus menghindarkan diri dari menjauhkan bayi dengan puting Anda secara tiba-tiba. Pasalnya, puting yang digigit dan juga ditarik dengan kencang akan membuat puting semakin sakit.

Meskipun memang cukup sulit menahan reaksi saat puting Anda digigit, namun hal tersebut harus Anda lakukan karena jika tiba-tiba Anda menjauhkan puting dari bayi. Maka, tidak menutup kemungkinan bayi Anda akan kaget dan enggan untuk kembali menyusui. Selain itu, usahakan juga untuk tidak berteriak dengan kencang saat si kecil mulai menggigit puting. Reaksi yang berlebihan yang dtunjukkan oleh Anda tentunya akan mengagetkan si kecil sehingga ia akan mengulang hal tersebut karena ia menganggap bahwa hal tersebut menjadi sebuah permainan yang cukup menyenangkan.

Cara Mengatasi Puting Sakit Saat Menyusui

Sebenarnya hal yang wajar dimana Anda merasakan puting yang sakit saat menyusui. Terlebih saat si kecil sudah mulai tumbuh gigi, maka kondisi ini membuat ibu merasa sedikit tidak nyaman saat menyusui. Namun, kondisi tersebut setidaknya membuat ibu merasa kesakitan sehingga cukup mengganggu momen saat menyusui si kecil. Puting perih, sakit dan juga lecet yang disebabkan oleh gigitan dari si kecil tentunya menjadi kondisi yang banyak dialami oleh ibu menyusui. Banyak sekali ibu yang menggantikan ASI dengan susu formula dikarena ia merasa tidak nyaman saat menyusui.

Jika Anda secara kebetulan mengalami hal tersebut tentunya penting bagi Anda untuk menemukan cara yang tepat agar puting Anda tidak merasa perih dan juga lecet. Berikut ini beberapa cara mengatasi puting  sakit saat Anda menyusui, diantaranya:

Berilah jeda waktu menyusui

Satu hal yang perlu Anda perhatikan yakni dengan memberikan jeda waktu bagi ibu untuk menyusui. Sedini mungkin tentunya kita tahu bahwa puting kita lecet, untuk itu berilah jeda waktu saat Anda menyusui. Anda tentunya dapat memberikan jeda waktu terlebih dahulu sekitar 12 sampai 24 jam untuk beristirahat sejenak tidak menyusui agar penyembuhan puting Anda menjadi lebih cepat. Selama beristirahat, Anda boleh menggantikan ASI dengan menggunakan susu formula. Hal ini tidak lain ialah untuk mempermudah proses penyembuhan puting.

Jika memang puting Anda lecet tentu Anda harus menghentikan pemberian ASI. Jika terus dilakukan, maka kemungkinan besar akan terjadi peradangan ataupun luka semakin parah yang terjadi pada puting dan juga payudara Anda. Jangan sampai keadaan puting Anda bertambah parah karena nantinya saluran susu akan terganggu jika Anda tidak menghentikan pemberian ASI terlebih dahulu.

Air hangat pereda sakit

Anda tentunya dapat mengompres air hangat pada bagian puting yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar kondisi puting Anda menjadi lebih baik. Selain itu, cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengoleskan sedikit ASI pada puting baik sebelum maupun sesudah Anda menyusui. Dengan mengoleskan ASI terlebih dahulu pada puting tentunya akan merangsang bayi Anda untuk segera menyusui. Sedangkan mengoleskan ASI setelah menyusui berfungsi sebagai desinfektan yang akan membersikan dan juga menjaga puting dari berbagai kuman penyebab penyakit.  Anda tentunya dapat mengompres puting susu dengan air hangat suam kuku selama kurang lebih 15 menit setelah Anda menyusui. Lalu, dianjurkan untuk melanjutkannya dengan kantung teh celup.

Bersihkan puting

Tentunya kebersihan puting menjadi nomor satu dimana pada saat menyusui, sebelum maupun sesudah menyusui. Hal ini dikarenakan kuman dan juga bakteri kemungkinan akan masuk dan juga menempel dari berbagai sumber sehingga akan menyebabkan putih bertambah parah dan juga lecet. Kondisi inilah yang tentunya membuat ibu merasa kesakitan saat memberikan ASI pada si kecil. Bersihkan ASI secara rutin tentunya menjadi hal yang hatus Anda lakukan sekarang juga.

Teknik melepas isapan bayi

Jika Anda memiliki bayi yang sudah mulai tumbuh gigi tentunya teknik ini sangat Anda perlukan. Saat si kecil menggigit puting Anda tentunya Anda secara perlahan dapat melepaskan gigitan bayi tanpa membuatnya menangis. Teknik ini bisa Anda lakukan dengan cara memasukkan jari kelingking ibu ke sudut mulut bayi secara perlahan, kemudian tarik dagu bayi agar mulut bayi terbuka sehingga dapat menariknya keluar payudara Anda. Teknik ini kerap dilakukan oleh sebagian besar ibu saat memiliki bayi yang sudah mulai tumbuh gigi.

Perhatikan bra ibu menyusui

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memperhatikan bra yang digunakan oleh ibu menyusui mulai dari model dan juga bahan. Untuk bra ibu menyusui tentunya rekomendasi bra yang digunakan yakni berbahan dasar katun untuk menjaga sirkulasi udara tetap terjaga pada puting. Dengan bahan katun, maka puting akan mendapatkan aliran udara yang segar dan menghindari dari udara yang lembap. Selain itu, Anda disarankan untuk menggantu breast pad atau bantalan payudara saat selesai menyusui. Tentunya, Anda jangan terburu-buru saat menggunakan bra, pastikan puting ada dalam posisi yang tepat dan juga ada dalam keadaan kering. Hal ini dikarenakan semakin lembap bra, maka semakin parah dan juga lama rasa perih pada puting.

Gunakan kantung teh hangat

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan kantung teh hangat. Cara ini merupakan alternatif tambahan yang bisa ibu lakukan untuk meredakan nyeri pada puting. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengompres puting dengan menggunakan kantung teh air hangat. Rasa hangat dari kantung teh ini akan meredakan rasa nyeri dan juga luka pada puting. Sesekali Anda harus melepaskan bra untuk memberikan nafas pada puting serta mengurangi terjadinya gesekan pada kain bra dan juga puting.

Dengan menggunakan kantung teh tentunya menjadi cara yang tepat bagi Anda. Hal ini dikarekan teh mengandung polifenol yang disebut dengan catechins yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka alami. Polifenol sendiri memiliki kemampuan untuk menstimulasi keratinosit yakni lapisan kulit yang memiliki fungsi sebagai pelindung terhadap bahaya mekanis, kehilangan cairan dan juga invasi mikroba.  Ditambah dengan sensasi kompresan hangat suam kuku membuat puting merasa lebih nyaman.

Jangan Anda lupakan perawatan puting

Salah satu perawatan pada ibu menyusui yang tidak boleh diabaikan yakni perawatan puting. Perawatan puting menjadi satu hal yang harus Anda perhatikan saat Anda menyusui. Anda dapat melakukan perawatan puting sebelum dan juga sesudah Anda menyusui. Selain itu, puting memang harus dirawat akan kebersihannya. Namun, pastikan saat membersihkan puting, Anda tidak menggunakan sabun. Hal ini dikarenakan di dalam sabun mengandung bahan kimia yang dikhawatirkan akan terisap oleh bayi saat menyusui. Agar puting Anda tetap lembap, tentunya Anda bisa menggunakan pelembap alami seperti minyak kelapa murni yang berfungsi untuk menjaga kelembapan puting tanpa memberikan efek buruk sama sekali.

Mengobati dan juga merawat puting payudara Anda tetap baik dan juga sehat tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Meskipun memang saat si kecil tumbuh gigi, hal tersebut cukup sulit untuk Anda lakukan. Itulah beberapa tips menyusui saat bayi tumbuh gigi untuk memperbaiki keadaan puting Anda saat menyusui. Selamat mencoba!

Loading...