Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan – Sebelum si kecil lahir ke dunia, anda tentu akan menyiapkan perlengkapan untuk buah hati, tidak terkecuali perlengkapan mandi. Menjaga kebersihan tubuh si kecil menjadi bagian penting dalam merawat buah hati yang harus anda perhatikan.

Nah, berbicara tentang perlengkapan mandi, ada beberapa perlengkapan yang perlu anda siapkan untuk bayi baru lahir seperti berikut ini.

Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir

Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Perlengkapan penting ini harus anda siapkan untuk mandi si kecil, di antaranya produk perawatan tubuh si kecil seperti sabun dan sampo, handuk bayi, bak mandi bayi, kain waslap dan spon mandi. Yuk simak penjelasannya seperti berikut ini.

Sabun dan Sampo

Sabun dan sampo merupakan perlengkapan mandi yang penting dimiliki. Produk ini digunakan untuk kebersihan tubuh bayi. Namun, dalam memilih sabun atau sampo bayi, pastikan anda tidak membelinya dengan sembarangan. Anda harus mencari sabun dan sampo dengan formula yang tepat sesuai dengan kulit si kecil.

Pastikan anda memilih produk yang tidak mengandung wewangian di dalamnya. Adapun kandungan yang harus anda hindari pada produk sampo dan sabun bayi yaitu phthalate.

Handuk Bayi

Perlengkapan mandi selanjutnya yang harus anda siapkan yaitu handuk mandi. Handuk yang dapat anda siapkan sebanyak sekitar 2 sampai 3 handuk.

Dalam memilih handuk bayi, hindari membeli handuk yang ukurannya terlalu besar. Anda cukup memilih handuk yang nyaman dan bisa membungkus badan si kecil, serta mengeringkan tubuhnya dengan nyaman. Pastikan anda juga memilih handuk yang lembut agar nyaman saat digunakan oleh si kecil.

Bak Mandi Bayi

Bak mandi bayi tentu sangat dibutuhkan untuk memandikan buah hati. Ada banyak model bak mandi yang saat in bisa kita temukan. Anda harus memilih bak mandi yang terbuat dari bahan kokoh dan berkualitas. Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan bak mandi yang khusus dirancang untuk bayi baru lahir hingga usianya 1 tahun.

Baca juga : Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi

Kain Waslap

Perlengkapan mandi selanjutnya yang penting disiapkan yaitu kain waslap. Kain waslap ini bisa anda letakan di bagian bawah bak mandi si kecil. Ini dilakukan supaya saat mandi si kecil tidak tergelincir. Anda bisa menyiapkan waslap dalam jumlah yang cukup banyak atau sekitar 4 hingga 6 kain waslap.

Spons Mandi

Spons mandi khusus untuk bayi dapat anda gunakan untuk membersihkan tubuh si kecil. Saat memilih spons, pastikan anda memilihnya yang terbuat dari bahan lembut dan khusus untuk bayi baru lahir.

Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Dalam memilih perlengkapan mandi bayi, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

  • Anda harus memastikan bahwa perlengkapan mandi si kecil terbuat dari bahan yang aman bagi bayi.
  • Kebutuhan bayi dan kebutuhan orang dewasa tidaklah sama. Oleh karena itu, untuk perlengkapan mandi bayi anda bisa menggunakan perlengkapan yang didesain khusus bagi bayi.
  • Pastikan perlengkapan mandi bayi memiliki fitur tambahan untuk keamanan bayi, misalkan memilih bak untuk mandi si kecil yang telah dilengkapi dengan bahan anti slip sehingga lebih aman karena tidak akan tergelincir atau bergeser.
  • Pilihlah perlengkapan mandi yang terbuat dari bahan berkualitas untuk si kecil.

Itulah beberapa perlengkapan mandi bayi baru lahir yang harus bunda siapkan. Semoga bermanfaat.

 

Loading...