Mengetahui Karies Pada Gigi Anak Akibat Terlalu Banyak Makan Permen

Mengetahui Karies Pada Gigi Anak Akibat Terlalu Banyak Makan Permen – Selama ini sebagai orangtua, kita mungkin hanya mengetahui dampak dari terlalu banyak mengkonsumsi permen pada anak akan dapat menyebabkan sakit gigi. Akan tetapi, disamping akibat tersebut rupanya masalah gigi yang lebih buruk akan dapat terjadi. Salah satunya adalah karies atau pembusukan gigi pada anak. Untuk mengetahui karies pada gigi anak akibat terlalu banyak makan permen. Mari simak informasinya dibawah ini.

Meski sudah tahu tidak baik untuk kesehatan, akan tetapi permen, coklat dan segala macam makanan yang manis memang tidak dapat dipisahkan dari genggaman anak-anak. Padahal penelitian menunjukan bahwa makanan dengan kandungan kadar gula yang terlalu tinggi akan dapat menyebabkan anak sakit gigi. Tentunya, kondisi sakit gigi akan semakin menyiksa tatkala anak yang masih kecil mengalami kondisi yang satu ini.

Nah, selain kondisi sakit gigi yang akan menyiksa, dampak lain dari kondisi terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula akan berbahaya. Yakni pembusukan gigi yang berbahaya. Ingin tahu seperti apa? Mari simak dibawah ini. Baca juga: Cara Turunkan Panas Demam Pada Anak Untuk Hindari Kejang

Mengetahui Karies Pada Gigi Anak Akibat Terlalu Banyak Makan Permen

Mengetahui Karies Pada Gigi Anak Akibat Terlalu Banyak Makan Permen

Makanan manis yang dikonsumsi oleh anak-anak akan menempel pada gigi. Seperti misalkan buah-buahan kering, sisa makanan atau mungkin lolipop akan dapat menyebabkan karies terjadi. Hal ini dikarenakan gula yang terdapat dalam makanan manis adalah karbohidrat. ATau sumber pangan utama dari bakteri penyebab plak yang timbul pada gigi.

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula lebih dari 4 kali dalam satu hari dipercaya menjadi penyebab utama yang akan dapat menyebabkan karies pada gigi.

Seperti yang kita ketahui umumnya anak-anak sulit dipisahkan dari konsumsi makanan manis seperti ini.
Hanya saja, ketika kondisi ini menjadi resiko bahaya dari kesehatan gigi si kecil maka mungkin anda akan perlu memperhatikan masalah ini dengan baik.

Bagaimana Terjadinya Pembusukan Gigi (Karies)

Pembusukan gigi dalam mulut akan terjadi ketika bakteri dalam mulut menggerogoti sisa gula dari makanan yang tersisa pada gigi. Adapun kondisi ini dilakukan agar bakteri dapat berkembang biak dan memproduksi asam pembentuk plak. Limbah asam inilah yang perlahan akan mampu mengikis lapisan enamel gigi dan menyebabkan pembusukan gigi dapat terjadi.

Akan tetapi, semakin sedikit anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula. Maka bakteri pun akan lebih sedikit memproduksi asam tersebut. Sebaliknya, semakin sering anak makan makanan manis maka semakin parah resiko pembusukan gigi dapat terjadi.

Cara Melindungi Kesehatan Gigi Anak

Membiarkan anak dirundung sakit gigi dan masalah gigi pada saat mereka masih kecil akan tentu bukan menjadi ide yang baik. Oleh karenanya, betapapun orangtua perlu mengetahui bagaimana cara melindungi kesehatan gigi anak dengan lebih baik. Mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Selingi dengan Makanan Sehat

Memang akan sedikit sulit rasanya untuk bisa menghindarkan makanan manis dari kehidupan anak-anak. Untuk mensiasati hal ini anda dapat menyelingi makanan manis dengan jenis makanan sehat lainnya. Dengan begini setidaknya ukuran atau takaran makanan manis yang dikonsumsi oleh buah hati akan berkurang dibandingkan dengan jumlah sebelumnya.

Biasakan Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Kegiatan yang satu ini mungkin menjadi hal sepele namun besar pengaruhnya terhadap kesehatan gigi anak. Jadi demikian, upayakan untuk si kecil selalu menjaga kebersihan mulut dan giginya. Caranya adalah pastikan mereka selalu menggosok gigi sebelum tidur pada malam hari.

Loading...