Mengenal Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu

Diposting pada

Mengenal Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu – Memberikan ASI pada bayi baru lahir sampai dengan cukup usia adalah hal penting dilakukan. Betapa tidak, sebelum mereka cukup usia diberikan makanan pendamping asupan nutrisinya hanya diperoleh dari ASI. Sementara itu, untuk mengetahui tanda bayi lapar dan kenyang saat menyusu. Mari kita simak dibawah ini.

Sebelum masuk pada usia yang cukup untuk diberikan makanan pendamping. Satu-satunya nutrisi yang diperoleh oleh bayi hanyalah didapat dari ASI yang ibu berikan. Untuknya, pemberian ASI selama periode emas minimal sampai dengan 6 bulan perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai karena beberapa hal, ibu lantai mengabaikan pemberian ASI ini pada bayi.

Tentunya dalam tahapan baru lahir, bayi akan membutuhkan asupan nutrisi penting sebagai modalnya untuk bisa bertumbuh. Sementara itu, satu-satunya pencukupan gizi yang diperoleh oleh si bayi hanya dari ASI. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk ibu melewatkan pemberian ASI untuk bayi baru lahir.

Mengenal Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu

Sementara itu, biasanya akan cukup sulit untuk ibu mengetahui kapan si kecil sudah kenyang meng-ASI. Tidak sama halnya ketika ia lapar dimana ibu akan dengan mudah mengenali gelagat ini dari si kecil yang menangis.

Nah, untuk mengenal tanda kenyang saat menyusu. Maka tak perlu khawatir beberapa hal dibawah ini akan memandu anda mengetahuinya.

Mengenal Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu

Bayi merupakan manunia kecil yang belum mengenal raa lapar. Pola makan bawaan bayi merupakan pola makan paling sehat didunia sebab ia akan makan saat ia lapar dan akan berhenti saat ia kenyang. Akan tetapi, dalam hal ini akan cukup sulit untuk ibu mengenali pola dan tanda dari si kecil saat mereka sudah kenyang ataupun saat lapar. Namun, untuk mengatasi kondisi ini anda dapat memperlajarinya dari beberapa hal dibawah ini.

Banyak ibu bertanya-tanya bagaimana mengetahui si kecil sudah merasa kenyang pada saat menyusui. Hal ini dikarenakan pada umumnya, ketika tidak dilepaskan oleh orangtua, si kecil akan terus menghisap ASI dari payudara ibu.

Payudara memang tidak transpran seperti botol dit, sehingga seringkali ibu merasa ragu memastikan kecukupan nutrisi ASI untuk bayinya. Namun beberapa tanda dibawah ini akan dapat ibu kenali dengan lebih mudah.

Genggaman yang Lebih Rileks

Bayi yang lapar pada umumnya akan terlihat seolah menggenggam dengan kuat bagian payudara ibunya. Akan tetapi, ketika mereka sudah mulai kenyang dan terasa penuh mereka akan mulai terlihat rileks. Bayi yang sudah meraa kenyang akan dapat dikenali dari genggaman yang mulai terbuka dan lebih tenang.

Ketika ibu menemukan tanda ini maka cobalah lepaskan dengan perlahan payudara ibu dari bibir si kecil. Dengan begini ibu bisa menghentikan menyusu pada saat yang tepat setelah si kecil merasa kenyang.

Hisapan yang Lebih Tenang

Selain genggaman yang kuat, bayi yang merasa lapar akan cenderung menghisap dengan kuat dan cepat. Sementara itu, ketika mereka merasa sudah lebih kenyang maka dengan perlahan hisapannya lebih tenang. Kecepatan pada saat menghisap pun terkesan menjadi lebih stabil.

Bahkan si kecil akan mulai rileks dan tertidur. Pada saat ini ibu bisa melepaskan puting ibu dari hisapannya dan biarkan ia tidur dengan pulas.

Itulah dia beberapa tanda dan gejala yang bisa anda simak untuk mengetahui kapan si kecil merasa kenyang saat menyusu. Dengan begini ibu akan dapat memastikan kecukupan ASI untuk si buah hati dengan baik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *