Tips Memancing Bayi Tertawa Untuk Mendukung Perkembangannya

Tips Memancing Bayi Tertawa – Saat si kecil tertawa, tentu akan membawa kebahagiaan tersendiri untuk yang melihatnya. Selain itu, tawa si kecil juga akan mendukung perkembangannya. Nah, memancing tawa si kecil bisa dilakukan dengan mudah. Adapun tips membuat bayi tertawa untuk mendukung perkembangannya seperti berikut ini.

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 8 Minggu

Tips Memancing Bayi Tertawa

Kapan Tawa Pertama Bayi Muncul?

Tawa pertama si kecil akan muncul biasanya saat memasuki usia 3 hingga 4 bulan. Pemicu tawa si kecil pada periode ini yaitu karena hal yang sederhana, baik yang ia dengar ataupun yang dilihatnya.

Untuk setiap orangtua, melihat tawa si kecil adalah hal yang begitu menyenangkan. Selain itu, saat tertawa si kecil akan merasa nyaman dan terhindar dari stres. Seiring usianya yang semakin bertambah, si kecil akan tertawa saat mendengar ataupun melihat hal yang lucu. Ketika anda memancing si kecil untuk terawa sambil mengajaknya bercanda, si kecil akan mulai belajar, mempunyai selera humor dan mengenal wajah.

Begitu usianya 6 bulan, kemampuan emosionalnya akan berkembang. Ia akan mengenal hal-hal yang membuatnya tertawa. Saat diajak bercanda, si kecil juga akan merasa senang. Setiap anda membuatnya tertawa, maka kemampuan emosional dan kecerdasannya pun akan semakin berkembang.

Bagaimana Tips Memancing Bayi Tertawa?

Memancing agar bayi tertawa sebenarnya mudah. Ada beberapa cara mudah yang bisa anda ikuti seperti berikut ini.

Main Cilukba

Biasanya si kecil akan merasa senang ketika dibuat terkejut. Nah, cara ini bisa dilakukan untuk membuat si kecil tertawa. Anda dapat bermain cilukba bersama si kecil dengan bersembunyi di balik bantal sambil berkata “Cilukba!”.

Meniup Kulit

Cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan meniup kulit si kecil. Anda bisa menempelkan bibir pada tangan, perut ataupun bagian tubuh bayi yang lainnya. Lalu dengan lembut tiup permukaan kulit si kecil. Cara ini akan menggelitik permukaan kulit si kecil sehingga ia akan tertawa dengan geli.

Menggelitik

Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk membuat si kecil tertawa saat usianya 3 hingga 4 bulan. Tawa pertama si kecil akan dipicu oleh stimulasi yang anda berikan. Anda bisa menggelitik tubuh si kecil yang sensitif seperti perut dan telapak kaki.

Menggigit Lembut

Menggigit lembut akan menimbulkan rasa geli. Anda bisa menempelkan bibir di bagian permukaan kulit si kecil. Anda bisa menggigit(pura-pura) dengan lembut, sambil bercanda. Rasa geli, serta ekspresi anda akan membuat si kecil tertawa dengan mudah.

Bermain Ekspresi dan Suara Aneh

Baik suara, maupun ekspresi aneh adalah hal baru untuk si kecil. Ketika anda menunjukan suara maupun ekspresi aneh, si kecil akan menganggapnya sebagai hal lucu. Anda bisa mencoba menjulurkan lidah ataupun bernyanyi dengan suara aneh, dengan begitu si kecil akan lebih mudah tertawa.

Mengejar

Apabila si kecil sudah merangkak, anda dapat membuatnya tertawa dengan mengejarnya. Namun, pastikan anda melakukan hal ini dengan hati-hati agar si kecil tidak terjatuh. Selain itu, anda juga bisa sambil menggoda si kecil sambil berkata “Bunda Tangkap”. Selain membuat si kecil tertawa, dengan cara ini juga sekaligus akan melatih kemampuan si kecil berkomunikasi.

Lihat juga : Stimulasi Multisensorik dan Manfaatnya yang Besar Untuk Bayi

Saat si kecil tertawa, itu lebih dari ekspresinya pada hal lucu. Dengan melakukan berbagai cara agar si kecil tertawa, anda telah membantu dalam mendukung kecerdasan, serta perkembangan emosional si kecil.

 

Loading...