Penyebab Kuku Cantengan Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kuku Cantengan Pada Bayi dan Cara Mengatasinya – Selain orang dewasa, cantengan bisa pula terjadi pada bayi. Rasa nyeri dan tak nyaman dari kuku yang mengalami cantengan akan dapat membuat si kecil rewel dan menangis tiada henti. Akibatnya hal ini membuat hari-harinya menjadi kelabu dan ibu pun akan terus menerus dibuat khawatir karena kondisi yang satu ini. Nah, untuk mengetahui apa sih penyebab cantengan pada bayi dan cara mengatasinya maka anda akan dapat menyimak pembahasan di bawah ini.

Cantengan adalah sebuah kondisi keluhan kuku dimana pertumbuhan kuku terjadi dengan tidak ideal sehingga menekan bagian kulit dan menyebabkan peradangan yang menyakitkan. Tak hanya pada orang dewasa, cantengan bisa pula terjadi pada anak-anak bahkan pada bayi. Cantengan biasanya menyerang bagian kuku di kaki.

Ketika seseorang mengalami kondisi ini maka biasanya rasa nyeri yang tak tertahankan akibat peradangan dari pertumbuhan kuku yang menusuk kulit akan sangat menyakitkan. Terutama bila menyerang bayi bisa mungkin kondisi ini membuat mereka terus menerus menangis karena tidak tahan dengan rasa sakit yang disebabkan oleh cantengan pada ibu jari kakinya.

Bayi yang mengalami cantengan biasanya ditandai dengan sekitaran kuku yang melepuh, kemerahan, bengkak dan disertai perasaan nyeri yang tidak nyaman. Bahkan pada beberapa kasus bayi yang cantengan ditemukan kasus dimana kuku pada ibu jarinya bisa sampai infeksi dan bernanah. Lantas Apa sih penyebab kondisi ini bisa terjadi pada bayi? Informasinya bisa anda simak di bawah ini.

Sementara itu, bila bayi anda terlanjur mengalami cantengan maka atasi dengan beberapa penanganan di bawah ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Penyebab Kuku Cantengan Pada Bayi

Ada banyak faktor yang bisa memicu cantengan terjadi pada bagian kuku bayi. Beberapa faktor tersebut bisa dipicu karena kesalahan ibu dalam menggunting kuku bayi. Seperti apa saja informasi penyebab kuku cantengan pada bayi? Mari simak di bawah ini informasinya.

Menggunting Kuku Bayi Terlalu Pendek

Penyebab pertama yang bisa memicu cantengan terjadi pada bayi disebabkan oleh kesalahan ketika menggunting kuku si keci. Dalam hal ini ibu mungkin memotongnya terlalu pendek yang membuat si kecil mengalami cantengan. Memang terkadang kita berpikir bahwa pemotongan dengan pendek secara keseluruhan akan menghindari pertumbuhan kuku yang memanjang dengan cepat. Namun hal tersebut keliru.

Bagaimanapun dalam memotong kukus si kecil ada aturan yang harus diperhatikan dengan baik. Ibu tidak bisa memotongnya terlalu pendek sebab dampaknya akan besar dan berisiko untuk pertumbuhan kuku si kecil. Hal ini dikarenakan daging lembut yang ada dekat kuku cenderung lebih mudah terkena dengan benda dan berakhir dengan terluka.

Bila anda memotong kuku si kecil dengan terlalu pendek maka hal ini akan memungkinkan pertumbuhan kuku si kecil tumbuh ke dalam. Untuknya, selalu sisakan sedikit kuku untuk melindungi daging dan kulit yang ada disekitaran kuku tetap terlindungi dengan baik.

Tidak Membersihkan Kuku Anak dengan Baik

Anak-anak terutama mereka yang sudah balita dan sudah bisa melakukan banyak aktivitas selalu saja ada hal yang membuat tubuh mereka kotor. Bermain di luar terkena dengan debu, main pasir yang membuat kotoran masuk ke dalam sela kukunya dan lain sebagainya yang membuat kuku anak berisiko menjadi kotor.

Bila sudah begini maka penting sekali untuk para ibu senantiasa membersihkan kuku anak dengan baik, terutama pada saat mandi. Pastikan kuku anak dibersihkan sampai dengan ke sela dengan merata. Sebab kotoran dan pasir yang menempel pada kuku anak apabila tidak dibersihkan dengan baik akan dapat menghambat pertumbuhan kukunya.

Hal ini dikarenakan kotoran akan membawa bakteri dan berkembang biak pada bagian sela kuku anak saat ibu tidak dapat membersihkannya dengan seksama. Akhirnya bila hal ini terjadi maka kuku anak akan rentan dengan yang namanya cantengan.

Penggunaan Alas Kaki yang Terlalu Sempit

Selain beberapa penyebab di atas, pemicu lain yang rentan membuat kuku kaki anak mengalami cantengan adalah penggunaan alas kaki yang terlalu sempit. Sepatu dengan ukuran yang kecil akan menekan jari-jari kaki anak dengan sangat kuat. Terutama ketika mereka sudah mulai aktif beraktivitas maka bayangkan berapa lama jari-jari anak harus ditekan karena penggunaan sepatu yang sempit?

Ketika hal ini terus menerus terjadi maka perlahan pertumbuhan kuku anak akan dipaksa menekan ke bagian dalam sehingga nantinya mendorong bagian kulit yang menyebabkan peradangan. Akibatnya ibu jarinya akan membengkak dan timbul peradangan yang menyebabkan perasaan nyeri yang bukan main.

Untuknya, guna menghindari kondisi ini maka sebaiknya gunakan alas kaki atau sepatu yang nyaman dengan ukuran yang pas. Jangan sungkan bertanya pada si kecil apakah sepatu atau sandal yang mereka kenakan terasa nyaman di kakinya atau tidak.

Itulah dia beberapa penyebab yang umumnya memicu kondisi cantengan pada kuku bayi. Ibu mulai perhatikan dengan baik jangan sampai kebiasaan buruk di atas merusak kuku-kuku kecil bayi dan balita anda ya. Sebab ketika anda terserang dengan cantengan maka biasanya mereka akan berubah menjadi sangat rewel. Kondisi ini terjadi sebab rasa sakit dari peradangan yang sulit untuk dihindarkan.

Cara Mengatasi Cantengan Pada Bayi

Sementara itu, bila bayi anda terlanjur mengalami cantengan maka atasi dengan beberapa penanganan di bawah ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Rendam dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cantengan pada kuku bayi yang sudah terlanjur terjadi adalah dengan merendamnya dalam air hangat. Cara ini punya dampak relaksasi yang akan sedikit meredakan peradangan dan rasa sakit yang dialami oleh si kecil akibat kuku yang tumbuh ke dalam dan menekan bagian kulit disekitarnya.

Adapun cara melakukannya adalah dengan:

  • Langkah pertama silahkan siapkan sebuah baskom yang bersih atau ember dengan ukuran yang sedang.
  • Isikan air dingin ke dalamnya dan campurkan bersama dengan air hangat. Cek suhu air dan pastikan suhunya hangat yang bisa ditolelir oleh kulit bayi.
  • Berikan campuran garam dan aduk dengan merata. Penggunaan garam akan penting untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada bagian cantengan di kuku bayi.
  • Setelah itu, baru dudukan bayi dan rendam kakinya dengan air rendaman tersebut. Lakukan selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit dengan merata. Untuk hasil yang lebih maksimal perawatan ini dapat anda ulangi sekitar 2 sampai dengan 3 kali dalam satu hari.

Si kecil akan mungkin merasa takut atau rewel sebab tidak tahan dengan rasa sakit yang dialami akibat cantengan. Ibu bisa menenangkan mereka sambil menggendongnya atau meletakkan mereka dalam pangkuan ibu sambil merendam kakinya.

Parutan Jahe

Cara lain yang akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi cantengan yang sudah terlanjur terjadi pada bayi anda adalah dengan memanfaatkan jahe. Terdapat senyawa alami di dalam jahe yang dapat memerangi bakteri dan kuman yang ada pada luka. Manfaat inilah yang ampuh untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman pada bagian kaki yang terkena cantengan agar tidak lebih besar.

Jahe adalah bahan masakan yang tentu tidak asing sehingga anda akan dapat memanfaatkan bahan ini dengan lebih mudah sebab setiap rumah tangga pasti punya jahe. Cara penggunaannya adalah dengan memanfaatkan jahe yang sudah diparut kemudian diaplikasikan pada bagian cantengan dengan merata.

Adapun untuk lebih jelasnya lagi dari pemanfaatan jahe untuk menangani centengan yang terjadi pada bayi dapat anda simak dalam tutorial kali ini.

  • Langkah pertama adalah menyiapkan satu ruas jahe dengan ukuran yang sedang. Kemudian bersihkan dengan merata agar kotoran dan tanah yang ada pada jahe dibersihkan dengan merata.
  • Tidak perlu mengupas kulitnya, anda hanya perlu membersihkannya dengan merata. Silahkan parut jahe dengan menggunakan parutan keju yang ukurannya lebih kecil.
  • Tampung dalam sebuah mangkuk kecil setelah jahe menjadi lembut kemudian ambil minyak kelapa asli dan aduk ke dalamnya dengan merata.
  • Aplikasikan campuran ini pada bagian centengan di kaki bayi dengan merata dan perlahan untuk mengurangi perasaan sakit yang dialami oleh si kecil.
  • Setelahnya diamkan sementara sampai bahan aktif dari jahe dan minyak kelapa bekerja mengurangi peradangan yang terjadi akibat pertumbuhan kuku yang menekan kulit atau daging sekitaran ibu jari.
  • Baru setelah itu, bilas kaki bayi dengan menggunakan air hangat dan lakukan treatment ini dengan rutin minimal 2 kali dalam satu hari sampai peradangan pada kakinya mereda.

Pada tahapan awal memberikan pengobatan ini pada kaki bayi mungkin ia akan menangis dan menjerit selain itu pemberian obat ini pun akan sulit diberikan saat bayi bergerak-gerak. Nah, untuk mensiasati hal ini anda bisa melakukannya saat bayi sedang tidur sehingga ia tidak banyak bergerak dan membuat pengobatan bisa berjalan dengan efektif.

Bawang Putih

Cara penanganan centengan lain pada bayi yang dapat anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih telah sejak lama menjadi obat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, terutama yang berkaitan dengan luka. Hal ini dikarenakan bawang putih punya sifat antibiotik dan antiinflamasi yang akan mengobati peradangan dengan lebih alami.

Lebih dari itu, manfaat dari bawang putih akan dapat melawan bakteri yang ada pada ibu jari si kecil yang mengalami cantengan sehingga mencegah peradangan menjadi lebih besar. Cara ini tentu lebih mudah daripada pengobatan ke dokter.

  • Caranya adalah dengan pertama-tama siapkan 1 siung bawang putih dan kupas kulitnya dengan merata.
  • Setelah itu, anda akan dapat memarut sajian ini dengan menggunakan parutan dengan merata. Lalu kemudian campurkan sajian ini dengan minyak kelapa dengan merata.
  • Masukkan dalam mangkuk ukuran kecil dan aduk sampai tercampur. Bila sudah selesai kemudian bahan ini akan dapat anda gunakan dibagian luka cantengan pada kuku bayi.
  • Oleskan dengan perlahan dan lembut dan lakukan dengan hati-hati jangan sampai menekan terlalu kuat bagian cantengan karena bisa menimbulkan rasa sakit yang lebih hebat.

Sama halnya dengan perawatan di atas, karena bayi bisa mungkin ketakutan saat luka cantengan disentuh maka anda bisa memberikan perawatan ini pada saat mereka terlelap agar demikian pengobatan berjalan dengan lebih optimal.

Loading...