Mengenal Epilepsi Pada Bayi dan Penyebabnya

Mengenal Epilepsi Pada Bayi dan Penyebabnya – Kondisi epilepsi pada anak kemungkinan adalah jenis penyakit yang akan bertahan seumur hidup pada si buah hati. Kondisi penyakit yang ditandai dengan adanya kejang ini akan mungkin membuat si kecil tersiksa dengan kondisi yang satu ini. Oleh karenanya, mari simak lebih dalam mengenal epilepsi pada bayi dan gejalanya dibawah ini.

Epilepsi merupakan sebuah kondisi penyakit gangguan pada otak yang dapat diderita oleh siapa saja. Termasuk dengan bayi pada usianya yang masih begitu kecil. Masyarakat Indonesia mengenal kondisi penyakit bayi ini dengan sebutan penyakit “ayan” atau “sawan”. Tanda dari epilepsi pada dasarnya sudah dapat diketahui sejak anak masih bayi.

Kondisi penyakit bayi epilepsi adalah salah satu penyakit yang tergolong dapat dikendalikan dengan beberapa terapi dan konsumsi obat-obatan. Hanya saja, pada bayi yang masih begitu kecil. Pemberian obat-obatan belum bisa dilakukan dengan sembarang. Baca juga: Panduan Bijak Mengajari Anak Autisme Mengendalikan Diri

Mengenal Epilepsi Pada Bayi dan Penyebabnya

Mengenal Epilepsi Pada Bayi dan Penyebabnya

Anak yang mengidap epilepsi pada umumnya akan dapat tumbuh dengan normal seperti anak sehat lainnya. Kecuali saat serangan epilepsi itu terjadi. Kondisi penyakit yang satu ini termasuk kedalam penyakit yang akan dapat mempengaruhi sistem neurologis yakni sebuah kondisi yang dapat mempengaruhi bagian otak anak.

Kondisi inilah yang kemudian akan dapat membuat anak mengalami kejang yang dimulai dari bagian otaknya. Perlu dipahami bahwa serangan dari epilepsi pada bayi akan dapat mengakibatkan kerusakan jutaan sel dalam otak.

Dimana kondisi ini akan pula menyebabkan gangguan sinyal pada bagian tubuh dan pikiran si kecil.
Jadi demikian kondisi ini adalah kondisi yang berbahaya yang sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Ketika anda memiliki anak dengan kondisi epilepsi maka segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Hal ini dilakukan guna mendapatkan penanganan lebih dini sebelum masalah ini dampaknya lebih buruk untuk si kecil.

Sementara itu, untuk mengenali gejala epilepsi pada anak dan bayi. Maka anda akan dapat menyimak beberapa informasi dibawah ini.

Penyebab Epilepsi yang Sering Dijumpai Pada Bayi

Menurut beberapa ahli medis menyebutkan bahwa penyebab dari epilepsi sendiri sebenarnya belum diketahui hingga sampai saat ini. Kondisi ini akan dapat terjadi begitu saja sehingga sering membuat orangtua anak dengan riwayat epilepsi tidak pernah menduga kondisi yang satu ini. Hanya saja, ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini dapat terjadi. Diantaranya mari kita simak dibawah ini.

Cedera Otak

Penyebab pertama yang mungkin dialami oleh anak yang mengalami epilepsi adalah cedera otak yang memicu kondisi epilepsi dapat terjadi. Beberapa kondisi cedera pada bagian orak akan dapat memicu bagian tersebut mengalami luka dan menimbulkan efek yang cukup besar. Banyak anak mengalami cedera otak karena banyak hal, misalkan bayi yang jatuh terlentang, bayi jatuh dari tempat tidur dan masih banyak lagi.

Jadi demikian, bila anda pernah mengalami kondisi bayi jatuh pada saat tidur atau beraktivitas. Maka sebaiknya perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Bisa jadi kondisi epilepsi yang dialami oleh si kecil disebabkan oleh riwayat jatuh yang pernah dialaminya.

Pengaruh Genetik dari Orangtua

Pemicu epilepsi lain yang dapat terjadi dari kondisi ini adalah faktor turunan. Ketika dikeluarga memiliki riwayat epilepsi. Maka kondisi ini bisa beresiko diturunkan pada anak. Jadi demikian, ketika secara tiba-tiba anak anda mengalami kejang epilepsi. Namun sebelumnya tidak pernah ada riwayat kecelakaan. Maka mungkin epilepsi terjadi sebab dari pengaruh genetik yang diturunkan oleh orangtua.

Loading...