Pilihan Sayuran Hijau Untuk MPASI Anak Terbaik dan Bernutrisi

Sayuran Hijau Untuk MPASI Anak – Makanan pendamping ASI atau MPASI diberikan pada si kecil saat usianya 6 bulan. Pada saat itu menu makanan yang diberikan pada si kecil disesuaikan dengan usianya karena si kecil belum bisa mencerna dengan baik.

Sebagai seorang ibu, anda tentu ingin memberikan menu terbaik untuk si kecil dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu bahan makanan yang bagus untuk menu MPASI anak yaitu sayuran. Nah, untuk anda yang sedang mencari pilihan sayuran hijau untuk MPASI anak, berikut ini beberapa sayuran hijau yang bisa dijadikan pilihan.

Baca juga : Sumber Karbohidrat Untuk Anak yang Baik Dijadikan Pilihan

Sayuran Hijau Untuk MPASI Anak

Pilihan Sayuran Hijau Untuk MPASI Anak Terbaik dan Bernutrisi

Ada banyak pilihan sayuran sehat yang bisa dijadikan sebagai bahan MPASI, termasuk sayuran hijau seperti berikut ini.

Brokoli

Sayuran terbaik dan bernutrisi pertama untuk MPASI bayi yaitu brokoli. Pada brokoli terkandung serat yang kaya, tinggi akan kandungan vitamin C dan mengandung B6, kalium dan vitamin A. Selain itu, brokoli juga mengandung zat besi yang banyak, serta mengandung antioksidan. Antioksidan itu sendiri bermanfaat untuk menemukan, serta menetralkan radikal bebas yang akan dapat menyebabkan rusaknya sel pada tubuh. Rusaknya sel karena radikal bebas akan dapat menyebabkan kanker.

Bayam

Pilihan sayuran hijau lainnya untuk MPASI yaitu bayam. Pada bayam terkandung vitamin K tinggi yang akan membantu untuk membuat produksi protein meningkat yang bernama Osteocalc yang berfungsi untuk membuat kalsium dalam tulang stabil.

Tidak hanya itu, sayuran yang satu ini juga termasuk sumber zat besi, kalsium, magnesium, vitamin D, kalium, serat, vitamin C dan magnesium. Dimana semua kandungan tersebut merupakan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan tulang.

Kale

Sayuran kale selain bagus untuk orang dewasa, juga termasuk salah satu sayuran yang bisa dijadikan MPASI untuk anak yang bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pada kale terkandung tinggi nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, protein dan serat.

Anda bisa memilih baby kale karena daunnya cenderung lebih lembut dan manis.  Anda bisa mengukusnya bersama dengan buah pir yang telah dikupas dan dipotong-potong. Lalu anda bisa menghaluskannya.

Anda bisa menambahkan pir jika si kecil telah terbiasa dengan makanan pendamping ASI. Tambahan pir akan menyumbahkan vitamin C, kalium dan kandungan serat yang banyak.

Kacang Polong

Meskipun ukurannya kecil, namun kacang polong memiliki khasiat yang baik untuk melengkapi zat besi yang anak butuhkan. Kacang polong menjadi sumber zat besi, vitamin K, vitamin C, serat dan folat yang baik.  Dimana kandungannya tersebut akan menjaga kesehatan mata si kecil, tulang dan otaknya sejak anak masih banyak.

Nah, jika anda ingin si kecil tumbuh dengan kuat dan sehat, anda bisa memasukan sayuran ini pada MPASI buah hati. Namun, pastikan anda mengolahnya dengan baik dan benar dengan cara dihaluskan dengan menu lainnya supaya si kecil bisa dengan mudah mencernanya.

Zucchini

Walaupun tidak memiliki rasa, namun zucchini ini menjadi sumber kalium, zat besi, vitamin C, folat dan beta karoten yang bagus untuk buah hati. Selain itu, sayuran yang satu ini tinggi akan kandungan air dan teksturnya juga empuk sehingga anak akan lebih mudah untuk mencernanya.

Anda bisa mengkombinasikan sayuran yang satu ini dengan bahan MPASI lainnya supaya rasanya nikmat dan si kecil menyukainya.

Itulah beberapa pilihan sayuran hijau untuk MPASI anak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...