Tips Mengganti Popok Bayi: Cegah Bayi Rewel Saat Diganti Popok

Diposting pada

Ketika diganti popok, biasanya bayi menolak, tidak mau diam, rewel atau bahkan menangis. Untuk menghindari keadaan tersebut, penting untuk mengetahui tips mengganti popok bayi agar bayi tidak rewel dan ia merasa lebih nyaman.

Bagi orangtua merawat bayi adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Meskipun begitu, orangtua akan tetap memberikan perawatan yang terbaik untuk buah hatinya, menjadi orangtua siaga agar bayinya tetap sehat. Orangtua akan memperhatikan setiap hal pada bayinya, dari hal-hal kecil sampai hal-hal yang besar guna menjaga kesehatan buah hatinya, termasuk memperhatikan keadaan popok bayi.

Mengganti popok bayi lebih cepat setelah popok bayi basah akan membantu bayi terhindar dari masalah kulit yang akan muncul, seperti misalkan ruam popok. Namun, terkadang mengganti popok menjadi kegiatan yang sangat merepotkan untuk para orangtua. Meskipun terlihat mudah, tetapi mengganti popok bayi akan menjadi sulit ketika bayi melakukan penolakan. Dimana si kecil enggan diganti popoknya yang akan berujung menjadi rewel atau bahkan menangis.

Tips Mengganti Popok Bayi

Karena melihat reaksi bayi yang sering rewel saat diganti popok, itu bukan berarti anda menunda-nunda menggantinya. Tetap ganti popok si kecil meskipun ia nampak selalu rewel dan menolak. Kulit bayi masih sangat sentive, jika terlalu lama kontak langsung dengan urine atau kotorannya, maka risiko mengalami gangguan kulit akan semakin tinggi.

Agar kegiatan mengganti popok menjadi menyenangkan , maka anda dapat melakukan beberapa tips khusus. Selain memudahkan anda, si kecil pun akan merasa nyaman ketika popoknya diganti. Berikut ini tips mengganti popok bayi untuk cegah bayi rewel.

Cegah Bayi Rewel Saat Diganti Popok

Siapkan Mainan

Anda dapat menyiapkan mainan sebelum mengganti popok si kecil. Siapkanlah mainan yang disukai bayi anda atau mainan yang dapat menarik perhatiannya. Mainan merupakan benda yang tidak dapat terlepas dari keseharian bayi anda. Dengan mainan yang diberikan pada si kecil, maka perhatiannya akan teralihkan saat popoknya diganti. Dengan mainannya tersebut si kecil akan bermain dengan tenang, senang dan nyaman. Maka dengan seperti itu anda akan lebih mudah ketika menggantikan popok bayi anda.

Nyanyikan Lagu

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mencegah si kecil rewel saat diganti popok yaitu dengan menyanyikan sebuah lagu. Mendengar ibunya menyanyi, biasanya bayi akan langsung tenang dan merasa nyaman.

Berikan Dot Bayi

Selain mainan, anda dapat memberikan bayi anda dot agar ia tidak rewel ketika diganti popok. Mengganti popok saat si kecil bersama dengan dotnya akan menjadi lebih mudah, selain itu bayi anda pun akan merasa lebih nyaman dan tenang.

Minta Sang Kakak Untuk Membantu

Jika bayi anda memiliki seorang kakak, maka tidak ada salahnya apabila anda meminta bantuan sang kakak. Kehadiran kakaknya akan membuat bayi merasa senang. Buat si kakak untuk menghibur adiknya, baik itu mengajaknya berinteraksi, menyanyikan lagi, mengajaknya bermain atau lain sebagainya. Di samping kegiatan yang mereka berdua lakukan, anda dapat dengan mudah mengganti popok si kecil.

Minta Bantuan Suami

Anda dapat membagi tugas bersama dengan suami anda dalam hal merawat si kecil. Agar kegiatan mengganti popok menjadi lebih mudah, anda dapat meminta bantuan suami untuk memegangi si kecil. Sedangkan anda mengganti diapernya. Atau anda bermain dengan bayi, sedangkan suami mengganti popoknya.

Ajak Bayi Berinteraksi

Anda dapat mengalihkan perhatian bayi anda dengan mengajaknya berbicara. Jika tidak, anda dapat membuat ekspresi lucu agar si kecil tertawa dan senang. Pada saat bayi anda sedang asyik memperhatikan anda, anda dapat dengan cepat mengganti popoknya.

Memutar Musik

Anda dapat mencoba memutarkan musik untuk membuat bayi merasa lebih tenang pada saat mengganti popoknya. Anda dapat memutar musik bayi dari ponsel atau player.

Lakukan dengan Teratur

Saat mengganti popok bayi, pastikan anda sudah menyiapkan segala sesuatunya. Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan berada dekat dengan anda. Sehingga anda dapat lebih cepat mengganti popok bayi anda, sehingga si kecil tidak akan menjadi rewel.

Menyiapkan Lap atau Handuk

Untuk mencegah si kecil rewel, maka penting untuk selalu membuatnya merasa nyaman. Lap atau handuk merupakan salah satu hal penting yang harus anda siapkan. Dalam menyiapkan lap atau handuk, pastikan anda menyiapkan handuk atau lap lembut. Lap atau handuk ini akan digunakan untuk membersihkan daerah kulit yang terkena urine atau kotorannya. Selain itu, menggunakan lap atau handuk halus dapat mencegah terjadinya iritasi kulit.

Lakukan dengan Sepenuh Hati

Ketika anda mengganti popok si kecil, maka cobalah untuk melakukannya dengan sepenuh hati. Jangan sampai hanya karena si kecil menangis dan rewel, anda ikut emosi dan memarahinya. Tetaplah tenang dan buatlah si kecil tetap merasa nyaman dan aman. Jika anda merasa sudah tidak bisa menggantikan popoknya, maka anda dapat meminta suami atau ibu untuk melakukannya.

Dengan demikian, agar si kecil tidak rewel saat diganti popoknya, anda harus membuatnya merasa nyaman dan perhatiannya teralihkan. Pastikan anda mengganti popok bayi dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *