Ketahui Penyebab Bayi Baru Lahir Tidak Pipis Semalaman

Ketahui Penyebab Bayi Baru Lahir Tidak Pipis Semalaman – Bayi baru lahir hanya mendapatkan asupan makanan dan minumannya dari ASI. Tak heran bila mereka bisa sangat rampus ketika diberikan ASI dan bisa terus menerus meng-ASI pada ibunya. Kondisi inilah yang mungkin membuat si kecil mudah mengompol atau pipis setiap waktu. Hanya saja, dalam beberapa kondisi ada bayi yang dijumpai tidak pipis semalaman. Lantas apakah kondisi tersebut berbahaya? Lalu apa penyebabnya? Simak dibawah ini.

Bayi baru lahir memang dikenal cepat mengompol dan membuat persediaan popok yang ibu siapkan cepat habis. Maklum lah bu, saat ini kan si kecil hanya minum dan makan ASI saja. Ketika porsi ASI yang didapatnya berlebih maka yang terjadi adalah si kecil yang akan sering mengompol. Namun selama kondisi ini adalah hal yang wajar dan porsi ASI yang ibu berikan padanya tidak melebihi batas yang ditentukan maka kondisi ini baik-baik saja.

Hanya saja, dalam suatu kondisi bisa jadi ibu menemukan si kecil yang biasanya sering mengompol. Namun pada pagi hari ibu tidak sama sekali mendapati popoknya basah. Hal ini lantas membuat ibu mengasumsikan bahwa si kecil tidak pipis semalaman?  Nah, apakah kondisi ini wajar? Lalu apa sih penyebabnya? Mari simak dibawah ini. Baca juga: Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya

Ketahui Penyebab Bayi Baru Lahir Tidak Pipis Semalaman

Ketahui Penyebab Bayi Baru Lahir Tidak Pipis Semalaman

Bayi baru lahir umumnya akan cepat menangis pada saat popoknya basah akibat pipisnya. Hanya saja, pada saat si kecil tidak pipis sama sekali semalaman hal ini mungkin membuat ibu merasa bingung. Akan tetapi demikian, kondisi ini memang perlu mendapatkan perhatian lebih. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan kondisi ini terjadi? Mari simak dibawah ini.

Bayi Alami Dehidrasi

Hal pertama yang dapat menyebabkan bayi tidak pipis semalaman bisa jadi diakibatkan oleh dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang dapat terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.
Ketika kondisi ini terjadi pada bayi, apalagi bayi baru lahir yang belum mendapatkan asupan makanan pendamping dan cairan lain. Maka dampaknya bisa berbahaya. Oleh karenanya, penting sekali memastikan si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup dalam tubuhnya.

Terkadang si kecil pun akan butuh untuk meng-ASI pada malam hari. Jadi demikian, sebelum ibu tertidur maka sebaiknya pastikan mengasup mereka dengan ASI terlebih dahulu. Akan tetapi demikian, biasanya bayi yang kurang ASI umumnya akan sering menangis. Nah, tangisan ini bisa menjadi sinyal untuk ibu bisa memberikan mereka ASI.

Bayi Anda Sedang Demam

Penyebab lain yang membuat si kecil tidak pipis semalaman bisa jadi dipengaruhi oleh demam yang diderita oleh si kecil. Hal ini dikarenakan ketika tubuh bayi naik suhunya maka kondisi ini akan mungkin membuat bagian tubuhnya yang lain mengeluarkan banyak keringat.

Sehingga demikian, keluarnya cairan yang berlebihan dari tubuh si kecil membuat pipis atau air seni yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit. Untuk itu, ketika ibu mendapati si kecil tidak pipis semalaman maka silahkan cek suhu tubuhnya dengan baik.

Bayi Anda Terkena Diare

Jika bayi anda terkena dengan diare maka kondisi ini akan membuat si kecil lebih beresiko mengalami dehidrasi. Diare pada bayi akan dapat menyebabkan cairan dalam tubuh menjadi terkuras habis dan keluar bersama dengan pada saat mereka buang air besar. Kondisi inilah yang akan rentan membuat si kecil mengalami kekurangan cairan dan hampir jarang pipis.

Loading...