Sumber Protein Hewani Untuk MPASI Bayi yang Terbaik

Sumber Protein Hewani Untuk MPASI Bayi – MPASI atau makanan pendamping ASI akan dikenalkan pada si kecil saat usianya 6 bulan. Sebagai orangtua anda tentu ingin memberikan makanan yang terbaik untuk si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya, tidak terkecuali protein hewani.

Protein hewani pada MPASI mempunyai manfaat yang banyak untuk tumbuh kembang anak. Ada beberapa sumber protein hewani terbaik untuk MPASI, di antaranya seperti berikut ini.

Sumber Protein Hewani Untuk MPASI Bayi

Baca juga : Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

Sumber Protein Hewani Untuk MPASI Bayi yang Terbaik

Beberapa manfaat protein hewani untuk anak yaitu membangun tulang dan otot, serta mendukung perkembangan otak anak. Yuk cari tahu apa saja sumber protein hewani terbaik untuk anak di bawah ini.

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan rendah lemak yang baik dimasukan ke dalam menu makan si kecil. Pada ikan terkandung kaya asam lemak omega-3, yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan jantung, serta untuk perkembangan otak si kecil.

Meskipun menjadi salah satu sumber protein terbaik untuk MPASI, namun pemberian ikan itu sendiri harus anda perhatikan. Hindari memberikan ikan dengan kandungan tinggi merkuri. Adapun beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi merkuri di antaranya yaitu ikan marlin, ikan tuna atau ikan todak. Tingginya kandungan merkuri pada ikan akan membuat sistem saraf si kecil yang sedang berkembang menjadi terganggu. Anda sebaiknya memilih jenis ikan seperti kod, salmon, sarden atau trout yang berukuran kecil, serta cenderung rendah akan merkuri.

Selain itu, sebelum memberikan ikan atau mengolah ikan untuk MPASI buah hati, pastikan bagian tulangnya semua sudah dibuang, serta ikan sudah dimasak hingga matang sempurna. Anda bisa menyajikan ikan untuk si kecil dengan cara menghaluskan atau bisa juga dipotong menjadi beberapa bagian.

Daging

Selain ikan, sumber protein hewani lainnya yang bagus untuk MPASI si kecil yaitu daging. Daging ayam atau daging sapi adalah sumber protein hewani yang baik untuk si kecil. Pada daging sapi terkandung banyak zat besi, protein dan zinc yang memiliki manfaat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Selain itu, dengan mengonsumsi  daging sapi akan dapat mengurangi risiko stunting pada si kecil.  Pada daging ayam terkandung protein yang banyak, serta vitamin B6 yang bermanfaat bagi tubuh untuk menghasilkan energi.

Sebagai langkah memperkenalkan daging ayam atau daging sapi pada si kecil, anda bisa menggiling daging sampai halus, kemudian dimasak hingga benar-benar matang. Setelah matang, anda bisa menyajikan daging dengan aneka sayuran seperti brokoli ataupun bayam.

Telur

Telur juga menjadi sumber protein terbaik untuk MPASI anak. Bahan makanan yang satu ini mudah didapatkan dan diolah. Pada telur tersedia nutrisi penting lebih dari 50 persen yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Telur kaya akan kandungan kolin, vitamin B12 dan betaine yang baik untuk perkembangan otak buah hati. Telur juga menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah stunting pada si kecil. Anda bisa menyajikan telur sebagai makanan utama ataupun cemilan bagi buah hati dengan cara direbus, digoreng atau diolah dengan cara dicampur dengan masakan lainnya.

Tahap pemberian MPASI terkadang menjadi tantangan untuk para ibu. Saat telah menyajikan menu MPASI, si kecil menolak dan tidak ingin memakan makanan yang sudah anda buat. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya hindari memaksa si kecil untuk menghabiskan makanannya karena akan membuat si kecil malas makan.

Nah, agar si kecil tidak mudah bosan, anda bisa mengganti sumber protein dalam setiap harinya. Anda juga sebaiknya jangan lelah untuk mengenalkan jenis makanan baru untuk anak.

Loading...