Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas yang Penting Dipenuhi

Memiliki anak yang cerdas menjadi dambaan setiap orang tua. Anak cerdas akan mendapatkan prestasi yang gemilang dan tentu menjadi kebanggaan untuk orang tua. Untuk mewujudkannya, anda dapat membantu perkembangan otak anak dengan memberikan nutrisi yang baik untuk otak. Berikut ini nutrisi otak agar anak cerdas.

Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

Anda bisa mendapatkan nutrisi otak agar anak cerdas dari aneka makanan yang sehat. Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Manfaat Sayuran Untuk Anak yang Menakjubkan)

Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

Omega-3 dan Omega-6

Kedua jenis asam lemak ini diperlukan untuk otak anak. DHA merupakan bagian dari omega-3, yang diperlukan untuk membangun 8 % dari total berat otak si kecil. Sehingga asam lemak yang satu ini sangat bermanfaat untuk mendukung otak anak menjadi lebih optimal.

Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dan omega-6 dari beberapa jenis makanan seperti, aneka ikan berminyak misalkan makarel, salmon dan sarden. Sedangkan untuk menambah asupan omega-6 anda dapat memberikan si kecil kacang-kacangan seperti almond, kedelai, dan mede. Anda dapat memberikannya sebagai cemilan sehat.

Kolin

Kolin memiliki fungsi yang mirip dengan vitamin. Kolin masih satu kelompok dengan vitamin B kompleks dan folat. Kolin memiliki fungsi penting untuk menjalankan fungsi tubuh, termasuk untuk fungsi kognitif serta kekuatan otak anak. Kolin akan membantu memproduksi DNA, serta sinyal saraf pada otak anak akan meningkat. Perkembangan otak anak akan menjadi lebih maksimal jika sinyal otak anak berkembang dengan optimal, sehingga efeknya si kecil akan semakin cerdas.

Kolin mampu mengaktifkan asetilkolin, yang merupakan senyawa kimia untuk membantu komunikasi di antara saraf dan otot. Sehingga dengan begitu anak akan lebih berkonsentrasi dan daya ingatnya akan meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan kolin, anda dapat memberikan makanan yang menjadi sumber kolin. Bahan makanan yang menjadi sumber kolin terbaik yaitu telur. Hanya saja, jika anak tidak bisa makan telur karena alergi, maka anda bisa memberikan makanan mengandung kolin lainnya seperti daging, ayam, susu dan salmon.

Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperti yang kita ketahui, zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia. Namun selain itu, zat besi juga ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan si kecil.

Zat besi diperlukan oleh sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke sel tubuh, termasuk otak. Zat besi ini digunakan agar kemampuan, serta fungsi otak anak menjadi meningkat. ( Lihat juga : Bahan Makanan Untuk MPASI Bayi yang Disarankan )

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak, anda dapat memberikan makanan yang mengandung zat besi seperti nasi, sereal, daging merah, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Folat

Folat tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan merupakan bentuk alami vitamin B9. Folat hanya bisa didapat dari makanan. Folat memiliki fungsi untuk membentuk DNA, serta menjadikan sistem saraf pada otak kuat selama dalam masa pertumbuhannya.

Agar anak anda mendapatkan manfaat dari folat, anda bisa memberikan brokoli atau sayur bayam. Sayuran berwarna hijau mengandung tinggi folat yang bermanfaat untuk perkembangan otak. Selain dari sayuran, anda bisa mendapatkan folat dari daging ayam, tempe, hati sapi dan biji-bijian.

Vitamin B12

Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk anak dalam masa tumbuh kembang. Vitamin B12 berperan untuk perkembangan otak anak. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa anak yang kekurangan vitamin B12 rentan mengalami peradangan, serta kecepatan impuls saraf pada otak akan terhambat. Selain itu vitamin B12 juga dapat membantu produksi DNA dan RNA yang memiliki peran penting untuk perkembangan otak anak.

Anda dapat memberikan makanan mengandung vitamin B12 untuk si kecil seperti tempe, telur, susu almon, susu kedelai, keju cheddar atau sereal yang diperkaya untuk sarapan.

 

Loading...