Sayuran Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar & Berkualitas

Sayuran Untuk Ibu Menyusui – Selama hamil anda dituntut untuk mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi. Menerapkan pola makan sehat juga harus berlanjut meskipun anda telah melahirkan. Setelah melahirkan kebutuhan nutrisi anda semakin besar, selain untuk diri sendiri anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Penting untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi agar produksi ASI menjadi lancar dan ASI yang dihasilkan berkualitas.

Agar produksi ASI lancar, diketahui beberapa sumber makanan dapat membantu, salah satunya sayuran. Nah, beberapa pilihan sayuran untuk ibu menyusui ini dapat membantu anda melancarkan produksi ASI. ( Lihat juga : Ciri-Ciri Bayi Kurang ASI )

Sayuran untuk ibu menyusui

Sayuran Untuk Ibu Menyusui

Selama ini, sayuran yang anda tahu dapat melancarkan ASI mungkin hanya daun katuk saja. Namun, sebenarnya banyak jenis sayuran yang dapat melancarkan produksi ASI, beberapa di antaranya berikut ini:

Bawang Putih

Bawang putih biasanya digunakan sebagai bahan untuk menambah cita rasa dari masakan. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang menjadi sumber galactagogue, yang merupakan senyawa yang dapat melancarkan ASI.

Hanya saja, banyak orang berpendapat bahwa konsumsi bawang putih dapat mempengaruhi ASI karena baunya. Namun, faktanya makanan yang ibu konsumsi tidak akan mempengaruhi rasa ASI.

Bayam

Apabila setelah melahirkan anda mengalami perdarahan, maka mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat menjadi solusi yang tepat. Salah satu makanan sumber zat besi yaitu bayam. Bayam diketahui baik untuk menambah kadar zat besi dalam tubuh karena mengandung zat besi yang tinggi.

Selain itu, sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap, salah satunya bayam kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, kalsium dan vitamin C yang bagus untuk ibu dan bayi. Antioksidan yang terkandung dalam bayam diketahui rendah kalori, sehingga membantu menyehatkan jantung. Bahkan kandungan fitoestrogen yang terkandung dalam bayam memiliki pengaruh baik untuk melancarkan ASI.

Brokoli

Selain bayam, salah satu sayuran berwarna hijau gelap lainnya yaitu brokoli. Sayuran brokoli diketahui mampu melancarkan produksi ASI, karena dalam brokoli mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi dan mangan.

Selain itu, asam folat yang terkandung dalam brokoli memiliki manfaat baik untuk perkembangan otak si kecil, serta sumsum tulang belakang. Fitoestrogen yang terkandung dalam brokoli tidak kalah baik untuk produksi ASI.

Wortel

Wortel memiliki warna yang cantik. Sayuran ini sering diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan sehat. Wortel terkenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, sayuran ini kaya akan kandungan vitamin B1, vitamin A, kalium, serta vitamin K.

Wortel mengandung antioksidan alami, yakni beta karoten yang dibutuhkan selama menyusui. Agar produksi ASI lancar, serta berkualitas anda dapat memasukan wortel ke dalam menu harian anda.

Daun Katuk

Khasiat daun katuk untuk produksi ASI memang sudah terkenal baik. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak daun katuk yang diberikan pada ibu menyusui mampu memperbanyak dan melancarkan produksi ASI, dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak mendapatkannya. ( Baca juga : Daun Katuk Dapat Memperbanyak ASI )

Selain dapat meningkatkan produksi susu, nutrisi penting yang terkandung dalam daun katuk seperti vitamin B, vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium dan lain sebainya.

Selama menyusui, penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Selain menyehatkan tubuh ibu, mengonsumsi makanan sehat juga baik untuk si kecil agar mendapatkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Itulah beberapa sayuran untuk ibu menyusui agar ASI lancar dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Loading...