Penyebab Asi Bercampur Darah yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Asi Bercampur Darah – ASI atau air susu ibu merupakan sumber makanan utama untuk si kecil. ASI memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Nah, ketika menyusui buah hati, beberapa ibu sering menemukan masalah salah satunya ASI bercampur dengan darah.

Ketika ASI bercampur dengan darah, banyak ibu yang merasa takut dan ragu memberikan ASI untuk si kecil. ASI yang hanya tercampur darah sedikit tidak apa dikonsumsi si kecil. Selama darah yang terdapat pada ASI tidak banyak, anda dapat memberikan ASI pada buah hati.

Namun, meskipun begitu anda harus memperhatikan reaksi bayi ketika menyusu. Apabila si kecil tidak mau menyusu, bisa saja rasa ASI berubah karena tercampur dengan darah yang banyak. Nah, untuk mensiasati kondisi ini anda bisa membuang ASI, kemudian perah lagi agar mendapatkan ASI baru.

ASI berdarah itu sendiri disebabkan oleh berbagai hal. Nah, berikut ini beberapa penyebab ASI bercampur darah yang harus diketahui.

Penyebab Asi Bercampur Darah

Penyebab Asi Bercampur Darah yang Harus Anda Ketahui

Mengetahui penyebab ASI bercampur darah sangat penting sehingga anda bisa mengatasinya dengan tepat.

Terdapat Luka Pada Puting

ASI bercampur darah penyebabnya yang paling umum yaitu karena pada puting terdapat luka. Luka yang terjadi bisa saja disebabkan karena gigitan si kecil ketika menyusu, bayi yang suka menarik puting ibu saat menyusu atau si kecil mengisap dengan kuat.

Untuk mengatasi puting terluka, anda bisa mencoba menggunakan obat atau salep yang dioleskan pada puting. Pastikan anda memilih obat dengan kandungan yang aman untuk si kecil. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui obat atau salep apa yang aman untuk anda.

Baca juga : Puting Berdarah Saat Menyusui

Memakai Pompa ASI

Selain adanya luka pada puting, ASI bercampur darah juga bisa disebabkan karena pompa ASI. Jika anda menggunakan pompa dengan cara yang salah atau isapan pompa terlalu kuat maka akan dapat membuat puting anda terluka sehingga efeknya ASI bercampur dengan darah. Selain itu, pompa ASI yang tidak cocok dengan payudara anda akan menyebabkan kondisi ini.

Pembuluh Darah Membengkak

Pembuluh darah yang terdapat pada payudara dapat bengkak dan pecah, dimana hal ini akan menyebabkan ASI bercampur darah. Dimana kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang baru menyusui, saat aliran darah menuju payudara meningkat seiring dengan jaringan pada payudara meningkat. Namun, anda jangan khawatir karena kondisi ini dapat pulih dengan berangsur.

Pecahnya Pembuluh Darah Kapiler

Pada payudara pembuluh darah kapiler bisa pecah yang akan menyebabkan ASI bercampur darah. Kondisi ini bisa terjadi disebabkan karena si kecil menyusu atau mengisap puting anda terlalu keras, apalagi saat payudara anda penuh.

Selain karena isapan si kecil yang terlalu kuat, pembuluh darah kapiler pecah juga bisa disebabkan karena kerasnya tekanan pompa ASI. Oleh karena itu, ketika anda memompa ASI pastikan payudara anda posisinya rileks dan tepat.

Adanya Tumor Jinak

Pada payudara bisa jadi terdapat tumor jinak yang disebut dengan papilloma intraductala atau fibrokistik. Kondisi ini akan dapat menyebabkan ASI menjadi berdarah. Walaupun tergolong tumor jinak, namun alangkah lebih baik jika anda selalu memperhatikan perubahan penampilan payudara serta puting anda. Selain itu, lihat juga tampilan ASI anda. Karena bisa saja keluarnya cairan bening atau berdarah yang bukan seperti ASI, menjadi gejala masalah kesehatan tertentu atau bahkan kanker payudara.

Lihat juga : Tips Menyusui Saat Bayi Tumbuh Gigi

Itulah beberapa penyebab ASI bercampur darah yang penting anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Loading...