Penyebab Benjolan di Belakang Telinga Bayi

Diposting pada

Benjolan yang terdapat di belakang telinga bayi jangan dianggap remeh karena bisa saja menjadi tanda penyakit berbahaya. Ketahui penyebab benjolan di belakang telinga bayi dan kemungkinan penyakit apa yang dapat timbul karena benjolan tersebut.

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Melihat perkembangan dan pertumbuhan anak yang senantiasa sehat dan normal menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orangtua. Akan tetapi, tidak jarang orang tua mendapati anaknya mengalami masalah kesehatan. Baik itu masalah kesehatan yang ringan hingga masalah kesehatan yang serius.

Dari masalah kesehatan yang dialami anaknya, setiap orangtua memiliki penanganan yang berbeda-beda. Beberapa orang tua menganggap masalah tersebut hanya masalah kesehatan biasa yang tidak memerlukan penanganan yang khusus, namun beberapa orang tua justru sangat khawatir meskipun masalah kesehatan yang dialami anaknya terlihat ringan.

Benjolan di belakang telinga bayi

Dari beberapa masalah kesehatan yang dialami anak, munculnya benjolan di belakang telinga adalah keadaan yang sering ditemukan. Benjolan di telinga anak seringkali diabaikan namun sebenarnya perlu perhatian yang khusus. Benjolan yang terdapat di bagian belakang telinga anak memiliki bentuk berupa biji kacang hijau, yang biasanya terletak pada daun telinga anak. Lantas apa penyebab benjolan di belakang telinga bayi? Apakah berbahaya? Dan apakah benjolan dapat hilang?

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga Bayi

Benjolan pada telinga bayi disebabkan karena terdapat pembesaran kelenjar getah bening. Dimana kelenjar getah bening itu sendiri memiliki peran untuk memproduksi sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan mikoorganisme yang dapat membahayakan tubuh. Kelenjar getah bening terdapat pada beberapa bagian tubuh seperti misalkan pada leher, ketiak, lipatan paha, jantung, samping kanan dan samping kiri. Apabila dibiarkan, kelenjar ini akan mengalami pembesaran dan akibatnya akan mengganggu kesehatan tubuh buah hati tercinta. Lebih parahnya, dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker getah bening.

Pembengkakan yang terjadi pada telinga belakang anak anda yang dikenal dengan kelenjar getah bening adalah masalah yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang mana jika terjadi infeksi akan menjadi semakin besar.

Dalam keadaan normal, kelenjar getah bening tidak dapat terasa atau teraba. Namun, jika kelenjar getah bening sudah mencapai atau lebih 1 cm, maka akan menyebabkan kelainan yang akan menimbulkan masalah pada kesehatan anak anda. Meskipun pada umumnya setiap anak memiliki kelenjar getah bening yang berperan untuk mempertahankan tubuhnya agar ia tidak mudah sakit.

Apabila kelenjar getah bening tersebut terinfeksi, maka dapat menyebabkan pembesaran pada ukurannya. Yang mana salah satunya yaitu disebabkan karena infeksi yang diakibatkan oleh tonsil, yakni sebuah keadaan dimana terdapat kuman yang disebut dengan streptokokus pada anak. Dimana gejala yang akan timbul yaitu demam pada bayi, pilek dan menyebabkan terjadinya pembesaran pada bawah rahang yang akan semakin membesar. Ketika anak anda sering mengalami sakit, termasuk batuk pilek, demam atau flu, maka kelenjar getah bening yang berada di belakang kelenjar kepala atau tepatnya pada bagian telinga dapat mengalami pembesaran.

Perlu anda ketahui, pembesaran getah bening pada anak dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Baik itu penyakit ringan hingga penyakit berat. Berikut ini beberapa penyakit yang kemungkinan akan timbul disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening:

Penyakit Karena Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Infeksi Kronik

Terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening dapat disebabkan karena adanya micobacterium tuberculosa. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang memiliki hubungan dengan paru-paru. Meskipun begitu, ada beberapa penderita yang mengalami penyakit ini meskipun paru-parunya dalam keadaan sehat. Untuk memastikan kesehatan paru-paru, pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan.

Infeksi Akut

Kelenjar getah bening yang mengalami pembesaran dapat menyebabkan infeksi akut pada sekitar area kepala dan leher. Pembengkakan dapat terjadi seiring dengan keadaan tubuh yang demam, serta terjadinya konsistensi lunak dan kemerahan. Keadaan ini dapat disebabkan karena terdapat infeksi dan bakteri. Meskipun begitu, keadaan ini diketahui dapat sembuh dengan sendirinya.

Kanker Primer Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Kanker primer pembesaran kelenjar getah bening ini dapat sembuh dengan sendirinya apabila terdeteksi lebih dini. Namun, jika pembengkakan yang dialami semakin besar bahkan tidak segera mendapatkan pertolongan, maka dapat diperkirakan terjadi pembengkakan pada bagian yang lainnya seperti pada lipatan paha, lipatan ketiak yang sulit untuk disembuhkan. Pada stadium lanjut kemungkinan kambuh akan cukup besar.

Apakah benjolan di belakang telinga anak dapat hilang? Sebenarnya hilangnya benjolan tersebut tergantung dari apa penyebabnya. Jika benjolan muncul karena terdapat gangguan pada organ lain, maka dapat hilang jika gangguan tersebut dapat teratasi.

Pada saat anda menemukan atau merasakan adanya sebuah benjolan di belakang telinga anak anda, sebaiknya jangan abaikan dan segera bawa anak anda ke dokter untuk memastikan keadaannya, terlebih lagi jika anak menunjukan gejala yang lainnya seperti misalkan anak demam, terasa nyeri atau adanya penurunan berat badan anak. Pertolongan yang tepat dan cepat dapat membuat pemulihan kondisi lebih cepat dan menghindari risiko keadaan anak menjadi bertambah parah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *