Tips Mengatur Menu Makan Ibu Menyusui yang Sehat

Selama menyusui ibu harus mengatur menu makan sehat dalam setiap harinya untuk memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Penting bagi ibu menyusui mengetahui tips mengatur menu makan ibu menyusui.

Menyusui merupakan kegiatan yang sama beratnya dengan masa kehamilan. Menyusui bayi tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Beberapa hal penting harus ibu perhatikan guna kesuksesan proses menyusui bayi agar bayi bisa mendapatkan cukup ASI.

ASI memang asupan penting untuk bayi, khususnya untuk bayi berusia 0-6 bulan karena pada usia tersebut tidak ada asupan makanan apapun selain ASI. ASI memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan bayi, serta untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

Menu Makan Ibu Menyusui

Menyusui bayi bukan hanya sekedar kegiatan memberikan ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi. Menyusui bayi adalah cara yang paling efektif untuk membangun kedekatan antara ibu dan bayi.

Selama masa menyusui, ibu akan mudah sekali merasa lapar, meskipun tidak lama sebelum itu sudah mengkonsumsi banyak makanan. Mudahnya lapar yang dialami oleh ibu menyusui merupakan keadaan normal, karena ketika menyusui pasokan nutrisi dan energi dalam tubuh ibu akan terambil.

Selama menyusui, ibu membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Energi yang ibu dapatkan selain dari lemak dalam tubuh, juga didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, selama masa menyusui ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung nutrisi yang seimbang. Selain itu, penting bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi dalam setiap harinya.

Apabila ibu menyusui dapat menerapkan pola makan yang tepat dan sehat, maka kebutuhan gizi dan energi selama masa menyusui dapat terpenuhi dengan optimal. Tubuh ibu akan tetap sehat, selain itu kualitas dan kuantitas ASI akan tetap terjaga sehingga ibu dapat memberikan ASI yang terbaik untuk buah hati tercinta. Selain itu, waktu bagi tubuh ibu untuk memproduksi ASI akan menjadi lebih lama.

Tips Mengatur Menu Makan Ibu Menyusui

Saat anda mengatur menu sehari-hari selama masa menyusui, anda harus memperhatikan beberapa jenis bahan makanan seperti berikut ini:

Makanan Bertepung (Makanan Kaya Karbohidrat)

Makanan bertepung atau makanan kaya akan karbohidrat merupakan sumber energi untuk ibu. Dimana makanan ini mengandung tinggi vitamin B kompleks dan serat. Anda bisa mendapatkan makanan yang kaya akan karbohidrat ini dari beberapa sumber makanan seperti misalkan, pasta, nasi, roti, kentang, dan breakfast cereal.

Protein

Ibu menyusui membutuhkan tambahan protein kurang lebih 15 gram dalam perhari. Anda bisa mendapatkan makanan sumber protein ini dari jenis makanan seperti ikan, telur, ayam tanpa kulit, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kalsium

Makanan yang menjadi sumber kalsium yang bagus untuk ibu menyusui yaitu susu dan produk olahannya seperti misalkan keju dan yoghurt. Kalsium yang dikeluarkan melalui ASI dalam perharinya sekitar 250-300 mg kalsium.

Buah-Buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan sehat yang penting dikonsumsi oleh ibu selama masa menyusui. Buah-buahan dan sayuran paling tidak dikonsumsi ibu sebanyak 5 porsi dalam sehari. Buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat dan mineral.

Cairan

Ibu menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Dalam memenuhi kebutuhan cairan, ibu bisa mendapatkannya dari susu, air atau sari buah tanpa tambahan gula. Dalam perhari usahakan untuk minum sebanyak yang dianjurkan yakni minimal sebanyak 8 gelas atau sekitar 1-2 liter. Penting bagi ibu untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran berkuah.

Ibu harus bisa memilah dan memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Bagi ibu yang memiliki riwayat alergi dalam keluarga sebaiknya hindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu alergi kambuh.

Cukupi Waktu Istirahat

Kesehatan ibu menyusui sebenarnya tidak hanya tergantung pada makanan yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang. Pasalnya selain makanan, penting bagi ibu menyusui untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Selain itu, ibu menyusui juga harus menghindari stres dan selalu merasa percaya diri bahwa ibu dapat memenuhi kebutuhan ASI buah hati tercinta.

Perlu diketahui, saat ibu mengalami stres dan kelelahan maka akan menyebabkan gangguan pada refleks tubuh yang menghasilkan stimulasi. Sehingga keadaan ini akan menyebabkan ASI tidak keluar dengan lancar dan akibatnya bayi tidak akan mendapatkan cukup ASI.

Untuk menghindari keadaan stres dan kelelahan, maka anda dapat mengatur waktu istirahat dengan baik dan tepat. Selain itu, melakukan hal yang dapat menyenangkan hati dapat dilakukan di tengah-tengah sibuknya merawat dan mengurus bayi. Kegiatan yang dapat dilakukan di antaranya seperti berendam di dalam air hangat dengan minyak aromaterapi atau mendengarkan musik yang tenang dan menghanyutkan. Setiap kali menyusui ibu harus dalam keadaan santai, meluangkan waktu untuk memerah ASI yang cukup, serta yakin bahwa ASI yang diproduksi cukup untuk kebutuhan si kecil.

Demikian tips mengatur menu makan ibu menyusui yang sehat. Intinya ibu menyusui harus lebih pandai dalam memadukan aneka bahan makanan agar tetap mengandung gizi seimbang seperti yang dibutuhkan selama masa menyusui. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *