Mencegah Cacingan Pada Bayi dengan Mudah

Mencegah Cacingan Pada Bayi dengan Mudah – Cacingan seringkali menyerang anak-anak dan bayi. Hal ini dikarenakan pada usia ini anak lebih memilih permainan dengan berbagai media. Tidak terkecuali tanah yang tercemar dengan telur cacing. Kondisi ini tidak dapat dianggap remeh sebab akan bahaya untuk si kecil. Simak mencegah cacingan pada bayi dengan mudah dibawah ini.

Kondisi cacingan pada bayi atau balita jangan sampai dianggap remeh, cacingan dapat menghambat pertumbuhan fisik bahkan kecerdasan pada anak. Hal ini pun bisa berpengaruh terhadap kekurangan gizi dan mengalami gangguan pencernaan pada bayi. Untuknya, pencegahan pada kondisi cacingan pada bayi perlu diperhatikan dengan baik.

Mencegah Cacingan Pada Bayi dengan Mudah

 

Anak-anak memang senang main dengan berbagai media, termasuk dengan bermain tanah dimana saja. Hanya saja, kondisi tanah yang tercemar dengan telur cacing bisa masuk kedalam pencernaannya. Kondisi inilah yang dapat membuat si kecil mengalami cacingan.

Secara umum kondisi cacingan akan dapat menyebabkan ukuran berat badan yang terganggu dan sulit naik. Akan tetapi, meskipun balita lebih rentan terkena dengan resiko cacingan. Akan tetapi ternyata masalah ini dapat dicegah dengan baik. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini. Baca juga: Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir

Mencegah Cacingan Pada Bayi dengan Mudah

Bayi yang menderita cacingan akan mengalami pertumbuhan yang terhambat dan bahkan kurang optimal. Hal ini dikarenakan cacing yang masuk dalam tubuh bayi akan menyerap sari-sari dari makanan yang menutrisi tubuh. Sari makanan yang berada pada sel darah dan usus akan diseap oleh cacing.

Dimana kondisi ini membuat cacing terus berkembang biak didalamnya. Kondisi inilah yang dapat membuat perut bayi atau balita membuncit. Namun tak perlu khawatir sebab kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal dibawah ini. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

Jaga Kebersihan

Pencegahan pertama yang dapat dilakukan pada bayi 2 minggu atau balita adalah dengan menjaga kebersihan dengan baik. Pastikan semua peralatan dan perlengkapan bermain bayi terbebas dari kotoran. Dengan begini maka si kecil akan dapat bermain dengan ceria dan aman. Begitupula ketika anda memberikan ASI atau MPASI pada bayi. Sebaiknya pastikan jika semua peralatan yang anda gunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan baik.

Bersihkan Mainan Oral Bayi

Beberapa media permainan yang seringkali dimasukkan kedalam mulut bayi sebaiknya dibersihkan dengan baik. Hal ini akan dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Kita tidak dapat selalu memastikan bahwa mainan bayi selalu bersih. Jadi demikian untuk menjaga kebersihan dan paparan kuman serta cacing cara terbaik adalah dengan memastikan kebersihannya. Upayakan agar ibu selalu mencucinya dengan bahan steril.

Jaga Kuku Bayi Tetap Pendek

Paparan cacing dan kuman bukan hanya tersebar pada mainan dan peralatannya saja. Terkadang kita melupakan bagian tangannya. Kuman dan bakteri bahkan cacing bisa terjebak pada sela kukunya yang kecil. Untuk itu, pastikan anda membersihkannya dengan seksama. Untuk itu, jaga kuku bayi agar senantiasa pendek.

Biasakan Cuci Tangan

Membiasakan cuci tangan adalah langkah awal paling sederhana yang bisa anda ajarkan pada balita anda. Dengan menjaga kebersihan tangan maka paparan bakteri dan cacing tidak akan masuk kedalam tubuh lewat tangan. Dengan begini maka masalah cacingan akan dapat anda hindari dengan baik dan si kecil dapat bermain dengan harinya yang ceria.

Demikianlah beberapa informasi diatas semoga bermanfaat dan membantu anda mengatasi dan mencegah masalah cacingan pada bayi dan balita.

Loading...