Persiapan MPASI Saat Bepergian (Traveling)

Diposting pada

Penting mengetahui tips persiapan MPASI saat bepergian untuk membantu dan memudahkan anda.

Liburan bersama dengan keluarga menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu bagi anda yang selama ini selalu disibukan dengan kegiatan rumah dan kegiatan mengurus si kecil. Liburan bersama dengan si kecil tidak akan merepotkan seperti yang dibayangkan, anda tetap bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan dengan kehadiran buah hati tercinta.

Memutuskan liburan atau bepergian dengan si kecil tentu saja ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan, salah satunya yaitu MPASI atau makanan pendamping ASI-nya. Tidak seperti saat di rumah, saat liburan atau bepergian tentu akan cukup sulit dalam menyiapkan makanan untuk si kecil.
Beberapa orangtua memutuskan untuk memesan menu MPASI dari catering khusus MPASI. Namun, dengan memesan menu makanan untuk si kecil, orangtua tidak bisa memastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang berkualitas dan ideal.

Persiapan MPSI saat bepergian

Sebelum anda memutuskan pergi berlibur bersama dengan si kecil, alangkah lebih baiknya jika anda menyiapkan MPASI untuk si kecil, termasuk peralatan wajib untuk mendukung MPASI.
Berikut ini, beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda bepergian atau traveling dan harus mempersiapkan MPASI:

Persiapan MPASI Saat Bepergian

Makanan

Saat sebelum bepergian, alangkah lebih baik jika anda membawa makanan yang mudah dibawa dan disimpan. Pastikan makanan tersebut mudah dimakan setiap saat. Anda dapat menyimpan atau menyisihkan kotak makanan sejenak. Beberapa pilihan makanan yang dapat anda bawa di antaranya yaitu buah pisang, roti atau biskuit. Biskuit dapat anda berikan pada si kecil saat ia membutuhkan cemilan.

Jarak Tempuh

Jarak tempuh pun perlu anda perhatikan. Pasalnya, jarak tempuh memiliki pengaruh terhadap makanan yang anda bawa. Selain makanan yang mudah di bawa dan dimakan seperti yang sudah disebutkan di atas, jika perjalanan yang anda tempuh memakan waktu singkat, maka anda dapat mempersiapkan bahan makanan seperti sayuran dan daging matang dalam bentuk puree, maupun potongan kecil yang dibekukan. Buah-buahan juga bisa anda bawa.

Anda dapat memasukan puree dalam toples kecil. Kemudian simpan dalam cooler box yang sudah dlengkapi dengan ice cube untuk menjaga agar puree tetap dalam keadaan beku. Jika anda sudah sampai di tempat tujuan, maka anda bisa langsung meletakan puree dalam kulkas.

Waktu Bepergian

Apabila anda bepergian cukup lama atau selama seminggu, anda dapat menyusun menu MPASI untuk si kecil selama 3 hari. Selain itu, anda dapat mempersiapkan jumlah makanan secukupnya. Sedangkan untuk hari selanjutnya, anda bisa mencari bahan MPASI si kecil yang masih segar di supermarket sekitar atau terdekat dengan kota tujuan anda.

Kotak Makanan

Jika anda memerlukan kotak makanan, maka pastikan anda memiliki kotak makanan yang tidak mudah bocor atau tumpah. Apabila diperlukan, anda dapat menggunakan wadah tahan dingin atau panas seperti misalkan thermos.

Anda harus mencatat waktu pembuatan makanan yang anda bawa. Sebaiknya dahulukan makanan yang dibuat lebih awal untuk diberikan pada si kecil.

Celemek

Celemek penting untuk anda bawa saat bepergian. Terdapat berbagai celemak yang dapat anda pilih, mulai dari celemek berbahan silikon yang mudah dibersihkan, berbahan kain dan lain sebagainya. Pilihlah celemek sesuai dengan kebutuhan bayi anda.

Perhatikan Tempat Menginap dan Peralatan MPASI

Anda harus memastikan jika tempat tujuan atau tempat menginap menyediakan kulkas untuk menyimpan bahan MPASI yang ada bawa. Anda bisa membawa beberapa peralatan seperti misalkan panci elektrik kecil, warmer, grinder, tempat makan, gelas, sendok, pisau kecil dan colokan.

Tips Menu MPASI Saat Bepergian

  • Anda dapat membawa buah yang disukai oleh bayi anda dan bisa langsung dikonsumsi. Beberapa buah yang dapat menjadi pilihan di antaranya yaitu jeruk peras, alpukat dan pisang yang sebelumnya sudah dihaluskan dengan menggunakan grinder.
  • Persiapkan puree yang dibekukan. Anda juga harus membawa cemilan favorit si kecil seperti misalkan biskuit.
  • Ketika waktu makan si kecil sudah tiba, anda dapat memanaskan puree yang dibekukan dengan menggunakan panci elektrik atau warmer.
  • Apabila bayi anda sudah mengkonsumsi makanan yang lebih padat seperti nasi tim, maka selain buah-buahan yang harus anda bawa, anda juga dapat membawa beras dan bumbu makanan atau bahan makanan yang lebih praktis seperti misalkan baby cereal atau oatmeal. Anda dapat menyiapkan potongan sayur yang dibekukan seperti misalkan brokoli, wortel dan lain sebagainya.
  • Apabila anda akan membuat nasi tim menggunakan slow cooker, maka anda dapat membuat ketika malam hari sebelum tidur. Nasi tim akan matang ketika pagi hari saat si kecil meminta sarapan.
  • Jika bayi anda sudah berusia di atas satu tahun, maka pada dasarnya ia sudah bisa menyantap makanan dengan menu seperti anggota keluarga yang lainnya. Namun meskipun begitu anda harus tetap memperhatikan makanan yang diberikan, pastikan makanan tidak pedas dan kebersihannya tetap terjaga. Dengan cara ini anda dapat melatih si kecil agar tidak menjadi pemilih makanan.

Dengan tips persiapan MPASI di atas, liburan anda bersama keluarga , serta si kecil tetap menyenangkan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *