Menu Makanan Bayi Agar Cerdas Untuk Diberikan Kepada Si Kecil

Diposting pada

Menu Makanan Bayi Agar Cerdas – Seorang bayi yang cerdas tentunya memiliki asupan gizi dan juga nutrisi yang memang diinginkan oleh setiap orang tua. Tentunya, ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan pada anak. Hal ini memang erat kaitannya dengan nutrisi yang didapatkan oleh bayi tersebut. Maka dari itu, kami sajikan beberapa menu makanan bayi agar cerdas berikut ini!

Para orang tua pastinya menginginkan anaknya memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tingkat kecerdasan memang didapatkan oleh anak karena adanya faktor tertentu yang memang mendukung anak tersebut. Selain dari kesehatan jasmani dan juga rohani, faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan pada anak tidak luput pula dari asupan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Oleh karena itu, memang sangat penting bagi Anda untuk menjaga asupan nutrisi untuk si kecil.

Hal yang memang sering diabaikan oleh orang tua ialah mengenai masalah gizi dan juga nutrisi. Padahal, asupan ini memang sangat penting bagi si kecil. Otak anak memang menjadi lebih peka dalam menerima dan juga memberi informasi jika asupan gizi dan juga gizi terpenuhi. Memberikan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh menjadi sumber dalam membuat otak si kecil menjadi lebih cerdas. dalam memberikan menu makanan pada si kecil tentunya Anda jangan sembarangan. Ada beberapa menu makanan yang justru akan membuat tingkat kecerdasan si kecil menjadi menurun. Berikut ini kami sajikan menu makanan bayi agar cerdas untuk Anda! Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk Yang Harus Anda Lakukan

Menu Makanan Bayi Agar Cerdas

menu makanan bayi agar cerdas

Makanan memang menjadi sumber terpenting dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan makanan memang mengandung gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi bayi tentunya mendapatkan kandungan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan dalam perkembangan dan juga pertumbuhan bayi.

Kandungan ASI memang berperan aktif dalam menjaga sistem imunitas dan juga daya tahan tubuh bayi. ASI dapat membantu dan juga melindungi kesehatan tubuh bayi. ASI mengandung vitamin-vitamin dan juga omega-3 yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan dapat memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi oleh susu formula. Lihat juga: 26 Makanan Pelancar ASI Untuk Ibu Menyusui Yang Harus Anda Ketahui

Tentunya, banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan ASI berisiko lebih rendah dalam terkena infeksi pernapasan dan juga saluran pencernaan. Dalam memberikan ASI kepada bayi tentunya tidak ada batasan sama sekali jumlah yang harus diberikan. Dalam hal ini tentunya Anda dapat memberikan bayi sesering mungkin hingga bayi merasa puas.

Akan tetapi, ketika bayi berusia 4 bulan, tentunya bayi akan mendapatkan minimal 600 ml ASI setiap harinya. Pada usia 6 bulan, ASI merupakan makanan utama yang memang paling baik dan juga penting bagi perkembangan bayi. ASI dan juga susu formula memang sudah lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan bayi Anda. Untuk itu, jangan memberikan menu makanan dan juga minuman lain seperti jus.

Daftar Menu Makanan Bayi Agar Cerdas

1. Produk Susu

Jenis menu makanan bayi yang pertama ialah menu makanan dari produk susu. Hal ini memang sangat wajar mengingat susu menjadi salah satu sumber makanan bagi bayi. Baik ASI maupun susu formula memang menjadi jenis minuman sehat yang memang mengandung nutrisi dan juga gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Pada ASI ataupun susu formula mengandung kalium kalsium, protein, vitamin B dan juga vitamin D yang memiliki peran yang cukup penting bagi pertumbuhan dan juga perkembangan otak bayi dan juga enzim.

Ketika si kecil sedang dalam masa pertumbuhan, inilah saatnya bagi Anda untuk memberikan asupan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh bayi. Gizi dan juga nutrisi yang ada pada susu pastinya menjadi sumber bagi tumbuh kembang si kecil. Sumber ini bukan hanya berupa susu, akan tetapi berlaku untuk beberapa jenis produk olahan lainnya yang terbuat dari susu yaitu yogurt dan juga keju yang sangat disukai oleh si kecil. Namun, Anda harus hati-hati dalam memilih produk olahan susu bagi si kecil. Pastikan Anda untuk memilih produk olahan susu yang terbaik dan juga yang memiliki kualitas yang premium juga.

2. Buah Berry

Beberapa jenis buah yang termasuk ke dalam buah berry yaitu strawberry, raspberry, blueberry dan juga blackberry. Semua jenis buah berry itu memang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ternyata, buah berry memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan juga mendukung dalam tumbuh kembang si kecil. Buah berry tentunya dapat diberikan langsung pada si kecil atau juga diolah dulu menjadi minuman lunak seperti jus. Buah berry memang tidak diragukan lagi akan gizi dan juga nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk perkembangan dan juga pertumbuhan si kecil terutama kecerdasan pada otak si kecil.

Bukan hanya daging dari buahnya saja, biji dari buah berry juga mengandung asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai salah satu jenis sumber nutrisi yang memiliki peranan yang cukup baik untuk membantu perkembangan tubuh dan juga kecerdasan otak si kecil. Vitamin C dan juga anti-oksidan yang ada dalam buah berry setidaknya mengurang stres dan juga meningkatkan kekebalan pada tubuh si kecil.

3. Beras Merah dan Gandum Utuh

Gandum dan juga beras merah memang sudah tidak bisa diragukan lagi akan gizi dan juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, beras merah dan juga gandum membantu pertumbuhan dan juga perkembangan otak si kecil dalam masa pertumbuhannya. Tidak heran jika banyak produk MPPASI yang berasal dari beras merah dan juga gandum.

Untuk memberikan olahan sumber makanan ini untuk si kecil, tentunya Anda dapat mengolah menu makanan ini menjadi sajian lain seperti bubur beras merah dan juga bubur gandum. Agar memiliki nutrisi dan juga gizi yang lebih, Anda dapat mencampurkan beras merah dan juga gandum dengan menu makanan lainnya seperti daging dan juga sayuran. Selain menghidangkan rasa yang lezat bagi si kecil, mencampurkan sumber makanan juga menjadi sesuatu yang cukup penting bagi Anda.

4. Bubur

Tentunya, memilih menu makanan bubur untuk bayi memang sangat banyak dan juga bervariatif. Bubur memang menjadi sumber makanan terbaik bagi si kecil. Ada beberapa menu makanan si kecil yang berasal dari bubur, diantaranya:

– Bubur Kentang

Kentang memang termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Memberikannya untuk si kecil tentunya menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda. Untuk membuat bubur dari kentang, Anda cukup menghaluskan kentang yang sudah dikukus dengan menggunakan blender atau alat penumbuk. Setelah itu, campurkan dengan sedikit demi sedikit ASI sekitar 50 ml kemudian aduk sampai benar-benar halus. Anda dapat mengganti ASI dengan susu formula jika memungkinkan.

– Bubur Sayur

Sayur memang sudah tidak dapat diragukan lagi akan manfaat dan juga khasiatnya untuk tubuh kita. Tidak hanya bayi, orang dewasa juga memang diharuskan untuk mengonsumsi sayuran setiap harinya. Seperti brokoli yang merupakan sayuran yang terbaik untuk bayi Anda. Anda dapat mengukus brokoli, lalu haluskan dengan cara diblender dan campurkan dengan ASI ataupun susu formula. Anda juga dapat mengganti jenis sayuran seperti wortel.

– Bubur Buah

Selain sayur, bubur buah juga memang menjadi salah satu sumber makanan bagi bayi. Bubur buah memang mengandung banyak vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi pertumbuhan dan juga perkembangan si kecil. Jenis buah yang paling banyak digunakan untuk membuat bubur ialah pisang ambon. Pasalnya, pisang ini memang menjadi salah satu jenis pisang yang paling banyak mengandung asam folat yang baik untuk mendukung otak si kecil. Dalam pembuatannya memang cukup mudah, pisang ambon dihaluskan dan diblender. Lalu campurkan ASI ataupun susu formula ke dalamnya, aduk sampai merata. Selain itu, Anda dapat mengganti buah pisang dengan buah alpukat sebagai menu harian si kecil.

– Bubur susu

Bubur susu memang kerap dijadikan sebagai menu makanan utama bagi bayi. Bubur susu ini dibuat dengan mencampurkan tepung beras dan ASI ataupun susu formula sebagai pengencernya. Cara yang dapat lakukan ialah dengan membuat tepung beras terlebih dahulu. Lalu, larutkan tepung beras dengan susu dan masak di api yang kecil hingga mendidih dan campuran tepung beras tersebut sedikit mengental. Jika terlihat ada tepung yang menggumpal, lebih baik Anda saring terlebih dahulu.

Menjaga asupan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil memang menjadi hal yang harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, nutrisi dan gizi anak memang sangat dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan tubuh dan juga perkembangan otak. Maka dari itu, membuat menu makanan bayi agar cerdas memang sebuah keharusan bagi Anda. Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai menu makanan bayi agar cerdas. Semoga bermanfaat!

Loading...