Penyebab Bayi Menangis Saat Tidur dan Cara Menenangkannya

Penyebab Bayi Menangis Saat Tidur  – Apakah si kecil sering menangis dalam tidurnya? Hal ini tentu akan membuat anda khawatir. Secara umum, menangis saat tidur pada bayi bukanlah hal yang membahayakan. Namun, apabila dibiarkan kondisi ini akan dapat mengganggu pola tidur si kecil dan membuat tidurnya tidak nyenyak dan tidak berkualitas.

Lantas apa penyebab bayi menangis dan mengigau saat tidur dan bagaimana cara menenangkannya? Untuk mengetahuinya yuk simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Bayi Menangis Saat Tidur

Penyebab Bayi Menangis Saat Tidur

Bayi yang baru lahir biasanya ia akan mengigau dalam bentuk menjerit, menangis atau tersenyum sendiri saat tidur. Hal ini disebabkan karena si kecil belum mempunyai siklus tidur yang teratur sehingga selalu mengigau saat tidur. Selama si kecil tidak mempunyai gejala selain menangis ketika tidur, maka kondisi ini dianggap normal dan tidak berbahaya.

Baca juga : Tips Memancing Bayi Tertawa Untuk Mendukung Perkembangannya

Seiring usia si kecil yang semakin bertambah dan pada saat si kecil sudah mampu mengekspresikan dirinya, menangis dan mengigau saat tidur bisa saja menjadi tanda bahwa si kecil sedang mengalami night terror. Kondisi ini biasanya akan dialami oleh anak usia 3 sampai 12 tahun. Kondisi ini juga bisa dialami ketika sedang sakit atau pada saat jam tidur anak kurang.

Selain itu, beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan bayi menangis dan mengigau ketika tidur seperti berikut ini :

  • Si kecil tidur dalam kondisi lelah
  • Si kecil beradaptasi dengan suhu ruangan, karena berbeda dengan suhu dalam kandungan
  • Si kecil terkejut saat mendengar suara keras
  • Si kecil terpengaruh akibat keadaan atau suara di lingkungan saat tidur
  • Sedang sakit sehingga tidur si kecil tidak nyenyak
  • Tidurnya tidak nyenyak dan menangis saat sedang tumbuh gigi karena merasakan sakit
  • Si kecil mengalami mimpi buruk dalam tidurnya

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Menangis Saat Tidur?

Bayi biasanya hanya akan menangis sebantar saat sedang tidur. Kemudian tangisannya akan berhenti dan ia akan tidur kembali. Apabila tangisannya lama, anda bisa mencoba melakukan hal-hal berikut ini agar si kecil merasa lebih tenang :

  • Anda harus memperhatikan kondisi si kecil, apakah tangisannya sebentar atau lama. Jika tangisannya berlanjut, anda bisa menenangkan si kecil dengan cara mengusap kepala, punggung atau perut dengan lembut sampai tangisan si kecil mereda dan ia tidur kembali.
  • Selain itu, anda juga bisa bersenandung lembut untuk si kecil. Ini dilakukan agar si kecil merasa tenang karena hadirnya anda di samping si kecil.
  • Beberapa bayi tidurnya akan menjadi lebih nyenyak pada saat disusui. Sehingga saat buah hati anda menangis saat tidur, tidak ada salahnya anda menyusui si kecil dengan perlahan. Namun, pastikan anda tidak membangunkan si kecil.

Kapan Harus Berkonsultasi Pada Dokter?

Si kecil sering menangis dan mengigau saat tidur pada umumnya bukanlah kondisi yang serius. Namun, meskipun begitu anda harus waspada dan berkonsultasi pada dokter apabila si kecil mengalami kondisi seperti berikut ini :

  • Pola tidur si kecil tiba-tiba mengalami perubahan
  • Sering menangis dan mengigau saat sedang tidur
  • Menangis lama saat tidur dan sulit dihentikan
  • Si kecil sulit menyusu sehingga jam tidurnya terganggu

Lihat juga : Tips Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak dengan Mudah

Nah, bund apabila buah hati anda menangis dan mengigau terus menerus saat tidur dan mengganggu pola tidurnya, anda jangan ragu untuk melakukan konsultasi pada dokter.

 

Loading...