Resep MPASI Labu Kuning dan Manfaatnya Untuk Bayi

Labu kuning mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk bayi. Anda dapat membuat labu kuning sebagai MPASI bayi. Ketahui resep MPASI labu kuning dan manfaatnya untuk bayi.

MPASI atau makanan pendamping ASI dikenalkan pada bayi saat usia bayi 6 bulan. Saat usia 6 bulan, bayi membutuhkan pelengkap nutrisi dan gizi untuk menunjang tumbuh kembangnya yang bisa ia dapatkan dari makanan pendamping.

Makanan bayi tentunya berbeda dengan makanan orang dewasa. Jenis, rasa dan tekstur makanan bayi harus benar-benar diperhatikan karena mengingat sistem pencernaan bayi masih belum sempurna.
Makanan sehat akan membantu menunjang tumbuh kembang bayi. Banyak pilihan bahan makanan sehat yang dapat diolah menjadi makanan pendamping untuk bayi, dimana salah satunya yaitu labu kuning.

Resep MPASI Labu Kuning

Labu kuning itu sendiri dapat diolah menjadi berbagai hidangan makanan. Selain dapat dikonsumsi orang dewasa, ternyata labu kuning juga baik dikonsumsi oleh bayi karena terkenal kandungan gizinya yang bermanfaat untuk bayi. Labu kuning umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuk bulat, pipih, panjang atau bahkan lonjong tergantung varietasnya. Labu kuning yang masih muda sebagian besar berwarna hijau. Sedangkan untuk labu kuning yang berwarna tua memiliki warna kuning yang pucat.

Warna kuning yang terdapat pada daging labu kuning ini menandakan adanya kandungan karotenoid yang tinggi. Dimana kandungan karotenoid yang terdapat dalam labu kuning untuk bayi umumnya berbentuk betakaroten.

Labu kuning untuk bayi memiliki banyak manfaat. Kandungan nutrisinya dapat membantu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Selain itu, cara mengolah labu kuning untuk bayi itu sendiri sangatlah mudah. Anda dapat membuatnya tergantung selera si kecil.

Berikut ini beberapa nutrisi labu kuning dan manfaatnya untuk bayi yang harus anda ketahui agar anda tidak lagi ragu memberikan olahan MPASI berbahan dasar labu kuning.

Nutrisi dan Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi

Vitamin A & Betakaroten

Betakaroten merupakan pigmen yang berwarna orange atau kuning, yang mana apabila dicerna oleh tubuh bayi akan berubah menjadi vitamin A. Dimana fungsi betakaroten dan vitamin A itu sendiri yaitu untuk kesehatan mata dan kulit, membantu reproduksi dan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Selain itu, kandungan zat gizi yang terdapat pada labu kuning pun bermanfaat sebagai antioksidan, dan dapat mengurangi risiko terjadinya kanker serta penyakit jantung di kemudian hari.

Zat Besi

Zat besi dibutuhkan tubuh bayi untuk proses pembentukan darah, terutama hemoglobin. Karena seperti itu, anda dapat memberikan olahan labu kuning karena zat besi yang terdapat di dalamnya sangat baik dan bermanfaat untuk bayi anda.

Vitamin C

Di dalam labu kuning terkandung vitamin C. Dimana vitamin C itu sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat larut dalam air yang sangat dibutuhkan oleh si kecil untuk metabolisme tubuhnya. selain itu, vitamin C juga memiliki peran untuk kekebalan tubuh dan antioksidan si kecil.

Kalium

Kalium berperan untuk menunjang proses metabolisme tubuh agar lancar. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh.

Resep MPASI Labu Kuning Untuk Bayi

Bubur Labu Kuning

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram labu kuning
  • 300 ml kaldu ayam
  • 100 bayam hijau
  • 50 gram tahu putih

Cara Membuat MPASI Labu Kuning

  1. Pertama langkah yang harus anda lakukan yaitu mencuci bayam yang sudah disiapkan sampai benar-benar bersih. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu, kemudian iris-iris.
  2. Potong-potong tahu putih.
  3. Bersihkan labu kuning.
  4. Rebus labu kuning bersama dengan bayam menggunakan air kaldu. Rebus bahan-bahan sampai matang atau empuk.
  5. Setelah itu, tambahkan potongan tahu. Lalu masak kembali hingga kaldu mendidih. Jika sudah mendidih, anda dapat langsung mematikan kompor dan mengangkatnya.
  6. Tiriskan semua bahan-bahan. Kemudian, haluskan dengan menggunakan blender. Jika sudah, anda dapat langsung menyajikannya untuk si kecil.

Puree Labu Kuning

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram labu kuning
  • ASI atau susu formula secukupnya

Cara Membuat Puree Labu Kuning

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mencuci labu kuning terlebih dahulu.
  2. Kemudian, siapkan panci berisi air dan didihkan air tersebut. Jika air sudah mendidih, anda dapat memasukan potongan labu kuning dan rebus hingga matang dan empuk. Jika sudah matang dan empuk, anda dapat mengangkat dan meniriskannya.
  3. Saring labu hingga benar-benar lembut. Kemudian, tambahkan ASI atau susu formula yang sudah anda siapkan. Aduk-aduk sampai rata. Jika sudah, anda dapat segera menyajikannya.

Puree Labu Kuning Campur Tempe dan Daging

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram labu kuning
  • 20 gram tempe
  • 30 gram daging ayam
  • 1 sendok teh keju parut
  • ASI secukupnya

Cara Membuat Puree

  1. Langkah pertama, kupas labu kuning yang sudah anda siapkan. Kemudian cuci sampai bersih dan potong dadu.
  2. Buang lemak daging ayam. Cuci sampai bersih dan potong dadu.
  3. Potong dadu tempe.
  4. Rebus daging ayam yang sudah anda siapkan sampai setengah matang. Kemudian tambahkan tempe dan labu kuning. Lalu masak kembali sampai matang.
  5. Tambahkan susu dan keju.
  6. Lalu blender sampai halus. Kemudian anda dapat langsung menyajikannya untuk si kecil.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *