Tips Mengatasi Bentol Pada Kulit Bayi dengan Mudah

Tips Mengatasi Bentol Pada Kulit Bayi – Munculnya bentol pada kulit tentu akan membuat tidak nyaman dan terasa sangat gatal. Nah, bentol juga bisa dialami oleh bayi. Jika si kecil terus menerus menggaruknya maka akan dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tips menghilangkan bentol pada si kecil.

Tips Mengatasi Bentol Pada Kulit Bayi

Tips Mengatasi Kulit Bayi Bentol dengan Mudah

Bentol pada kulit bayi bisa disebabkan karena berbagai hal, bisa saja disebabkan oleh cuaca yang panas, alergi ataupun akibat digigit serangga. Jika anda khawatir kondisi ini akan mengganggu kenyamanannya, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Dinginkan Kulit Si Kecil

Ketika si kecil bentol, ia akan merasa tidak nyaman bahkan akan rewel, gelisah dan berusaha untuk menggaruk bentol pada kulitnya. Ketika seperti itu, anda harus mengendurkan atau melepas baju si kecil, apabila bentolnya terdapat pada bagian kulit yang tertutup.

Jika si kecil berada pada ruangan panas, atau berada di luar rumah yang cuacanya terik, anda harus segera membawa si kecil masuk ke dalam rumah dan nyalakan kipas angin, AC atau kipas-kipas tubuhnya dengan kipas angin. Kemudian anda bisa membawa si kecil ke kamar mandi.

Anda bisa mengalirkan area dingin pada tubuh yang bentol atau gatal, ini dilakukan untuk membersihkan si kecil dari minyak, debu atau keringat. Selain itu, si kecil juga bisa dikompres dingin dengan kain basah pada bagian kulit yang bentol. Ini dilakukan untuk membantu mengurangi gatal yang si kecil rasakan.

Kulit Bayi Dikeringkan

Jika kulit si kecil sudah dibasahi dengan menggunakan air atau anda mengompresnya dengan menggunakan kompres dingin, anda bisa mengeringkan dengan membiarkannya kering sendiri. Hindari menggosok kulitnya dengan menggunakan handuk.  Agar kulit si kecil cepat kering anda juga bisa mengeringkannya dengan kipas angin. Sebaiknya hindari mengeringkannya terlalu lama. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi sebab kondisi kulit bayi tidak sama. Bentol yang terdapat pada kulit si kecil bisa saja menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu.

Menggunakan Krim atau Lotion dengan Kandungan Calamine

Apabila saat kulitnya disentuh si kecil menangis dan bentol yang terdapat pada kulitnya terasa begitu gatal, anda bisa mencoba mengoleskan lotion dengan kandungan calamine. Hindari mengoleskannya pada kulit dekat area mata bayi.  Apabila bentol pada kulitnya parah, anda sebaiknya mengajak si kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga : Penyebab Kulit Kering Pada Bayi

Berikan Kesempatan Pada Kulit Si Kecil Untuk Bernafas

Anda harus membiarkan kulit si kecil bernapas. Sementara waktu anda bisa membiarkannya tidak memakai baju atau memakaikannya baju yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat atau bahan tipis yang nyaman dan adem, lembut dan longgar. Hindari memakaikan si kecil baju yang terlalu ketat atau tebal.

Ini dilakukan agar kulit si kecil mendapatkan sirkulasi udara baik, mencegah terjadinya infeksi yang akan lebih mudah terjadi pada saat kulitnya berkeringat atau lembab. Pastikan si kecil tidak menggaruk kulit bentolnya. Apabila bentol pada kulit si kecil disebabkan karena gigitan nyamuk, anda harus memasang jaring nyamuk pada saat si kecil tidur.

Melakukan Konsultasi Pada Dokter

Apabila setelah melakukan langkah di atas namun tidak ada perubahan, atau kondisi bentol pada kulitnya bertambah parah atau terasa semakin gatal, anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter. Terlebih lagi jika terdapat tanda infeksi, pembengkakan dan kemerahan.

Melalui gigitan nyamuk, banyak penyakit yang ditularkan dan berbahaya. Gigitan nyamuk itu sendiri biasanya tidak berbahaya. Namun, jika diiringi dengan gejala lainnya seperti muntah, demam, rewel dan sakit kepala, anda harus segera menemui dokter.

Itulah beberapa tips mengatasi bentol pada kulit si kecil dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Loading...