Tips Membujuk Anak yang Merengek Minta Buka Puasa

Tips Membujuk Anak yang Merengek Minta Buka Puasa – Di tahun pertama si kecil belajar berpuasa maka akan mungkin godaan dan tantangan dihadapi ibu. Mulai dari rewel, si kecil yang kurang aktif dan bahkan rengekan si buah hati yang meminta untuk berbuka sebelum waktunya. Akan tetapi, kini usianya sudah cukup untuk diajarkan puasa. Mengiyakan berbuka puasa kapan saja akan mungkin membuat si kecil tidak pernah belajar makna puasa dengan baik. Tak perlu khawatir berikut ini tips membujuk anak yang merengek minta buka puasa.

Anak-anak yang belum baligh memang belum diwajibkan untuk ikut berpuasa. Akan tetapi demikian, hal ini tidak lantas membuat ibu harus menunggu mereka untuk dapat melatihnya. Anak-anak dengan usia sekolah dasar sudah cukup untuk diajarkan untuk berpuasa. Baca juga: Kiat Pintar Agar Anak Tidak Rewel Dibangunkan Sahur

Memang gampang-gampang susah mengajarkan anak berpuasa di tahun pertamanya. Si kecil bisa saja menjadi rewel atau mungkin merengek minta berbuka pada saat sebelum dzuhur. Namun tak perlu khawatir dibawah ini mari kita simak tips membujuk anak yang merengek minta buka puasa.

Tips Membujuk Anak yang Merengek Minta Buka Puasa

Tips Membujuk Anak yang Merengek Minta Buka Puasa

Anak-anak yang merengek minta buka puasa sebelum target berbukanya dicapai memang menjadi tantangan cukup besar untuk bunda. Namun demi mengajarkan si buah hati kedisiplinan maka hal ini perlu anda perhatikan dengan baik.

Mari kita simak tips membujuk anak yang merengek minta buka puasa dibawah ini. Penasaran seperti apa? Inilah dia informasi menariknya untuk anda.

Tanyakan Alasannya Ingin Buka

Pada saat si kecil mulai memelas atau menjadi rewel karena minta berbuka puasa sebelum waktunya. Maka tanyakan dengan perlahan pada si buah hati apa alasannya yang membuat mereka ingin membatalkan puasanya. Ketika bunda melihat si kecil akan kuat menjalankan puasanya untuk beberapa saat maka minta si kecil untuk menahannya.

Hanya saja, bila alasan si kecil rupanya masuk akal atau karena beberapa kondisi terdesak. Maka mungkin bunda perlu menuruti permintaannya. Hal ini untuk menjaga trauma atau kapok untuk berpuasa pada si buah hati.

Alihkan Perhatiannya

Hal lain yang dapat menjadi cara untuk membujuk di buah hati yang merengek minta buka puasa adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Misalkan ajak ia untuk bermain di halaman rumah atau berikan sesuatu yang bisa ia kerjakan dan menghibur untuknya.

Contohnya adalah dengan mengajaknya bermain dengan boneka atau mobil-mobilan bersamanya. Ketika perhatian si kecil teralihkan maka hal ini akan membuat mereka lupa untuk minta berbuka.

Bujuk dengan Hadiah

Terkadang sebuah reward atau hadiah dibutuhkan untuk dapat memotivasi usaha seseorang. Termasuk dalam hal ini adalah si buah hati yang masih kecil dan ikut berpuasa. Anak-anak senang dengan hadiah apalagi jika hadiah tersebut adalah hal yang mereka sukai.

Nah, pada saat si kecil merengek minta berbuka. Maka cobalah bujuk mereka dengan mengiming-imingi hadiah untuknya. Tak perlu barang yang mahal atau berharga fantastis. Cukup dengan memberikan hadiah masakan kesukaannya atau memperbolehkan mereka makan es krim saat berbuka nanti.

Bersikap Tegas

Nah, bila rupanya anda mendapati si buah hati tak mau dibujuk dan dirayu dengan usaha yang sudah dicoba. Mungkin si kecil perlu diberikan tindakan yang tegas. Namun perhatikan kembali tegas bukan berarti keras atau main fisik.

Tegas dalam hal ini adalah dengan memberikan penekanan agar si kecil mengerti. Tujuannya bukan membuat si kecil jera atau takut dengan peringatan orangtua. Namun lebih kepada memahami dan mengerti konsep dari puasa itu sendiri.

Loading...