Tips Mengatasi Bayi Sering Kentut dengan Mudah dan Aman

Tips Mengatasi Bayi Sering Kentut dengan Mudah dan Aman – Bayi sering kentut merupakan kondisi yang normal, sebab si kecil sering mengisap dot dan menangis sehingga udara akan masuk, kemudian terperangkap dalam lambungnya. Sebanyak 15 hingga 20 kali si kecil dapat mengeluarkan gas dalam sehari. Hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua yaitu tetap waspada dan bisa membedakan kondisi si kecil sering kentut yang normal dan kondisi yang menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan si kecil. Nah, untuk membuat perut si kecil lebih nyaman, beberapa cara di bawah ini bisa anda coba.

Tips Mengatasi Bayi Sering Kentut

Artikel menarik lainnya : Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Tips Mengatasi Bayi Sering Kentut dengan Mudah dan Aman

Kondisi si kecil yang sering kentut disebabkan karena si kecil menelan udara banyak. Hal ini juga akan menyebabkan si kecil mengalami perut kembung. Kondisi ini tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman atau bahkan membuat si kecil rewel. Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

Bantu Si Kecil Agar Bersendawa

Dengan bersendawa maka gas di dalam tubuh jumlahnya akan berkurang. Cara untuk membantu si kecil bersendawa yaitu dengan menepuk atau mengusap punggungnya dengan lembut dan pelan. Anda bisa melakukannya sambil menggendong si kecil pada pundak anda atau merebahkannya di pangkuan. Jika si kecil tidak juga bersendawa, anda bisa membaringkan si kecil dalam posisi telentang selama beberapa menit. Kemudian ulangi lagi langkah tadi.

Pijat Lembut

Melakukan pijatan lembut juga akan membantu si kecil lebih nyaman. Caranya yaitu anda bisa membaringkan si kecil pada posisi telentang di atas kasur. Lalu perutnya silakan dipijat dengan lembut dan hati-hati. Kemudian tungkainya gerakan seperti gerakan bersepeda. Jika perlu, anda bisa memandikan si kecil menggunakan air hangat. Cara ini akan membantu si kecil untuk mengeluarkan kelebihan udara di saluran pencernaannya.

Posisi Menyusu Harus Benar

Saat sedang menyusu, pastikan si kecil posisinya baik dan benar. Posisi kepala si kecil harus lebih tinggai dari parutnya, baik saat menyusu langsung dari payudara anda ataupun dari botol susu. Untuk menopangnya anda bisa menggunakan bantal atau tangan. Selain itu, anda juga harus memastikan botol posisinya miring ke atas sehingga pada bagian dot tidak ada udara yang terjebak.

Jika posisi menyusu benar, maka akan membuat susu menjadi lebih mudah turun ke lambung, serta udara yang tertelan tidak sengaja dapat keluar. Hal ini juga akan memudahkan si kecil untuk bersendawa.

Hal yang Harus Diwaspadai

Kondisi si kecil yang sering kentut pada umumnya bukan keadaan yang membahayakan. Namun, meskipun begitu anda tetap harus waspada. Pasalnya, kondisi sering kentut bisa saja menjadi pertanda si kecil mengalami masalah kesehatan, apalagi jika diiringi dengan gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Si kecil terlihat kesakitan atau ia mengalami kolik
  • Demam. Jika si kecil demam dan suhunya di atas 38 derajat Celcius atau lebih, anda harus segera membawa si kecil ke dokter untuk diperiksa kondisinya, terutama saat usianya di bawah 3 bulan.
  • Si kecil rewel dan sulit untuk ditenangkan.
  • Si kecil tidak buang air besar, tinja yang disertai dengan darah, serta muntah-muntah.

Dimana jika si kecil mengalami gejala di atas yang disertai dengan sering kentut disebabkan karena masalah pencernaan. Oleh karena itu, jika buah hati anda mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya anda segera ajak si kecil ke dokter.

 

Loading...