Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Bunda Sahur

Diposting pada

Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Bunda Sahur – Memiliki bayi atau balita yang masih kecil dirumah tentu membuat anda sedikit kerepotan dalam mengurusnya. Apalagi untuk bunda yang masih memberikan ASI dan ikut menjalankan ibadah puasa. Bayi yang masih kecil akan cenderung rewel dan menangis ketika ditinggalkan untuk bangun sahur. Hal ini bisa jadi membuat anda kerepotan saat harus memasak dan menjalankan ibadah sahur. Namun tak perlu khawatir beberapa tips agar si kecil tidak rewel saat bunda sahur akan dapat anda simak dengan baik. 

Meski masih dalam kegiatan mengurus bayi baru lahir atau pada tahapan menyusui. Tak sedikit bunda yang memutuskan untuk mengikuti ibadah puasa. Apalagi kesehatan dan vitalitas tubuh yang terjaga dengan baik seolah mendukung kegiatan puasa untuk dapat dijalankan dengan baik.

Sayangnya, meski tubuh sudah mampu berkompromi dengan ibadah wajib yang akan anda jalankan. Namun si kecil yang masih begitu polos akan sulit untuk diajak bekerja sama. Terkadang pada saat menjelang waktu sahur si kecil akan sulit untuk ditinggalkan.

Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Bunda Sahur

Hal ini pun membuat bunda sulit beranjak dari tempat tidur. Jangankan untuk bisa menyiapkan makan sahur untuk sang suami dan keluarga. Makan saja akan rasanya sulit untuk bunda. Nah, menghadapi masalah seperti ini, bunda sepertinya akan butuh penyelesaian yang baik. Mari simak tips agar si kecil tidak rewel saat bunda sahur.

Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Bunda Sahur

Mensiasati waktu sahur agar si kecil tetap tenang pada waktu ini akan membantu bunda untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Ketika bunda mendapatkan waktu makan sahur dengan tenang maka kegiatan menyantap makanan pun akan terasa lebih nikmat.

Berikut ini adalah tips agar si kecil tidak rewel saat bunda sahur. Ingin tahu seperti apa? Maka mari kita simak secara langsung informasinya dibawah ini.

Pastikan Si Kecil Mendapatkan ASI

Anak-anak yang masih kecil atau masih bayi akan cenderung menangis ketika kebutuhannya belum terpenuhi dengan baik. Dalam hal ini ASI adalah hal utama yang akan membuat mereka mudah merengek saat bunda tidak mampu memahami kebutuhannya.

Nah, demi menjaga waktu sahur bunda terasa lebih tenang tanpa rengekan si kecil. Maka sebelumnya pastikan si buah hati mendapatkan asupan ASI yang cukup dan perutnya terasa kenyang. Dengan begini maka mereka akan bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Bangun dengan Perlahan

Jangan terburu untuk bangun pada saat bunda menyadari bahwa sudah waktunya untuk makan sahur. Hal ini malah akan membuat si kecil merasa kaget dengan kondisi ini. Bangunlah dengan perlahan dan pastikan si kecil tidak menyadarinya.

Jika bunda khawatir bangun sahur kesiangan maka pasang alarm di Hp. Namun dengan nada yang tidak memekik telinga. Atau minta pasangan untuk membangunkan anda dengan perlahan. Ketika si kecil merasa tenang maka anda akan dapat perlahan beranjak dari tempat tidur.

Pasang Guling Atau Bantal di Sekitarnya

Bayi yang masih kecil pada umumnya tidak akan terlalu sensitif pada saat mendapati ibunya tidak ada disamping mereka. Jadi demikian, untuk bayi baru lahir bisanya ibu akan dapat beranjak kapan saja tanpa membuat si kecil menangis karena ditinggalkan. Biasanya mereka akan menangis ketika sudah beranjak balita dan mulai mengenali ibunya.

Nah, ketika kondisi ini terjadi dan si kecil sulit untuk ditinggalkan. Maka buat strategi agar si kecil tetap merasa anda berada disampingnya meski anda beranjak untuk makan sahur. Salah satunya adalah dengan mengitari kasurnya dengan bantal atau guling. Hal ini dilakukan agar seolah si kecil merasa ibu mereka ada disampingnya.

Jangan Buat Suara yang Terlalu Gaduh

Kegiatan memasak dan menyiapkan makanan sahur bisa dilakukan dengan perlahan tanpa membuat seisi rumah terdengar gaduh. Terutama untuk si kecil yang masih balita dan telinganya masih begitu sensitif.

Suara gaduh pada dini hari akan mungkin membuat si kecil tidak tidur dengan nyaman. Akibatnya ketika waktu tidurnya terganggu. Maka hal ini akan membuat mereka rewel dan tidak mau lepas dari orangtuanya.

Loading...