Posisi Menyusui Untuk Ibu yang Melahirkan Bayi Caesar

Posisi Menyusui Untuk Ibu yang Melahirkan Bayi Caesar – Kondisi selepas melakukan operasi caesar seringkali meninggalkan bekas luka yang belum sembuh benar. Akan tetapi, diwaktu yang bersamaan kewajiban bunda untuk tetap menyusui buah hatinya adalah tuntutan yang tidak boleh dilewatkan. Nah, untuk membantu posisi menyusui agar lebih nyaman berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Melahirkan menjadi momen yang paling penting sekaligus mendebarkan untuk setiap wanita. Betapa tidak, perjuangan yang panjang yang telah dinanti selama ini akhirnya akan dapat berbuah. Hanya saja, detik-detik menantikan kelahiran bayi seringkali menjadi hal yang begitu mendebarkan dan penuh dengan rasa panik yang luar biasa.

Proses melahirkan pada setiap wanita memang tidak terjadi dengan mudah. Ada sebagian perempuan yang memang menghadapi kendala dimana mereka tidak dapat menghadapi persalinan yang normal. Kondisi ini akhirnya membuat dokter harus mengambil tindakan alternatif untuk melahirkan si kecil lewat operasi caesar. Operasi ini dilakukan dengan memberikan sayatan pada bagian tertentu diperut ibu untuk memungkinkan bayi dikeluarkan lewat bagian ini.

Akan tetapi tentunya luka yang ditinggalkan selepas melakukan operasi akan membutuhkan masa penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan yang normal. Hanya saja, hal ini akan sedikit menjadi kendala untuk masa penyembuhan tatkala kewajiban menyusu tidak dapat ditunda. Nah, untuk itulah mari kita simak beberapa hal dibawah ini untuk membuat posisi menyusui menjadi lebih nyaman setelah proses operasi caesar.

Posisi Menyusui Untuk Ibu yang Melahirkan Bayi Caesar

Posisi Menyusui Untuk Ibu yang Melahirkan Bayi Caesar

Tindakan operasi caesar yang dilakukan oleh dokter pada ibu saat melahirkan umumnya akan meninggalkan bekas luka yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat sembuh. Walaupun demikian ketika sang bayi lahir mereka tetap membutuhkan asupan ASI sebagai nutrisi yang palling penting untuk pertumbuhannya. Inilah yang memicu banyak kekhawatiran bagi sang ibu karena merasa takut bila mereka tidak dapat memberikan ASI secara ekslusif. Namun berikut ini adalah beberapa posisi menyusui yang akan membantu ibu merasa nyaman setelah melakukan operasi caesar.

Posisi Tidur

Saat pertama kali memberikan ASI pada si kecil setelah proses operasi yang cukup panjang dan melelahkan anda dapat mencoba posisi tidur. Posisi ini akan dapat membantu anda lebih rileks dan merasa nyaman. Adapun posisi yang dapat dipraktikan adalah posisi tidur menyamping dimana tubuh anda miring ke bagian salah satu sisi baik itu kanan maupun kiri. Posisi miring serta mengempit yakni diantara lengan dan tubuh ini akan memudahkan anda untuk memberikan ASI pada si kecil.

Sementara itu, lewat posisi ini anda akan dapat menyesuaikan posisi nyaman anda, apakah miring kebagian kanan atau ke bagian kiri. Bila anda sedikit merasakan nyeri pada bagian perut maka anda bisa menyangganya dengan menggunakan bantal pada bagian depan antara perut dan paha anda. Posisi ini aka dapat melindungi bekas luka operasi pada tubuh ibu dan mengurangi beban pada tubuh bayi.

Posisi Bersandar

Selain posisi tidur diatas, posisi lain yang akan memungkinkan anda mendapatkan posisi yang lebih nyaman adalah posisi bersandar. Anda dapat menggunakan bantuan kursi yang berlengan dan memiliki sandaran yang tegak. Bahkan bila anda masih kurang merasa nyaman maka jangan sungkan untuk meminta sanggahan pada bagian punggung berupa bantal. Selain dibagian belakang, bantal pun akan dapat anda gunakan untuk menyangga bagian lengan. Sebab posisi ini memungkinkan ibu mengangkat si kecil sedikit lebih tinggi. Penggunaan bantal akan membantu anda tidak mudah merasakan pegal.

Peran Suami

Peranan suami untuk ikut terlibat dan membantu anda sewaktu memberikan ASI pada si buah hati akan jauh lebih dibutuhkan. Apalagi jika tidak ada orang lain yang ikut membantu anda. Pastikan untuk ibu mengajak pasangan untuk melihat bagaimana tim medis membantu ibu mengatur posisi dengan nyaman dan benar. Hal ini diharapakan akan dapat membuat suami mampu melakukan hal tersebut dan membantu anda mendapatkan posisi yang nyaman saat dirumah.

Jangan sungkan pula untuk meminta suami membantu menyelangi menggendong si buah hati. Hal ini akan sangat bermanfaat saat ibu merasa pegal dan ingin berganti posisi. Hal ini pun akan dapat dipraktikan bukan hanya dirumah namun ketika sudah keluar rumah sakit dimana nantinya suami andalah yang akan membantu anda.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Setelah Selesai Melakukan Operasi Caesar

Bayi yang lahir lewat operasi caesar pada umumnya akan lebih terlihat lemas dan lesu. Selain itu, si kecil pun akan sering tersiur karena bayi terkena imbasnya dari anestesi pada saat operasi caesar berlangsung. Pemberian ASI sejak bayi dilahirkan akan sangat baik manfaatnya. Hal ini akan memberikan uterus untuk berkontraksi serta dapat kembali pada ukuran semula dengan waktu yang sangat cepat. Untuk itulah, beberapa hal ini penting untuk dilakukan setelah selesai melakukan operasi caesar.

Jangan Hindari Asupan Obat

Hal pertama yang penting untuk dilakukan setelah usainya melakukan operasi caesar adalah dengan tidak menghindari asupan obat kedalam tubuh. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan guna menghilangkan perasaan nyeri pasca operasi. Dengan begini, anda pun akan merasa lebih nyaman saat memberikan ASI pada buah hati anda.

Minta Dokter Untuk Segera Melakukan IMD

Usai melakukan operasi caesar dan anda sudah lebih pulih beberapa saat setelahnya. Maka segera minta dokter untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Hal ini dikarenakan menyusui merupakan proses alami dimana setiap ibu bisa diberikan kemampuan untuk dapat menyusui sang buah hatinya. Selain itu, bayi yang lahir dari proses caesar akan terlihat lebih lemas sehingga mereka membutuhkan asupan ASI dengan segera.

Biasanya ibu dengan anestesi lokal bisa melakukan IMD dimana si kecil akan melakukan kontak kulit ke kulit (skin to skin) pada bagian payudara ibu dan berusaha mengisap payudara untuk dapat menyusui. Ibu tak perlu cemas ketika sudah masuk dalam tahapan ini sebab ada petugas medis yang akan membantu anda melakukannya. Yang perlu anda lakukan hanyalah berusaha lebih tenang dan atasi perasaan ngilu yang ditimbulkan dari luka bekas operasi yang akan mungkin mengganggu.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Pada dasarnya menyusui atau memberikan ASI pada bayi menjadi tanggung jawab dan kewajiban yang penting untuk dilakukan. Karena lewat ASI inilah kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh si kecil yang akan menunjang tumbuh kembangnya bisa didapatkan dengan baik. Jadi demikian, mengatasi segala kondisi setelah melakukan operasi adalah hal yang penting untuk diupayakan agar ibu bisa langsung memberikan ASI pertama kali untuk buah hatinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inforasi yang anda butuhkan. Sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *