Penyebab Kulit Kering Pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Penyebab Kulit Kering Pada Bayi – Kondisi kulit kering pada bayi adalah hal yang wajar dan sering dialami oleh bayi. Bahkan bayi yang baru lahir pun dapat mengalami kondisi ini. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit si kecil menjadi kering. Nah, untuk mengetahui penyebab kulit kering pada bayi dan seperti apa cara mencegahnya, anda bisa  simak pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif?

Penyebab Kulit Kering Pada Bayi

Penyebab Kulit Kering Pada Bayi

Adapun beberapa hal yang menyebabkan kulit bayi kering seperti berikut ini:

  • Kelenjar keringat si kecil belum berkembang dengan sempurna, sehingga dengan begitu kulit bayi masih belum dapat beradaptasi dengan baik saat udara kering, terlalu dingin atau terlalu panas. Hal ini membuat kelembaban kulit si kecil tidak terjaga dengan baik.
  • Udara juga dapat menyebabkan kulit si kecil kering, misalkan udara yang terlalu dingin atau udara yang terlalu panas. Ketika rendahnya tingkat kelembaban akan membuat risiko kulit bayi kering meningkat.
  • Penggunaan produk perawatan kulit, seperti sabun juga akan menyebabkan kulit si kecil kering, bahkan akan dapat membuat kulit kering pada bayi semakin parah. Pasalnya, sabun memiliki sifat dapat mengangkat minyak alami pada kulit si kecil. Efeknya kulit bayi akan sulit mempertahankan kondisi kelembabannya.

Bagaimana Cara Mencegah Kulit Kering Pada Bayi?

Untuk membantu mencegah kulit kering pada bayi, ada beberapa perawatan yang bisa anda lakukan seperti berikut ini:

Menjaga Kebutuhan Cairan si Kecil

Pastikan kebutuhan cairan si kecil selalu terpenuhi. ASI atau air putih ( jika si kecil sudah mendapatkan MPASI) akan menjadi nutrisi alami yang akan membuat kulitnya selalu dalam keadaan lembab.

Melindungi Tubuh Si Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa udara dingin akan dapat memicu terjadinya kulit kering pada si kecil. Ketika cuaca sedang dingin dan si kecil harus berada di luar rumah, pastikan anda melindungi tubuh si kecil, seperti memakaikannya sarung tangan, jaket, atau kaos kaki.

Memakai Produk Perawatan Kulit Secukupnya

Ketika memandikan si kecil, anda tentu akan menggunakan sabun agar kulitnya bersih sempurna. Memakai terlalu banyak sabun tidak disarankan, anda harus menggunakan sabun dalam jumlah yang sewajarnya saja. Pastikan anda memilih sabun yang cocok untuk kulit si kecil.

Pastikan Suhu Air yang Digunakan Untuk Mandi Tepat

Ketika memandikan si kecil anda harus memastikan air yang digunakan suhunya tepat, yaitu air suam-suam kuku. Perlu anda ketahui, memandikan bayi dengan menggunakan air yang suhunya terlalu panas akan menyebabkan kulit si kecil semakin kering.

Jangan Mandikan Bayi Terlalu Lama

Meskipun si kecil suka main air, namun pastikan anda tidak memandikannya terlalu lama. Memandikan si kecil sebaiknya maksimal 10 hingga 15 menit. Ini dilakukan untuk mencegah kulit si kecil menjadi kering.

Membilas Tubuh Si Kecil Setelah Berenang

Jika anda memutuskan untuk mengajak si kecil berenang, pastikan setelah berenang anda membilas tubuhnya hingga benar-benar bersih. Pasalnya klorin yang ada pada kolam berenang akan menjadikan kulitnya kering.

Lihat juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Bayi

Masalah kulit kering pada si kecil bisa diatasi dengan mudah. Hanya saja, jika kondisi kulit kering yang dialami si kecil semakin parah dan si kecil kelihatan tidak nyaman atau merasa gatal, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter.

 

Loading...