Tips Memberikan Anggur Untuk Bayi yang Penting Diketahui

Tips Memberikan Anggur Untuk Bayi  – Buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah anggur juga manfaatnya bagus untuk si kecil. Beberapa manfaat buah anggur untuk anak di antaranya yaitu sumber antioksidan yang baik, sebagai pencahar alami, membantu melindungi sistem saraf pusat dan lain sebagainya.

Baca juga : Manfaat Anggur Untuk Bayi

Meskipun memiliki manfaat bagus untuk si kecil, namun anda tetap harus memperhatikan pemberian buah anggur pada bayi. Nah, di bawah ini beberapa tips memberikan anggur untuk bayi yang harus anda ketahui.

Tips Memberikan Anggur Untuk Bayi

Tips Memberikan Anggur Untuk Bayi yang Penting Diketahui

Setiap pemberian jenis makanan tertentu pada bayi harus diperhatikan, termasuk buah anggur. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayi tersedak. Simak tips memberikan anggur untuk bayi berikut ini.

Waktu yang Tepat Memberikan Anggur Pada Bayi

Setelah usia si kecil 6 bulan, ia akan mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Berbagai jenis makanan akan dikenalkan pada si kecil, tidak terkecuali buah-buahan. Tentunya dalam memilih jenis makanan untuk buah hati, ada berbagai hal yang akan anda pertimbangkan, termasuk waktu pemberian jenis makanan tersebut.

Anggur termasuk salah satu bahan makanan yang waktu pemberiannya harus anda perhatikan. Meskipun anggur bukan makanan yang dapat memicu alergi, namun jika anda memberikannya dengan cara yang tidak tepat akan membuat si kecil tersedak. Pasalnya si kecil belum dapat mengunyah anggur dan membuang  biji anggur yang dimakannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda mungkin akan memberikan buah anggur yang sudah dipotong dan dikupas. Namun, dengan mengupas kulitnya justru akan membuat manfaat anggur berkurang. Sebab kandungan antioksidan, serta vitamin lainnya pada anggur banyak terkandung pada kulitnya.

Anda bisa memberikan anggur yang sudah dipotong kecil pada anak ketika usia si kecil setidaknya memasuki 10 bulan. Sebelum usianya 10 bulan, anda bisa memberikan buah anggur dalam bentuk bubur.

Hindari Memberikan Anggur Utuh Untuk Bayi

Hal lainnya yang harus anda perhatikan saat memberikan buah anggur pada bayi yaitu cara menyajikannya. Jangan pernah memberikan buah anggur dalam bentuk utuh pada si kecil karena akan dapat menyebabkan bayi tersedak. Buah anggur dalam bentuk utuh akan dapat membuat saluran tenggorokan si kecil tersumbat.

Oleh karena itu, sebagai tips memberikan buah anggur pada si kecil yaitu anda harus melumatkannya terlebih dahulu. Anda juga jangan lupa untuk membuang biji anggur yang anda hancurkan untuk mencegah bayi tersedak.

Perhatikan Kebersihan Anggur

Kebersihan buah anggur yang anda beli di toko buah harus diperhatikan. Pasalnya, buah anggur tersebut kemungkinan masih terkontaminasi oleh kotoran dan pestisida.

Oleh karena itu, sebelum anda memberikan buah anggur untuk si kecil, anda harus mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Pastikan anda mencucinya di bawah air mengalir atau dengan cara merendamnya dalam air. Dengan seperti itu, pestisida atau residu yang menempel akan hilang.

Simpan di Tempat yang Tepat

Setelah membeli buah anggur, pastikan anda langsung menyimpannya pada kulkas. Ini dilakukan agar buah anggur kesegarannya terjaga dan tidak mudah busuk. Namun, pastikan anda tidak memberikan buah anggur pada si kecil langsung setelah anda keluarkan dari kulkas. Anda harus mendiamkannya beberapa saat agar buah anggur tidak terlalu dingin.

Lihat juga : Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Itulah beberapa tips penting memberikan buah anggur pada bayi yang harus anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Sumber : Anggurku.com

Loading...