Tips Atasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan

Tips Atasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan – Liburan yang seharusnya menjadi momen yang menyenangkan, tiba-tiba berubah menjadi panik dan tak karuan ketika si kecil sakit. Ya, pilek memang menjadi salah satu ancaman penyakit paling umum yang mudah menyerang si buah hati. Lantas bagaimana caranya mengatasi pilek pada si kecil saat sedang liburan? Di bawah ini kita kupas lebih dalam informasinya.

Pilek adalah sebuah kondisi adanya infeksi ringan yang menyerang bagian hidung, saluran sinus, tenggorokan dan pernapasan bagian atas. Pilek di picu sebab adanya serangan virus atau dikarenakan kondisi cuaca yang ekstrim. Keluhan kesehatan ini dapat menyerang siapa saja dalam segala usia, termasuk bayi sekalipun.

Tips Atasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan

Ketika menyerang orang dewasa mungkin kita tidak akan terlalu panik sebab pilek adalah kondisi keluhan kesehatan yang ringan dan dengan minum obat serta istirahat yang cukup maka kondisi ini akan kembali membaik dengan sendirinya.

Akan tetapi, lain halnya dengan pilek yang menyerang bayi. Ketidakmampuan mereka untuk menahan sebuah kondisi yang ringan untuk orang dewasa membuat anak-anak mudah rewel dan menjadi tak karuan saat terserang dengan pilek. Tubuh mereka akan lemas dan keceriaannya bermain menjadi hilang seketika. Baca juga: Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Apalagi ketika ibu membawa serta di buah hati berlibur dan pada waktu bersamaan serangan pilek menghampiri si buah hati. Sudah bisa diprediksi jika rencana liburan kali ini akan tentu berantakan.

Tips Atasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan

Lantas bagaimana mengatasi permasalahan ini? Adakah tips mengatasi pilek pada bayi saat liburan? Jawabannya bisa anda cari tahu di bawah ini. Penasaran seperti apa? Yuk, simak secara langsung informasinya di bawah ini.

Gunakan Obat Gosok

Ketika ibu mendapati si kecil mulai rewel dan saluran hidungnya tersumbat maka jangan dulu panik. Meski anda kasihan dengan kondisinya yang kesulitan sewaktu bernapas namun jangan lantas menjadikan hal ini sebagai penghalang untuk tetap sadar dan bantu kondisi si kecil agar lebih baik.

Ketika di tempat liburan dan mendapati si kecil mulai menunjukkan gejala pilek maka minta bantuan seseorang untuk membelikan anda obat gosok yang aman untuk bayi.

Penggunaan obat gosok akan tentu lebih mudah diberikan pada bayi sebab pemberian obat-obatan akan tentu sulit pada bayi. Apalagi usia mereka masihlah sangat rentan maka tentu pemberian obat tanpa resep dokter akan juga beresiko.

Silahkan oleskan obat gosok di area dada dan perutnya dengan merata. Bila perlu buka sedikit bajunya dan biarkan si kecil menghirup aroma terapi dari obat gosok yang di aplikasikan ke dadanya. Hanya saja, perhatikan penggunaan produk obat gosok yang anda berikan pada si kecil.

Sebaiknya, gunakan produk dengan kandungan minyak atsiri sebab bahan ini akan dapat bekerja untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan termasuk dengan pilek.

Biarkan Ia Beristirahat

Meski rencana liburan adalah segalanya tentang bermain dan ceria akan tetapi anda tidak bisa memaksakan ketika kondisi si kecil sedang drop seperti ini. Jangan paksakan si kecil untuk bermain karena kondisi ini akan tentu dapat memperparah pilek yang dialaminya. Segera bawa ia dan biarkan dirinya beristirahat.

Tidur yang cukup setelah di berikan minyak gosok dan pereda pilek lainnya akan membantu proses penyembuhan dengan lebih cepat. Atau setidaknya, gejala pilek yang dirasakan oleh si buah hati akan dapat berangsur lebih ringan dibandingkan dengan sebelumnya.

Gendong dan tenangkan si buah hati setelah anda memberikannya obat pereda pilek. Biarkan ia tertidur dan pastikan ia mendapatkan istirahat yang cukup sebelum anda memutuskan untuk pulang ke rumah.

Karena tentu perjalanan pulang akan membuat tubuh si kecil kelelahan apalagi jika anda menggunakan kendaraan dan menempuh perjalanan yang jauh.

Ganjal dengan Bantal Tinggi Saat Tidur

Agar di kecil dapat bernapas dengan lega sewaktu di tidurkan maka ibu dapat membantunya dengan meletakkan bantal tambahan. Cara ini akan dapat memposisikan bagian kepala bayi berapa lebih atas daripada tubuhnya.

Dengan begini maka anda tidak akan perlu khawatir jika hidung tersumbat membuat pernapasannya terganggu. Setidaknya, si kecil akan tetap dapat bernapas dengan lega dan membantu tidurnya lebih nyenyak.

Cukupi Kebutuhan Cairannya

Apabila si kecil sudah berusia 6 bulan atau lebih maka penanganan pilek di tempat liburan untuk bayi adalah dengan memberikan mereka ASI.

Kebutuhan cairan yang berkurang dalam tubuh bayi akan membuat tubuh si kecil rentan terkena masalah. Selain itu, asupan cairan dapat sekaligus menjadi detoks yang baik untuk mengeluarkan virus penyebab pilek dari dalam tubuhnya.

Maka dari itu, jangan terburu panik ketika mendapati si kecil mulai bersin-bersin dan hidungnya berair. Daripada ibu dan ayah panik kemudian berencana untuk membawanya pulang dengan segera. Alangkah baiknya, lakukan terlebih dahulu penanganan yang satu ini sehingga ia merasa lebih baik.

Kenakan Pakaian yang Hangat

Pilek dan udara yang dingin bukanlah solusi yang baik sebab dua hal ini akan dapat memperparah gejala yang dirasakan. Maka dari itu, ketika bunda mendapati si buah hati mulai bersin-bersin maka segeralah kenakan pakaian yang hangat siapa tahu penyebab si kecil pilek selain daripada virus adalah karena cuaca yang ekstrim.

Dengan begini maka si kecil akan sedikit terlindungi dan kemungkinan buruk dari kondisi ini akan dapat anda hindari. Pastikan ibu memberikannya pakaian hangat atau lapisi dengan selimut agar si kecil merasa lebih nyaman dan tenang.

Berikan Tepukan Lembut di Punggungnya

Tepukan lembut yang ibu berikan pada bagian punggung bayi bukan hanya bermanfaat untuk memberikan kenyamanan dan menenangkan dirinya yang sedang terkena pilek.

Akan tetapi, hal ini pun akan tentu membantu lendir yang tersumbat keluar dari dalam hidung. Selain itu, dengan cara ini si kecil pun akan lebih mudah batuk apabila pilek disertai dengan batuk berdahak.

Adapun cara yang akan dapat ibu lakukan adalah dengan terlebih dahulu membaringkan si kecil di atas paha ibu dengan posisi tengkurap. Kemudian berikan tepukan yang lembut dan perlahan pada bagian punggungnya.

Bila si kecil sudah lebih dari satu tahun maka ibu akan dapat membantu menepuk bagian punggung dengan posisi si kecil sedang duduk.

Menyedot Ingus Si Kecil

Cara lain untuk mengatasi pilek pada si kecil saat berlibur adalah dengan mengeluarkan ingusnya. Hal ini dikarenakan bayi pada umumnya belum mampu meniup ingus dan mengeluarkannya sendiri.

Jadi demikian, ibu perlu membantunya melakukan hal ini. Namun terlebih dahulu, lakukan pemantauan dengan siaga dan ketika ingus si kecil mulai penuh maka bantu ia mengeluarkannya.

Saat ini sudah ada banyak alat yang mudah untuk mengeluarkan ingus si buah hati. Alat ini dapat digunakan dengan memencet bagian yang mengembang pada alat kemudian masukkan pipet ke lubang hidung si kecil dan lepaskan bagian mengembang tersebut. Nantinya ingus akan tersedot dengan perlahan pada alat tersebut.

Loading...