Penyebab Bayi Susah Makan dan Hanya Mau Minum Susu

Diposting pada

Penyebab Bayi Susah Makan dan Hanya Mau Minum Susu – Pada saat masuk usia diberikan maka bayi akan membutuhkan asupan sejumlah vitamin dalam skala yang lebih besar. Jadi demikian, pada waktu ini penting sekali memastikan kecukupan gizi pada buah hati dapat berjalan dengan baik. Hanya saja, tidak sedikit orangtua yang mengeluh saat bayi mereka susah makan dan hanya mau minum susu. Mari ketahui penyebab bayi susah makan dan hanya mau minum susu dibawah ini.

Salah satu kendala yang paling sering dihadapi oleh ibu yang dalam memberikan makan pada bayi adalah sulitnya makan. Padahal pada masa pertumbuhan ini anak sangat membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang mereka peroleh dari makanan sehat. Sementara itu, ketika si kecil tidak mau makan maka kondisi ini akan mempengaruhi kebutuhan gizi dalam tubuhnya. Baca juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi

Ketika disuapi menolak, diberikan sayuran tidak mau bahkan mereka menolak mentah-mentah saat disuapi nasi. Maunya hanya minum susu dan susu sepanjang hari. KOndisi seperti ini tentu menuai kekhawatiran yang besar pada buah hati. Lantas mengapa kondisi ini bisa terjadi? Nah, untuk mengetahui jawabannya mari simak informasinya dibawah ini.

Penyebab Bayi Susah Makan dan Hanya Mau Minum Susu

Penyebab Bayi Susah Makan dan Hanya Mau Minum Susu

Ketika anak susah makan dan hanya masu minum susu, ibu mungkin akan khawatir dengan kondisi ini. Akan tetapi, tidak sedikit ibu yang merasa tidak masalah dengan kondisi ini. Mereka menganggap memberikan susu sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi pada buah hatinya. Tak heran bila kondisi ini membuat sebagian ibu akan menambah porsi susu pada si kecil. Artikel lainnya: Seberapa Sering Bayi Perlu Mandi dan Keramas?

Namun bagaimanapun kebutuhan gizi pada bayi yang sudah beranjak lebih besar tidak akan cukup hanya didapat dari susu saja. Mereka akan butuh vitamin dan nutrisi lain yang tidak terdapat pada susu. Sementara itu, untuk memudahkan ibu mengetahui penyebab anak susah makan dan hanya mau minum susu. Maka mari simak beberapa informasinya dibawah ini.

Rasa Susu yang Dianggap Lebih Enak

Sebagian anak yang sudah jatuh cinta dengan rasa susu dibandingkan dengan makanan memang cenderung susah makan. Rasa susu yang enak, antara gurih dan masih umumnya memang disukai anak-anak. Hal inilah yang mungkin membuat mereka cenderung malas mencicipi makanan dengan rasa yang lain. Apalagi untuk sayuran yang cenderung hambar dan tidak ada rasanya.

Oleh karenanya, guna mensiasati masalah ini maka mungkin ibu dituntut untuk lebih kreatif mengatasi masalah ini. Misalkan anda dapat menyertakan rasa yang lebih beragam dan tidak terpaku pada jenis makanan yang itu-itu saja.

Malas Mengunyah

Selain rasa, tekstur dari susu yang encer dan mudah ditelan mungkin menjadi perbandingan yang lebih baik untuk si kecil. Hal ini pulalah yang membuat mereka lebih memilih menyantap susu dibandingkan dengan makanan bertekstur. Terutama makanan dengan tekstur yang keras seperti cereal, kue dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasi masalah ini maka mungkin ibu dituntut untuk lebih selektif memilih makanan dengan tekstur yang mudah dicerna. Seperti biskuit, bubur dan masih banyak lagi.

Gangguan Oral Motor

Proses makan terjadi dari mulai memasukan makanan dimulut, menelan dan mengunyahnya. Dimana proses ini memerlukan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar pada bagian sekitar mulut saat berperan dalam proses makan tersebut.

Proses inilah yang terkadang bisa menjadi penyebab masalah sulit makan pada bayi. Ketika menghadapi kondisi ini maka mungkin ibu akan membutuhkan metode untuk mengajarkan si kecil agar mau mulai mengkonsumsi makanan bertekstur.

Loading...