Puting Berdarah Saat Menyusui, Berikut Tips Mencegahnya

Puting Berdarah Saat Menyusui – Ketika menyusui, banyak ibu yang mengalami keluhan pada payudaranya, salah satunya puting berdarah. Kondisi puting yang berdarah tentu akan membuat anda tidak nyaman, terlebih lagi ditakutkan ASI tercampur darah saat si kecil menyusu.

Nah, penyebab paling umum puting berdarah pada ibu menyusui salah satunya yaitu puting lecet, serta pecah-pecah yang membuat puting terluka. Kondisi ini tentu harus anda cegah supaya proses menyusui si kecil tetap berjalan lancar. Yuk simak tips mencegah puting berdarah saat menyusui di bawah ini.

Baca juga : Gejala Saluran ASI Tersumbat

Puting Berdarah Saat Menyusui

Tips Mencegah Puting Berdarah Saat Menyusui yang Penting Diketahui

Masalah puting susu berdarah pada ibu menyusui bisa dicegah. Berikut ini tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah puting susu berdarah.

Mencuci Tangan Sebelum Maupun Setelah Menyusui

Untuk mengurangi risiko berpindahnya kuman atau bakteri dari tangan, maka anda harus membiasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui ataupun setelah selesai menyusui. Kebiasaan mencuci tangan ini menjadi salah satu cara mencegah puting berdarah.

Saat menyusui si kecil, daerah payudara tentu akan anda sentuh agar si kecil lebih mudah saat mencari puting. Jika sebelum menyusui anda memegang barang kotor, memegang payudara tanpa mencuci tangan terlebih dahulu tentu akan membuat risiko infeksi meningkat. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum ataupun setelah melakukan sesuatu, begitupun saat menyusui.

Menggunakan Bra yang Nyaman dan Bersih

Ketika berkeringat, tanpa disadari keringat pada dada akan diserap bra dan membuat bra menjadi lembab. Sehingga bra memiliki potensi sebagai tempat perkembangbiakan kuman yang bisa membuat daerah payudara mengalami infeksi, tidak terkecuali puting.

Oleh karena itu, bagi ibu menyusui sebaiknya sering mengganti bra. Air susu yang bocor juga akan dapat menyebabkan kelembaban pada area tersebut meningkat. Anda juga sebaiknya menggunakan bra yang terbuat dari katun, sehingga akan menyerap keringat lebih cepat dan efektif.

Mencuci Payudara dan Puting Ketika Anda Mandi

Mencuci payudara dan puting harus menggunakan air bersih, namun jangan terlalu sering. Anda cukup mencuci daerah puting, serta payudara saat anda mandi saja. Terlalu sering mencuci payudara, sabun mandi akan dapat menyebabkan hilangnya minyak alami disekitar puting anda. Hal ini akan membuat puting berisiko lecet, iritasi dan berdarah. Oleh karena itu, anda jangan terlalu sering mencuci payudara dan puting anda.

Jika sudah dicuci, anda bisa mengeringkan puting menggunakan handuk lembut dengan perlahan. Hindari menggosoknya terlalu kencang, karena akan menyebabkan luka dan berdarah. Selain itu, setelahnya sebaiknya jangan menggunakan losion supaya terhindari dari alergi akibat paparan bahan kimia.

Mengoleskan ASI Pada Puting

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah puting berdarah saat menyusui yaitu dengan mengoleskan ASI pada daerah puting. Berdasarkan American Pregnancy Association, dengan cara ini efektif untuk menjaga kelembaban pada daerah sekitar puting, serta akan membantu meredakan nyeri puting.

Cara mengoleskan ASI pada puting mudah sekali, anda tinggal mengusapkan sisa-sisa ASI pada area sekitar kulit puting yang gelap. Anda bisa menunggunya beberapa saat hingga kering, lalu bisa kembali menggunakan bra.

Lihat juga : Puting Susu Gatal Saat Menyusui, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apabila pada puting masih terdapat darah yang keluar, anda sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, itulah beberapa tips mencegah puting berdarah saat menyusui. Semoga bermanfaat.

Loading...