Manfaat Wortel Untuk Bayi yang Menakjubkan

Manfaat Wortel Untuk Bayi yang Menakjubkan – Wortel merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk kesehatan anak. Pada wortel terkandung aneka nutrisi yang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Bahkan sayuran berwarna oranye ini dapat diolah menjadi aneka menu MPASI untuk si kecil.

Manfaat Wortel Untuk Bayi

Manfaat Wortel Untuk Bayi yang Menakjubkan

Penasaran apa saja manfaat wortel untuk bayi? Nah, untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Si Kecil

Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel memiliki peran untuk membuat sistem imunitas tubuh bayi meningkat. Jika sistem imun tubuhnya kuat, maka akan dapat melawan virus maupun bakteri sehingga si kecil tidak akan mudah sakit.

Tidak hanya itu, vitamin A juga memiliki peran sebagai antioksidan yang memiliki fungsi untuk menjaga sel tubuh agar tidak rusak yang disebabkan karena radikal bebas. Juga membantu menjaga fungsi organ tubuh seperti paru-paru, jantung dan ginjal supaya bisa bekerja dengan optimal.

Menjaga Agar Mata Tetap Sehat

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi, mata merupakan organ yang penting sehingga harus dijaga dengan baik. Nah, untuk menjaga kesehatan mati si kecil, salah satu caranya yaitu dengan menyajikan wortel untuk MPASI si kecil. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan mata, terutama bagian selaput mata, retina dan kornea si kecil.

Menjaga Kesehatan Kulit Si Kecil

Manfaat wortel lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit si kecil. Anda dapat menjaga kesehatan kulit si kecil dari dalam. Kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel akan melindungi kulit si kecil dari sinar UVA.

Selain itu, pada wortel juga terkandung vitamin B6 yang akan mencegah masalah ruam pada kulit si kecil, serta dermatitis seboroik. Tidak hanya itu, vitamin ini juga akan menjaga kesehatan rambut si kecil.

Membantu Pembekuan Darah

Pada wortel terkandung vitamin K1 atau lebih dikenal dengan phylloquinone yang dapat membantu menunjang proses pembekuan darah. Jika kekurangan vitamin K1, maka risiko perdarahan pada anak akan meningkat. Tidak hanya itu, kandungan vitamin K1 pada wortel juga bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan, serta pembentukan tulangnya.

Baca juga : Manfaat Bayam Untuk MPASI Bayi

Bagaimana Cara Mengolah Wortel Menjadi MPASI?

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa anda berikan untuk buah hati sebagai MPASI. Anda bisa memperkenalkan wortel pada si kecil saat usianya 6 bulan. Hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan memilih wortel dengan sembarangan, selain itu tekstur dari wortel yang anda sajikan untuk buah hati juga harus anda sesuaikan dengan usia si kecil.

Nah, simak beberapa tips menyajikan wortel untuk MPASI si kecil berikut ini:

  • Saat membeli wortel untuk MPASI anak, pastikan anda memilih wortel yang keras, serta permukaannya halus dan warnanya oranye terang.
  • Sebelum wortel diolah, anda harus mencuci wortel terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir. Lalu kulit wortel harus dikupas.
  • Wortel harus anda rebus dalam air mendidih hingga matang dan empuk atau selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Jika sudah, silakan angkat dan tiriskan wortel. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Dalam menyajikan wortel, teksturnya harus disesuaikan dengan usia si kecil. Anda juga bisa mengolahnya dengan aneka makanan sehat lainnya untuk meningkatkan gizi MPASI buah hati.

Loading...