Tidak Perlu Marah-Marah, Begini Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Setiap orang tua akan berusaha untuk mencukupi kebutuhan gizi anaknya. Orang tua akan memberikan anak-anak sayuran karena mengandung mineral, vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Hanya saja, tidak sedikit anak yang menolak makan sayur. Nah, daripada anda marah-marah menyuruh si kecil makan sayur, lebih baik ikuti beberapa tips ini agar anak mau makan sayur.

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Ketika anak dimarahi atau dipaksa agar mau makan sayur, justru ia akan semakin berontak dan tidak mau memakan sayuran. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba tips ini untuk membiasakan anak mau makan sayur.

Baca juga : Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

Mengajak Si Kecil Memilih dan Mengolah Sayuran

Tips pertama yang bisa anda lakukan agar si kecil mau makan sayur yaitu mengikutsertakan ia untuk memilih dan mengolah sayuran. Biarkan si kecil memilih sayuran yang membuatnya tertarik ketika anda mengajaknya berbelanja. Kemudian saat mengolah sayuran tersebut, anda bisa meminta bantuan si kecil untuk mencuci sayuran dan libatkan juga ia saat anda memasaknya. Dengan begitu si kecil akan merasa bangga mengonsumsi sayuran yang telah ia pilih dan diolah sendiri.

Kombinasikan Sayuran dengan Makanan Kesukaan Si Kecil

Selain itu, tips lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkombinasikan sayuran bersama makanan kesukaan si kecil. Anak biasanya tidak suka sayur karena rasanya yang hambar atau pahit. Akan tetapi jika dipadukan dengan makanan kesukaannya, sayuran akan terasa lebih enak dan mungkin si kecil akan menyukainya.

Untuk anak yang usianya masih balita, anda bisa memberikan si kecil bubur dengan campuran sayur, serta bahan yang lainnya misalkan daging ayam, keju dan lain sebagainya supaya rasanya lebih nikmat.

Membuat Bentuk yang Menarik

Biasanya si kecil akan tertarik dengan bentuk-bentuk yang unik. Nah, anda bisa berkreasi dengan sayuran yang akan diberikan pada si kecil. Anda bisa membuat bentuk hewan kesukaan si kecil di atas nasi dengan tambahan potongan sayuran. Selain itu, anda juga bisa memotong sayuran seperti wortel atau kentang dengan menggunakan cetakan bentuk lucu.

Memberikan Contoh

Si kecil tentu tidak mau memakan sayur jika orangtuanya juga tidak makan sayuran. Oleh karena itu, agar si kecil mau makan sayur anda harus menjadi contoh yang baik untuknya. Jika ingin si kecil terbiasa mengonsumsi sayuran, anda juga harus terbiasa mengonsumsinya. Kemudian anda bisa memberikan contoh pada si kecil.

Mengajak Temannya Untuk Makan Bersama

Tips ini juga bisa anda coba agar si kecil mau makan sayur. Anda bisa mengajak teman-temannya untuk makan bersama. Si kecil akan menjadi termotivasi saat melihat teman-temannya mengonsumsi sayuran.

Puji Si Kecil Jika Sudah Makan Sayur

Memuji si kecil ketika ia mau makan sayur dapat anda lakukan sebagai bentuk penghargaan dan memberikan semangat pada anak. Hindari memberikan hadiah berupa makanan tidak sehat untuk anak karena ia sudah mau makan sayur. Misalkan menyuruh si kecil makan sayur dengan imbalan memberikan makanan kurang sehat untuk anak. Karena ke depannya si kecil mungkin akan tetap memilih makanan yang tidak sehat.

Mencoba Terus

Apabila si kecil saat ini tidak mau mengonsumsi sayuran tertentu, belum tentu seterusnya ia tidak menyukai sayuran tersebut. Sebelum mulai menyukai makanan, si kecil mungkin perlu mencobanya beberapa kali. Oleh karena itu, anda bisa mencoba memberikan lagi sayuran tersebut di lain waktu. Namun, anda harus memberikannya dalam porsi kecil terlebih dahulu.

Lihat juga : Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Nah, itulah beberapa tips agar anak mau makan sayur yang bisa anda coba. Tidak perlu marah-marah bund, karena anda bisa mencobanya dengan cara di atas. Semoga bermanfaat.

Loading...