Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya

Diposting pada

Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya – Ketika memasuki usia 6 lebih kini bayi anda sudah bisa diberikan makanan pendamping atau yang disebut dengan MPASI. Makana pendamping akan dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi yang tidak mereka dapatkan dari ASI. Hanya saja, terkadang ibu bingung menentukan takaran yang cukup saat memberikan bayi mereka MPASI. Simak mengetahui takaran porsi makan bayi sesuai dengan usianya dibawah ini.

Usia 6 bulan pada bayi kini membuat tubuh mereka membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi dan gizi dari makanan yang lebih padat. Waktu 6 bulan dianggap telah cukup siap dan matang untuk sistem pencernaan bayi mengolah makanan yang lebih padat.

Oleh karenanya, pada saat bayi memasuki usia yang cukup diberikan makanan. Maka ibu harus bersiap untuk mulai menyiapkan kebutuhan MPASI yang diperlukan oleh si buah hati. Akan tetapi sebenarnya berapa takaran pemberian MPASI yang dianjurkan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini tentang mengetahui takaran porsi makan bayi sesuai dengan usianya. Baca juga: Persiapan MPASI Saat Bepergian (Traveling)

Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya

Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya

Memberikan makanan pada bayi berusia 6 bulan bisa jadi kegiatan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Apalagi untuk anda para ibu baru yang belum memiliki banyak pengalaman mengurus buah hati.

Terkadang kegiatan paling membingungkan dalam memberikan si kecil makanan pendamping bukan terletak dari menu makanan bayi. Namun lebih kepada seberapa takaran yang cukup untuk diberikan padanya. Nah dibawah ini adalah mengetahui takaran porsi makan bayi sesuai dengan usianya.

Mengetahui Takaran Porsi Makan Bayi Sesuai dengan Usianya : Bayi Usia 6 Sampai dengan 8 Bulan

Pada usia bayi yang baru saja pertama kali diberikan dengan makanan pendamping. Pemberian makanan ini tidak perlu dilakukan secara bertubi-tubi. Cukup diberikan sedikit saja maka anda akan cukup memberikan makanan pendamping untuknya.

Hal ini dikarenakan tujuan utamanya agar si kecil mau dan mampu untuk makan makanan padat pada saat usianya mencapai satu tahun. Sementara itu, dibawah ini adalah pedoman dalam menentukan porsi makanan pendamping untuk bayi berusia 6 sampai dengan 8 bulan.

  • Dalam tahapan ini ASI masih menjadi makanan pokok dan utama yang harus didapatkan oleh bayi. Makanan pendamping hanya dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi yang kurang didapatkan dari ASI. Jadi tidak masalah pemberian makanan pendamping pada masa ini masih sedikit.
  • Awali dengan sereal bayi pada saat anda mengenalkan makanan pendamping pada anak. Makanan lunak seperti sereal bayi akan lebih mudah dicerna oleh mulut dan sistem pencernaannya dengan baik.
  • Berikan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Pemberian buah pun tidak perlu terlalu banya. Selain itu, anda bisa memberikan makanan ini secara bergantian.
  • Berikan daging yang dihaluskan untuk memudahkan si kecil mencerna makanan ini. Nutrisi dalam daging akan dibutuhkan oleh si kecil.
  • Protein nabati akan sangat dibutuhkan oleh si buah hati. Adapun beberapa nutrisi dari makanan ini bisa anda dapatkan dari makanan seperti tahu, kacang kedelai dan lain sebagainya.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengetahui takaran porsi makan bayi sesuai dengan usianya. Semoga bermanfaat dan membantu anda menentukan porsi yang tepat untuk si buah hati.

Loading...