Tips Buat Anak Mau Buka Puasa di Meja Makan

Tips Buat Anak Mau Buka Puasa di Meja Makan – Tayangan favorit yang hadir selama bulan puasa memang cukup menarik untuk disaksikan. Bukan hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak pun akan senang dengan tayangan ini. Hal ini seringkali membuat kegiatan makan pun ingin dilakukan didepan TV. Lantas bagaimana cara atau tips buat anak mau buka puasa di meja makan? Mari simak informasi menariknya dibawah ini.

Kegiatan buka bersama dengan keluarga akan terasa lebih hangat tatkala semua anggota dapat berkumpul dan bersama-sama hadir di meja makan. Akan tetapi, keberadaan gadget dan tayangan televisi yang menarik. Seringkali membuat beberapa orang sulit untuk bisa diminta berkumpul di meja makan bersama-sama. Terutama si buah hati yang masih balita atau masih kecil.

Tayangan yang menarik perhatian mereka seringkali membuat mereka ingin makan di depan TV atau mungkin ruangan dimana mereka bisa melakukan hobinya. Akan tetapi, bila hal ini dibiarkan begitu saja maka mungkin perlahan hal ini bisa menjadi kebiasaan yang buruk. Baca juga: Tips Agar Si Kecil Semangat Bangun Sahur

Lantas seperti apa tips buat anak mau buka puasa di meja makan dan menumbuhkan kesadarannya? Mari simak informasinya dibawah ini.

Tips Buat Anak Mau Buka Puasa di Meja Makan

Tips Buat Anak Mau Buka Puasa di Meja Makan

Seiring dengan perkembangan zaman dan adanya tekhnologi yang semakin canggih. Ditambah dengan program tayangan yang menarik perhatian anak-anak. Terkadang kondisi ini membuat mereka mengabaikan makan atau berbuka puasa di meja makan.

Masalah ini mungkin terlihat sepele. Akan tetapi, bila dibiarkan begitu saja maka mungkin kondisi ini akan menjadi kebiasaan buruk. Hal ini bukan tidak mungkin akan membuat si kecil mengabaikan kebersamaan didalam keluarga nantinya.

Temukan Waktu yang Tepat

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam menumbuhkan kesadaran si kecil untuk dapat bersedia makan di meja makan terutama saat berbuka puasa adalah menemukan waktu yang tepat. Misalkan pada saat iklan atau meminta semuanya termasuk ayah dan kakak agar menghentikan menonton atau melakukan kegiatannya terlebih dahulu.

Anak-anak adalah peniru, ketika ia mendapati semua orang berada di tempat yang sama. Maka hal ini akan cenderung membuat mereka mengikutinya dengan perlahan.

Sajikan Makanan Kesukaan

Terkadang si kecil yang bersikap acuh bisa saja dipengaruhi karena hidangan makanan yang kurang mereka sukai. Sehingga pada saat waktunya makan mereka lebih memilih mengalihkan perhatiannya pada hal-hal yang lebih menarik.

Untuk mengatasi kondisi ini maka mungkin ibu perlu berdiskusi dengan si buah hati. Tanyakan padanya makanan apa yang mereka inginkan. Ketika sudah ditemukan keputusannya, minta mereka untuk makan bersama-sama di meja makan.

Buat Suasana Berbuka Menjadi Menyenangkan

Terkadang berada disatu tempat yang sama dengan orang yang sama yang mereka jumpai setiap hari bisa membuat mereka bosan. Apalagi saat kegiatan makan hanya menjadi kebiasaan yang membosankan. Hal ini yang mungkin membuat mereka malas makan di meja makan.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini maka buatlah suasana yang menyenangkan saat makan atau berbuka puasa. Seperti misalkan menanyakan kegiatan si kecil, menanyakan keluhan puasanya. Atau hal lainnya yang akan membuat minatnya tertarik pada waktu ini.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari tips buat anak mau buka puasa di meja makan. Semoga dengan menyimak beberapa hal diatas akan dapat membantu bunda membujuk si buah hati untuk buka bersama di meja makan.

Loading...