Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Bayi

Minyak zaitun memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Bahkan minyak zaitun juga sering digunakan sebagai perawatan untuk kulit bayi, karena minyak yang satu ini tidak mengandung bahan kimia. Lantas apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit bayi?

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Bayi

Manfaat minyak zaitun untuk kulit bayi

Minyak zaitun dipercaya aman untuk perawatan kulit bayi. Nah, di bawah ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit bayi.

Melembabkan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang pertama untuk bayi yaitu untuk menjaga kelembaban kulitnya. Kulit merupakan bagian paling luar tubuh yang berfungsi sebagai penghalang dari kotoran dan debu yang masuk ke dalam tubuh. Jika kulit tidak dilakukan perawatan dengan baik maka akan menjadi rusak dan kelembabannya hilang. Oleh karena itu, agar kulit bayi senantiasa selalu lembab dan sehat, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab alami untuk kulit bayi.

Baca juga : Penyebab Bercak Putih Pada Bayi

Minyak Pijat

Pijat memiliki manfaat yang bagus untuk bayi. Anda bisa melakukan pijat di tempat khusus untuk baby spa ataupun melakukannya sendiri di rumah jika tahu caranya. Nah, minyak zaitun bisa digunakan sebagai minyak untuk pijat. Tentunya menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pijat bukan tanpa alasan. Minyak yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E dan asam oleat yang dapat membantu memperbaiki otot dan tulang. Selain itu juga membantu agar kulit si kecil tetap kencang.

Anda bisa melakukan pijatan pada si kecil dengan lembut dan perlahan. Pijatan bisa dimulai dari badan si kecil, kemudian ke wajah, tangannya dan terakhir pada kakinya. Selain memberikan manfaat yang bagus untuk si kecil, pijatan yang anda lakukan juga akan mempererat hubungan anda dengan buah hati anda.

Merawat Kulit Bayi yang Kering

Bayi memiliki kulit yang lembut. Hanya saja, suhu dan cuaca yang ekstrim dapat menyebabkan tekstur kulit si kecil berubah dengan cepat. Dibandingkan dengan orang dewasa, kulit bayi lebih mudah kering.

Kondisi kulit kering pada bayi tentunya harus ditangani dengan benar. Untuk mengatasi kulit bayi kering atau mencegah kulit si kecil menjadi benar-benar kering, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk kulit si kecil. Minyak zaitun akan memberikan kelembaban pada kulit si kecil dan dapat menjaga kulitnya tetap halus.

Mengatasi Masalah Pada Kulit Bayi

Epidermis yaitu lapisan kulit terluar yang berperan untuk menjaga struktur kulit, serta organ yang berada di bawahnya. Hanya saja, lapisan epidermis pada kulit bayi masih tipis sehingga membuat kulit si kecil sensitif dan mudah mengalami masalah.

Beberapa masalah kulit yang biasanya sering dialami oleh bayi yaitu ruam popok dan eksim yang bisa disebabkan baik karena kulit bayi yang masih sensitif ataupun karena gesekan popok.

Minyak zaitun ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit si kecil. Untuk memulihkan masalah kulit yang dialami si kecil, campuran minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan dengan air sebanyak 1 sendok dapat membantu. Anda dapat menggosokan campuran minyak zaitun pada kedua telapak tangan anda, kemudian dengan lembut usapkan pada kulit si kecil yang mengalami ruam.

Meskipun minyak zaitun bermanfaat untuk kulit si kecil, namun anda tetap harus memperhatikan beberapa hal. Kulit bayi strukturnya tidak sama dengan orang dewasa, begitupun antara kulit bayi yang satu dan lainnya. Mungkin ada bayi yang cocok, namun ada juga yang tidak cocok. Sebelum memutuskan menggunakan minyak zaitun untuk bayi, anda juga harus memperhatikan riwayat keluarga yang alergi terhadap minyak zaitun.

Loading...