Penyebab Bayi Susah Tidur yang Penting Diketahui

Bayi susah tidur saat malam hari menjadi persoalan yang sering dihadapi oleh seorang ibu. Hal ini tentu membuat anda harus begadang untuk menemaninya. Tak jarang hal ini akan membuat anda kurang tidur dan kelelahan saat esok harinya, apalagi anda harus kembali mengurus si kecil dan keperluan yang lainnya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi susah tidur. Tentunya sangat penting mengetahui penyebab bayi susah tidur agar anda bisa mengatasinya dengan mudah dan tepat. Lantas apa saja penyebab bayi susah tidur? Untuk mengetahuinya yuk simak pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif?

Penyebab Bayi Susah Tidur

Penyebab Bayi Susah Tidur yang Penting Diketahui

Ketika si kecil sulit tidur, anda mungkin bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. Ternyata, beberapa hal berikut ini bisa membuat si kecil tetap terjaga atau sulit tidur.

Si Kecil Belum Memiliki Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian merupakan jam biologis tubuh yang mengatur tubuh kapan harus tidur. Pada umumnya bayi belum mempunyai jam biologis ini sehingga waktu tidurnya tidak tentu dan masih berantakan. Hal ini dapat membuat si kecil tidur nyenyak saat siang hari, namun terjaga ketika malam hari.

Bayi biasanya baru memiliki ritme sirkadian ketika usia 12 minggu, namun bisa juga lebih lama. Untuk mengatasi kondisi ini anda tentunya harus melatih si kecil tidur dan bangun pada waktu yang teratur. Hal ini akan membantu si kecil memiliki jam biologis lebih cepat sehingga ia tidak akan susah tidur lagi. Saat malam hari hindari memakai lampu dengan cahaya yang sangat terang karena akan membuat bayi terjaga dan sulit mengantuk.

Bayi Tidak Enak Badan

Selain karena bayi belum memiliki ritme sirkadian, penyebab bayi sulit tidur lainnya juga bisa karena kondisi tubuh bayi. Saat bayi tidak enak badan yang disebabkan karena pilek, tumbuh gigi, alergi, sembelit, perut kembung atau lain sebagainya membuat si kecil merasa tidak nyaman sehingga ia akan sulit tidur.

Nah, apabila anda curiga si kecil susah tidur disebabkan karena tidak enak badan, maka sebaiknya anda mengajak si kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Bayi Lapar

Lapar menjadi penyebab paling umum mengapa si kecil sudah tidur atau terbangun saat malam hari. ASI bisa dicerna dengan mudah oleh bayi, sehingga si kecil akan merasa lebih cepat lapar. Saat lapar biasanya si kecil akan menangis dan rewel. Oleh karena itu, sebelum si kecil tidur anda harus memberikan ASI yang cukup. Kondisi perut yang kenyang akan membuat tidurnya lebih nyenyak dan lama.

Bayi Kelelahan

Bermain sebelum bayi tidur mungkin sering anda lakukan. Namun, hal ini akan membuat si kecil kelelahan dan sulit tidur. Ini disebabkan karena saraf simpatik si kecil meningkat dan membuatnya tetap terjaga.

Menjelang tidur 2 hingga 3 jam, sebaiknya anda menciptakan suasana yang nyaman dan tenang supaya si kecil terangsang mengantuk.

Bayi Takut Ditinggalkan

Bayi juga terkadang susah tidur karena ingin selalu dekat dengan anda. Si kecil bisa saja terjaga karena takut ditinggalkan atau ia ingin bermain dengan anda.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa membawa bayi tidur bersama. Pastikan suasananya nyaman dan tidak ada gangguan apapun.

Lihat juga : Dampak Positif dan Negatif Bayi Tidur Tengkurap

Itulah beberapa penyebab bayi susah tidur. Dengan mengetahui penyebabnya anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Loading...