Ketahuilah Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

Seperti yang kita tahu bahwa sarapan memang menjadi satu aktivitas yang paling penting dan harus dilakukan oleh setiap orang sebelum menjalani aktivitas padatnya. Hal ini dikarenakan sarapan menjadi faktor penting dimana makanan dan juga minuman dapat masuk ke tubuh dan berubah menjadi energi. Selain untuk orang dewasa, sarapan juga memang sangat dianjurkan untuk anak-anak.

Sarapan yang sehat tentu menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak terlebih ketika dalam masa pertumbuhan. Tentu, dalam menyiapkan sarapan bagi si kecil, terdapat banyak sekali menu yang dapat Anda pilih. Namun, tentu harus mengandung gizi dan juga nutrisi yang cukup banyak. Seperti halnya sarapan gandum dan juga sereal yang banyak dikonsumsi oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan gandum dan juga sereal kaya akan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh si kecil. Untuk itu, ketahui manfaat sarapan sereal gandum bagi anak pada poin di bawah ini!

Baca juga: Bolehkah Bayi 1 Tahun DiBeri Nasi? | Makanan Anak 1 Tahun

Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

manfaat sereal gandum bagi anak

Seperti yang kita tahu bahwa para ahli menyebut bahwa sarapan memang memiliki peran yang sangat banyak dalam menunjang kinerja otak. Sarapan yang sehat tentu dapat meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi  ketika sedang berlajar. Tercacat bahwa anak yang sarapan sebelum sekolah memiliki tingkat konsentrasi yang lebih dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan sebelumnya.

Selain itu, sarapan juga bisa membuat anak menjadi lebih aktif dalam bergerak dan juga membantu menjaga berat badan anak tetap ideal. Meskipun terkadang banyak anak yang tidak memperdulikan sarapan, namun inilah yang menjadi para orang tua untuk tetap memberikan asupan pada si kecil pada pagi hari sebelum beraktivitas. Jika si kecil tidak memiliki keinginan untuk makan nasi, tentu Anda bisa beralih pada menu sarapan lain yakni gandum dan juga sereal. Kedua jenis makanan ini tentu dipercaya dapat menggantikan nasi karena termasuk pada jenis makanan padat.

Dalam memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi anak tentunya tidak perlu repot-repot. Anda cukup memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi si kecil dengan kelompok makanan utama yaitu protein, lemak sehat, produk susu, biji-bijian, sayuran dan juga buah-buahan. Beberapa jenis makanan tersebut tentunya memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil.

Dalam mempersiapkan sarapan untuk si kecil tentu tidak membutuhkan waktu yang lama. terdapat beberapa menu sarapan yang dibuat semudah dan secepat mungkin. Menu makanan tersebut ialah sereal gandum. Jenis makanan ini tentu memiliki nutrisi yang cukup banyak dan kaya akan energi sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai menu sarapan si kecil.

Lihat juga: Perkembangan Anak Usia 16 Bulan Secara Fisik & Non-Fisik

Menu sarapan dari sereal gandum ini tentunya memiliki beberapa kandungan dan juga manfaat yang ada di dalamnya. Perlu Anda tahu bahwa sereal dibuat dengan bahan utama yakni gandum. Bukan hanya memberikan rasa yang lezat saja, namun gandum juga memberikan berbagai macam gizi dan juga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam sereal, diantaranya:

Karbohidrat

Kandungan pertama yang terdapat di dalam sereal tentu tidak lepas dari karbohidrat. Sumber utama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ini tentunya dibentuk dari beberapa unsur seperti Hidrogen (H), Carbon (C), dan juga oksigen (O). Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh yang merupakan sumber energi dan juga pasokan tubuh. Selain itu, karbohidrat memiliki fungsi yang cukup banyak diantaranya cadangan energi dalam otot dan hati, sumber energi utama di dalam tubuh, untuk memperluas sistem pencernaan dan juga sebagai pemanis alami.

Protein

Selain kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam sereal gandum, tentu tidak bisa lepas juga dari kandungan proteinnya. Kandungan protein yang terdapat di dalam sereal gandum ini tentu memiliki jenis protein nabati. Protein dapat dikatakan sebagai senyawa organik komplek yang memiliki bobt molekul besar. Di dalam molekul ini tentunya terdapat beberapa asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida.

Di dalam molekul protein setidaknya mengandung hidrogen, nitrogen, karbon, oksigen dan juga fosfor. Di dalam tubuh protein memiliki fungsi untuk membentuk struktur jaringan, regulasi sel-sel makhluk hidup dan juga fungsi. Selain itu, protein juga memiliki manfaat untuk membawa oksigen di dalam darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Protein juga membantu sistem kekebalan tubuh kita dan juga berfungsi untuk sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak

Did alam sereal gandum juga terdapat kandungan lemak. Kita tentunya berpikir bahwa lemak menjadi salah satu kandungan yang memiliki dampak yang cukup buruk bagi tubuh kita. Namun ternyata, peran lemak memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak merupakan senyawa yang tdiak larut di dalam air. Lemak juga dibentuk oleh beberapa unsur yakni Oksigen (O), Hidrogen (H) dan juga karbon (C).

Dalam hal ini lemak juga membangun membran-membran sel dan juga beberapa organel sel. Selama proses pencernaan lemak tersebut akan pecah dan menjadi asam lemak yang akan terserap oleh organ pencernaan. Kandungan lemak yang terdapat di dalam sereal gandum tentunya sangat sedikit dan juga bukan lemak jenuh sehingga sangat aman untuk proses metabolisme tubuh.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan juga mineraltentu menjadi salah satu kandungan yang terdapat di dalam sereal gandum. Vitamim ialah senyawa organik yang memang diperlukan oleh tubuh dalam mempertahankan kesehatan dan sering berperan sebagai enzim metabolisme. Mineral juga memiliki peran yang cukup penting dalam memelihata jaringan termasuk tulang.

Selain itu, vitamin dan juga mineral memiliki peran dalam pembentukan energi dan juga sistem metabolisme tubuh, bekerja dalam proses penglihatan yang tentu kurang pencahayaan. Untuk itu, jika kita menyiapkan sarapan dengan menu sereal gandum tentu akan sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan sumber energi yang kita perlukan sehari-hari. Dari berbagai sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, fosfor, besi, tembaga dan juga seng tentu terdapat di dalam sereal gandum.

Gula

Kandungan gula yang terdapat di dalam sereal gandum tentunya memiliki peran dalam meningkatkan sumber energi. Rasa manis yang terdapat di dalam sereal tentunya berubah menjadi sumber serat, mineral dan juga vitamin yang cukup baik. Dengan catatan, Anda harus menyeimbangkan porsi gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan sampai Anda melebihi kebutuhan gula di dalam tubuh sehingga nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Dalam hal ini sereal tentunya menjadi sumber vitamin, serat dan juga mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Antioksidan

Antioksidan ialah salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa antiosidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Dalam hal ini antioksidan berperan dalam mencegah dan memperlambat proses oksidasi. Oksidasi di sini ialah sebuah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas sehingga dapat berpotensi dalam reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam sereal gandum tentunya  dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah. Dengan begitu, Anda tentunya dapat mencegah penyakit kolesterol agar tidak terjadi pada tubuh Anda.

Dalam memilih sereal gandum tentunya disarankan untuk memilih sereal dengan kandungan gandum yang utuh untuk sarapan si kecil dengan artian dibuat dari gandum asli. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi sereal yang terbuat dari gandum yang asli, maka akan menbuat perut si kecil menjadi kenyang lebih panjang. Selain itu, gandum yang utuh tentunya mengandung gandum utuh dan memiliki kandungan gula yang cukup. Selain itu, sereal gandum kaya akan vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang sistem kekebalan tubuh akan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Berapakah Kebutuhan Nutrisi Anak Setiap Hari?

Setelah kita membahas kandungan dan juga manfaat dari sereal gandum, tentu tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas berapa kebutuhan nutrisi anak kita setiap hari. Kebutuhan gizi dan juga nutrisi pada orang dewasa seperti karbohidrat, lemak, protein, vitain dan juga mineral. Pada umumnya, kebutuhan nutrisi anak setiap hari memang hampir sama dengan orang dewasa hanya saja memiliki perbedaan dalam hal jumlah dan juga kebutuhannya.

Selain itu, pastikan juga Anda memberikan asupan gula untuk si kecil sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Meskipun kandungan gula memang sangat dibutuhkan, namun tetap saja Anda harus memperhatikan agar tidak mengonsumsi jumlah gula agar tidak berlebihan ataupun kekurangan. Pemenuhan asupan gula untuk anak-anak ideaknya sekitar 20 gram untuk anak usia 4-6 tahun,  untuk anak usia 7-10 tahun cukup dengan 25 gram gula, sedangkan kebutuhan gula untuk anak di atas 11 tahun sebesar 30 gram.

Kebutuhan Asupan Gula Pada Anak

Pada umumnya, anak yang berusia 2-3 tahun harus mendapatkan asupan gula sekitar 1.000 – 1.400 kalori per harinya. Akan tetapi, hal ini tergantung dari aktivitas dan juga tingkat pertumbuhan di kecil. Sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun tentunya membutuhkan sekitar 1.200 – 2.000 kalori per harinya. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, maka kalori yang dibutuhkan pun menjadi semakin meningkat dan juga tinggi.

Kebutuhan kalori pada anak laki-laki dan juga perempuan tentunya berbeda. Anak perempuan yang berusia 9-13 tahun tentunya membutuhkan kalori sebanyak 1.400 – 2.000 kalori per harinya. Sedangkan pada anak laki-laki pada usia tersebut membutuhkan sekiatr 1.600 – 2.600 kalori per harinya. Untuk itu, pastikan anak Anda mendapatkan asupan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan dan juga aktivitas sehari-hari si kecil.

Sarapan dengan menu sereal gandum tentu akan disukai oleh setiap anak. Selain memiliki rasa yang lezat, sarapan sereal gandum juga akan menarik perhatian si kecil dibandingkan dengan sarapan nasi. Namun, tetap Anda harus mempertimbangkan dan juga menyiapkan kebutuhan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Pastikan juga Anda memiliki sarapan sereal dengan gandum yang utuh agar asupan gizi dan juga nutrisi si kecil menjadi tercukupi. Itulah beberapa manfaat sarapan sereal gandum bagi anak yang tentu bisa Anda berikan di setiap waktu sarapan. Selamat mencoba!

 

Loading...