Tips Mencegah Ruam Popok Pada Bayi yang Harus Orangtua Pahami

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Bayi yang Harus Orangtua Pahami – Salah satu permasalahan kulit yang sering bayi alami yaitu ruam popok. Ruam popok itu sendiri merupakan kondisi kulit bayi yang mengalami peradangan pada area yang tertutup oleh popok. Pada umumnya masalah kulit ini terjadi pada bagian bokong. Dimana kulit akan nampak kemerahan. Ruam popok muncul disebabkan karena reaksi kulit yang terus menerus bersentuhan dengan urine ataupun kotoran si kecil.

Masalah ruam popok tentu akan mengganggu kenyamanan si kecil. Nah, agar kondisi ini tidak dialami oleh bayi anda, mari simak beberapa tips mencegah ruam popok pada bayi yang harus anda pahami seperti berikut ini.

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Bayi yang Harus Orangtua Pahami

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Bayi Untuk mencegah ruam popok pada bayi, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga supaya kulit bayi keadaannya tetap kering dan bersih. Nah, agar kondisinya selalu seperti itu, anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Popok yang anda pakaikan pada si kecil harus sering diganti. Ketika kondisinya sudah kotor, anda harus segera menggantinya dengan yang baru.
  • Bagian kulit bayi yang sering tertutup oleh popok harus anda bersihkan hingga benar-benar tuntas, terlebih lagi ketika anda mengganti popok si kecil. Pastikan setiap lipatan kulit si kecil pun anda bersihkan dengan baik dan benar.
  • Memakaikan popok pada bayi mungkin menjadi pilihan orangtua karena dianggap lebih simpel. Padahal membiarkan si kecil selalu memakai popok tidaklah baik. Anda jangan membiarkan si kecil selalu memakai popok. Perlu anda ketahui, kulit si kecil membutuhkan sirkulasi udara supaya dapat bernapas. Jika kulit bayi sering kena udara dan bebas dari popok, maka risiko si kecil mengalami ruam popok akan menjadi berkurang.
  • Apabila kulit si kecil sudah dibersihkan atau dibasuh, anda bisa menyekanya dengan perlahan hingga kering sebelum si kecil dipakaikan lagi popok.
  • Jangan menggunakan bedak, Pasalnya penggunaan bedak akan dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit si kecil.
  • Pastikan anda memilih popok yang sesuai dengan ukuran si kecil. Hindari memakaikan si kecil popok yang terlalu ketat.
  • Jangan menggunakan tisu basah ataupun sabun dengan kandungan pewangi dan alkohol. Pasalnya kandungan alkohol, serta bahan kimia akan dapat memicu terjadinya iritasi dan membuat ruam semakin parah.
  • Setiap mengganti popok si kecil, anda bisa mengoleskan krim yang berfungsi untuk mencegah ruam popok. Anda sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui jenis krim yang tepat.
  • Apabila buah hati anda sedang dalam masa penyembuhan karena ruam popok, maka sebaiknya anda memakaikannya popok dengan satu ukuran lebih besar.
  • Sebelum maupun sesudah mengganti popok, pastikan anda mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Apabila si kecil menggunakan popok kain, anda harus mencuci popok hingga benar-benar bersih. Jangan menggunakan pewangi pakaian saat membersihkan perlengkapan si kecil. ( Baca juga : Tips Mengatasi Bentol Pada Kulit Bayi dengan Mudah )

Tanpa penanganan dokter umumnya ruam popok bisa sembuh. Hanya saja, jika si kecil mengalami ruam popok dan kondisinya tidak segara membaik, sebaiknya anda membawa si kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Itulah beberapa tips mencegah ruam popok pada bayi. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...