Resep Ikan Tuna Untuk MPASI Bayi

Diposting pada

Resep Ikan Tuna Untuk MPASI Bayi – Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang baik untuk MPASI bayi.

Anda dapat membuat MPASI atau makanan pendamping ASI berbahan dasar ikan tuna sendiri di rumah dengan mudah. MPASI dikenalkan pada bayi saat usia bayi 6 bulan. Karena bayi belum terbiasa dengan makanan padat, maka pengenalan makanan pada bayi harus dilakukan dengan teliti dah hati-hati. Setiap bayi memiliki kondisi berbeda-beda, begitupun ketika ia mendapatkan makanan pendamping untuk pertama kalinya. Beberapa bayi justru dapat menerima langsung makanan dengan rasa dan tekstur baru, namun ada pula bayi yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi sehingga sering kali ia menolak makanan yang diberikan.

Karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna, untuk itu bahan makanan yang digunakan untuk mengolah MPASI bayi harus benar-benar diperhatikan. Pemilihan bahan makanan harus diperhatikan, baik dari kebersihan, jenis, tekstur dan rasa.

Resep ikan tuna untuk MPASI bayi

Tidak semua bahan makanan dapat diberikan pada bayi. Beberapa bahan makanan justru dapat menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Beberapa makanan yang dimaksud di antaranya yaitu susu, kacang-kacangan dan ikan. Sebagai langkah mengurangi resiko alergi pada bayi, maka kapan ikan dapat dikenalkan pada bayi?

Meskipun ikan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi tidak semua anak dapat diberi menu makanan ikan langsung karena beberapa anak memiliki alergi. Penting membuat catatan menu makanan sebagai langkah mengidentifikasi kemungkinan alergi pada anak anda.

Jika anak anda tidak memiliki riwayat alergi, maka pemberian makanan pendamping berbahan ikan dapat anda lanjutkan. Ikan dapat diberikan saat pemberian makanan padat pertama pada bayi. Beberapa jenis ikan yang dapat dikenalkan di antaranya yaitu ikan air tawar dan beberapa ikan laut seperti ikan sarden, ikan salmon dan ikan tuna karena memiliki kandungan merkuri yang rendah. Berbeda halnya dengan seafood seperti cumi-cumi, udang dan kerang yang dapat anda kenalkan ketika anak anda sudah berusia 1 tahun.

Ikan adalah nutrisi penting, yang mana kandungan gizi dalam ikan dapat membantu perkembangan otak si kecil sehingga menjadi lebih optimal. Ikan mampu mempertajam penglihatan, bahkan berdasarkan penelitian ikan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Salah satu ikan yang baik diberikan pada bayi seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu ikan tuna. Anda dapat membuat ikan tuna untuk MPASI bayi dengan mudah di rumah. Berikut ini resep ikan tuna untuk MPASI bayi.

Resep Ikan Tuna Untuk MPASI Bayi

Tim Saring Tuna

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 25 gram ikan tuna
  • 625 ml air
  • 50 gram labu siam
  • 1 sendok teh mentega
  • Tomat
  • Tempe

Cara Membuat Tim Saring Ikan Tuna

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu membersihkan ikan tuna yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Jika ikan tuna sudah bersih, anda daat memotong-motongnya membentuk dadu.
    Kemudian, potong labu siam, tempe dan tomat yang sudah dicuci. Sisihkan.
  2. Cuci beras yang sudah anda siapkan. Kemudian rebus bersama dengan air, ikan tuna dan tempe hingga menjadi bubur. Jika sudah seperti itu masukan tomat dan labu siam sampai matang.
  3. Tambahkan mentega yang sudah anda siapkan. Kemudian aduk-aduk sampai merata.
  4. Tunggu beberapa menit hingga nasi tim dingin. Kemudian, anda dapat menghaluskannya dengan menggunakan blender.

Tim Beras Merah Tuna

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 600 ml air
  • 20 gram beras merah
  • 25 gram buncis
  • 25 gram ikan tuna
  • 25gram wortel

Cara Membuat Tims Beras Merah Tuna

  1. Pertama, cuci beras merah yang sudah anda siapkan dengan menggunakan air mengalir.
  2. Kemudian, bersihkan ikan tuna dan potong kecil-kecil.
  3. Ambil wortel yang sudah anda siapkan, kemudian kupas kulitnya dan iris tipis.
  4. Siangi buncis dan bersihkan.
  5. Bersihkan tomat, kemudian cincang tomat sampai halus.
  6. Rebus beras merah yang sudah anda bersihkan tadi hingga menjadi bubur dan masukan bahan bahan yang lainnya. Masak hingga semua bahan bahan matang. Jika sudah matang, anda dapat menyajikannya untuk si kecil.

Tim Ikan Tuna Tahu

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram tahu
  • 50 gram fillet ikan tuna
  • 2 liter kaldu daging
  • 20 gram beras
  • 50 gram wortel
  • 1 sendok makan jeruk nipis
  • 50 gram kebang kol

Cara Membuat Nasi Tim Ikan Tuna Tahu

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu, melumuri ikan tuna yang sudah anda siapkan dengan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 3 menit. Jika sudah, anda dapat mencucinya hingga bersih.
  2. Kupas wortel, lalu cuci sampai bersih dan potong-potong.
  3. Cuci brokoli, lalu cincang kasar.
  4. Bersihkan beras, kemudian masak beras dengan air kaldu hingga beras menjadi lunak. Masukan wortel dan kembang kol. Kemudian masak sampai matang.
  5. Masukan tahu yang sebelumnya sudah dipotong dadu, masak kembali sampai matang dan mendidih.
  6. Selanjutnya, angkat dan sajikan tim sehat ini pada bayi.

Resep makanan bayi di atas dapat anda jadikan referensi sebagai menu makanan bayi ketika bayi menginjak usia 9 bulan. Dimana saat 9 bulan menu makanan pendamping bayi berbeda dari bulan sebelumnya. Pada usia ini makanan dengan tekstur yang lebih padat dengan tambahan lauk pauk dapat anda berikan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *