Penanganan Hipotermia Pada Bayi yang Penting

Penanganan Hipotermia Pada Bayi yang Penting Diketahui Orangtua – Hipotermia atau turunnya suhu tubuh yang terjadi secara drastis akan mungkin membahayakan kesehatan seseorang. Apalagi jika dalam kasus ini yang mengalaminya adalah bayi. Perlu diketahui hipotermia yang parah akan dapat berujung kematian. Sehingga demikian penting sekali untuk anda mengetahui penanganan hipotermia pada bayi.

Hipotermia termasuk kedalam kondisi kesehatan yang membutuhkan penanganan medis darurat dengan segera. Keadaan ini dapat terjadi ketikan suhu atau temperatur tubuh menurun secara drastis dibawah suhu yang normal. Dimana suhu tubuh normal akan dibutuhkan oleh metabolisme dan fungsi tubuh lainnya, yakni dibawah 35 derajat Celcius.

Ketika temperatur tubuh berada jauh dibawah titik yang normal. Maka kondisi ini akan dapat membuat sistem syaraf dan fungsi organ tubuh lainnya menjadi terganggu. Bila tidak segera ditangani kondisi ini akan dapat menyebabkan kegagalan sistem pernapasan dan sistem sirkulasi jantung. Pada kondisi yang lebih buruk hal ini akan dapat menyebabkan kematian.

Penanganan Hipotermia Pada Bayi yang Penting Diketahui Orangtua

Apalagi pengaruhnya akan jauh lebih buruk ketika kondisi ini terjadi pada anak atau bayi baru lahir. Terutama bila mengingat suhu tubuh bayi umumnya begitu hangat. Nah, untuk mengetahui penanganan hipotermia pada bayi maka mari simak dibawah ini. Baca juga: Pahami Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

Penanganan Hipotermia Pada Bayi yang Penting Diketahui Orangtua

Ada cukup banyak faktor yang dapat membuat seseorang mengalami hipotermia, termasuk pada bayi. Kondisi ini dapat diakibatkan dari kurangnya pakaian yang hangat pada cuaca dingin. Terlalu sering berada ditempat dingin, sering membawa bayi keluar rumah saat cuaca ekstrim dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk mengetahui penanganan hipotermia pada bayi. Maka dibawah ini anda akan dapat menyimak informasi pentingnya.

Berikan Pakaian yang Hangat

Hal penting pertama ketika orangtua mendapati si kecil menggigil dan kedinginan. Maka segera berikan mereka pakaian yang lebih hangat. Atau bila anda kesulitan mendapatkan pakaian atau baju yang hangat maka bungkus mereka dengan selimut.

Gejala hipotermia pada bayi akan mungkin sulit dikenali dibandingkan dengan yang terjadi pada orang dewasa. Apalagi jika yang anda hadapi adalah bayi baru lahir. Untuk mengetahui kondisi ini anda dapat menyentuh tubuh dan tangan si kecil. Ketika tubuhnya dingin dan terasa janggal pada saat cuaca dingin. Maka segera hangatkan mereka dengan cepat.

Masukkan dalam Inkubator

Penanganan hipotermia pada bayi yang lainnya adalah dengan menempatkan bayi kedalam tabung inkubator. Dimana alat yang satu ini akan memungkinkan si kecil mendapatkan suhu yang lebih hangat untuk mengembalikan suhu tubuhnya pada kondisi yang normal.

Hal ini akan dapat dilakukan di rumah sakit atau di bidan yang menyediakan mesin inkubator. Penanganan hipotermia pada bayi memang penting untuk segera diberikan. Terlebih lagi jika si buah hati memiliki riwayat kesehatan yang buruk sejak mereka lahir.

Pemberian Oksigen

Hal lainnya dalam penanganan hipotermia pada bayi adalah dengan memberikan oksigen pada si kecil. Hal ini dikarenakan hipotermia akan mungkin membuat si kecil mengalami gangguan pernapasan yang membuat mereka mengalami sesak. Oleh karenanya, pemberian oksigen dengan segera akan sangat dibutuhkan untuk membantu si kecil mengembalikan kondisinya dengan baik.

Kekurangan oksigen akan dapat menyebabkan fungsi otak menjadi menurun dan kondisi ini pun akan dapat menyebabkan fungsi organ tubuh pun ikut menurun. Jadi demikian, pemberian oksigen akan sangat dibutuhkan dengan segera.

Loading...